Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Potensi Budidaya Lebah Australi, dilirik Pemkab Kampar untuk dijadikan Usaha Masyarakat 
BERITA Pertanian

Potensi Budidaya Lebah Australi, dilirik Pemkab Kampar untuk dijadikan Usaha Masyarakat 

Jakarta – Bupati Kampar diwakili Sekretaris Daerah Drs. H. Yusri, M,Si selepas melakukan kunjungannya ke Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi guna mengajukan permohonan jaringan gas bagi 13.000 rumah tangga di Kabupaten Kampar, melanjutkan perjalanannya ke Taman Wisata Lebah Cibubur guna mengeksplorasi potensi – potensi baru yang dapat dikembangkan di Kabupaten Kampar, dengan didampingi Kadis DLH Aliman Makmur, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Badan Kesbangpol Ardi Mardiansyah, serta rombongan lainnya melihat langsung cara budidaya Lebah Madu Australi yang tergolong mudah dalam pembudidayaannya, Kamis(25/3).

Sekda Kampar H. Yusri melihat potensi ini sangat baik dan dapat dikembangkan di Kabupaten Kampar sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, karena bisa menjadi usaha mandiri masyarakat selain pakan yang  melimpah untuk lebah tersebut yang tersedia di tempat kita, setiap bulannya masyarakat bisa mengkonsumsi hasil madunya bahkan bisa dijual dengan skala yang lebih besar bila dikembangkan dapat menumbuhkan UMKM di Kabupaten Kampar.

” Potensi Lebah Madu Australi Ini berpeluang untuk dikembangkan di Kabupaten Kampar, bayangkan hasilnya 3 kilo madu / 15 hari tiap satu box dan harga per box 1,5 – 2,5 jt lebah Australia ini diluar ongkos kirimnya cukup terjangkau untuk dikembangkan.” Papar Yusri 

Pakan lebah seperti akasia, bunga, nektar bunga pada tanaman buahan yang ada di Kampar merupakan sebuah potensi untuk pengembangan budidaya Lebah Australi ini, perawatan yang mudah, dan proses panen madunya juga sederhana. Pemerintah Kabupaten Kampar juga ditawari oleh pengelola Wisata Lebah Cibubur untuk dapat mengikuti pelatihan cara budidaya Lebah Australia, atau bahkan tenaga pendidiknya yang diundang untuk memberikan ilmu budidaya Lebah Australi tersebut ke para petani yang berniat membuat usaha budidaya Lebah Australi tersebut di Kabupaten Kampar. (DiskominfoKampar)

Related posts

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS Berhasil Menggagalkan Usaha Penyelundupan Miras Dari Negara PNG.

Supardi

Dengan bershalawat Jadikan Negeri Yang  Aman, Nyaman dan berkah,

Supardi

Wabup Minta Pengedar Narkoba Untuk Bertaubat

kominfo

Masa Pandemi Covid-19, Bupati Kampar Minta Agar Cari Celah Tingkatkan PAD.

Supardi

Penjabat Bupati Kampar Ucapkan Belasungkawa Atas Meninggalnya Ketua Dewan Pers di Malaysia

Supardi

Anggota DPR RI Ahmad ; Saya Siap Membantu Perjuangkan Kabupaten Kampar.

Supardi