Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Peroleh Bantuan Untuk 5 LKSA/BSAA di Kampar, Kamsol Ucapkan Terima Kasih kepada Kemensos RI.
BERITA Ekonomi Kampar KECAMATAN Pembangunan Pemda

Peroleh Bantuan Untuk 5 LKSA/BSAA di Kampar, Kamsol Ucapkan Terima Kasih kepada Kemensos RI.

Tanjung Berulak :  Pj. Bupati Kampar mengucapkan rasa haru dan gembira atas bantuan yang telah diberikan oleh Kementerian Sosial melalui Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) kepada 100 orang Penerima manfaat dari 5 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) / Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) senilai Rp.196 Juta.

Alhamdulilah di pagi yang berkah ini kita telah mendapat bantuan yang dibawa langsung oleh Kementerian Sosial RI melalui Atensi ini, kami terus berharap agar Kementerian Sosial terus memberikan perhatian kepada masyarakat kampar yang saat ini terdapat lebih kurang 60 Ribu Masyarakat miskin dan 15.450 jiwa merupakan masyarakat Miskin Ekstrem.

Kelima LKSA/PSAA tersebut yakni Panti asuhan Insan permata, Panti Asuhan Kemuliaan, Panti Asuhan Sasana Mandiri, Panti Asuhan Nurdin dan Panti Asuhan Tarbawi.

Demikian dikatakan Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM saat menerima bantuan senilai Rp 196 juta dari Kementerian Sosial yang diadakan di Pondok Pesantren MTI Desa Tanjung Berulak Kecamatan Kampar, Rabu, 05/10. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal, ST, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kampar Drs. Muhammad, M. Si, Camat Kampar Amri Yudo, M. Si, yayasan Hidayatur Rasul, Pengurus Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Tanjung Berulak, dan Pengurus Panti Asuhan.

Dikatakan Pj Bupati Kampar bahwa indikator pengukur kesejahteran adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kampar berada pada tingkat 73, menandakan tingkat kesejahteraan masyarakat, namun daripada itu kemiskinan Kampar berada tingkat nomor lima di Provinsi Riau dimana terdapat 60 ribu masyarakat miskin dan 15 ribu lebih berada pada kemiskinan ekstrem.

“Ini diakibatkan oleh status kawasan dimana tidak boleh berbuat apa-apa sebelum ada regulasi yang meberikan kemudahan dalam pengolahan lingkungan.

Kita juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal, Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif dalam mendorong koordinasi dalam pengentasan kemiskinan “

Kita telah buat program  Desa Eko Wisata Ramah Anak Peduli Perempuan (Derap) yang juga melibatkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI” Tambah Kamsol.

Lebih lanjut Kamsol menyampikan Kita terus mencari solusi terhadap kondisi masyarakat khsusunya yang tertinggal dan sangat tertinggal.

Termasuk hutan penghasil oksigen, apa konvensasi terhadap kontribusi ini dalam menjaga fungsi hutan sebagai hutan lindung, ada kepedulian kita kepada masyarakat yang ada di dalam kawasan.

Disana Kita sangat kekurangan infrastruktur jalan, infrastruktur telekomunikasi, kesulitan ini yang kita Dorong agar ini dapat kita Carikan solusi” Pinta Kamsol.

Sementara itu Romal Uli Jaya Sinaga, SIP, M. Pa Kepala Sentra Handayani Jakarta yang merupakan salah satu UPT Kementerian Sosial RI dalam anamtnya menyampaikan bahwa melalui Kementerian Sosial telah meberikan bantuan Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) untuk lima LKSA /BSAA dengan jumlah Rp. 196 juta untuk 100 Anak” Kata Romal Uli Jaya Sinaga

“Ini bentuk kehadiran negara dalam meberikan bantuan dan menyentuh masyarakat, sesuai dengan amanah Presiden dan Mensos RI” Tambahnya lagi.

Ini merupakan usulan dari Bupati Kampar beberapa waktu lalu Pemkab Kampar menyampaikan untuk dapat memberikan bantuan kepada panti asuhan yang ada di Kampar alhamdulilah kita dapat membantu sebanyak lima LKSA” Tambah Romal Uli Jaya Sinaga yang didampingi oleh sebanyak 20 Petugas Kemensos RI.

Selain penyerahan bantuan kami juga  melakukan pendataan asesmant terintegrasi kepada penerima manfaat Kampar baik yang masuk dalan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial(TDKS) Kementerian Sosial. Oleh sebab itu mohon support dan kerjasama dalam pendataan yang lengkap by name by adress ”  Kata Romal

Bantuan ini hendaknya dapat bermanfaat dan tepat sasaran, anak-anak kami tetap semangat sebagai penerus generasi bangsa, Ibuk Menteri memerintahkan langsung kepada kami pelaksanaan tugas pokok dalam melakukan intervensi kepada masyarakat kampar” Katanya lagi

Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kampar, Kepala Dinas Sosial Kabupaten, Forum Panti Asuhan yang patut kami acungi jempol dalam memberikan maupun proaktif dalam mengikuti program ini ” Kata Uli lagi.

Sementara itu pengurus Yayasan yang menaungi Pondok Pesantren PP MTI dan Panti Asuhan Tarbawi
H. Rushan M. Pd mengungkapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial pada bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi LKSA /BSAA di Kabupaten Kampar, ini sangat bermanfaat bagi kami ” Kata Rushan. (Diskominfo Kampar)

Related posts

Gubernur Riau Resmi Buka MTQ XXXVIII Provinsi Riau 2019

Supardi

Terima Perwakilan Masyarakat Koto Aman, Pj Bupati Kampar ;  Akan Segera Kita Tindak Lanjuti.

Supardi

Untuk Ketiga kalinya, Kabupaten Kampar Kembali Meraih KI Award 2020.

Supardi

Hantam Kota Pekanbaru Tiga Set Langsung,  Tim Voli Putri Kampar Raih Medali Emas

Supardi

Peserta asal Kuok terpilih sebagai Pemenang Sayembara Tema dan Logo Hari Jadi Kabupaten Kampar Ke 71

Dino Aritaba

Pj Bupati Kampar Lakukan Penanaman dan lepas Ekspedisi Susur Sungai Kampar II.  

Supardi