Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Pj. Bupati Kampar Lakukan MoU Bersama Universitas Gajah Mada (UGM) Terkait KKN PPM
BERITA

Pj. Bupati Kampar Lakukan MoU Bersama Universitas Gajah Mada (UGM) Terkait KKN PPM

Yogyakarta,- Penjabat (PJ) Bupati Kampar Dr. H. Kamsol. MM, melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dengan Universitas Gajah Mada (UGM) terkait Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Mahasiswa UGM yang akan melaksanakan aktivitas di Kabupaten Kampar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Bidang Pendidikan dan Pengajaran Prof.Dr.Wening Udasmoro. S.S.M.Hum. DEA, Staf Ahli Menpan Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Drs. Jufri Rahman.M.Si, Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik, Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat UGM Dr. dr. Rustamaji. M. Kes. MoU tersebut digelar di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis(03/11).

Dalam Sambutannya usai melakukan MoU bersama UGM Pj.Bupati Kampar Dr.H. Kamsol. MM menyampaikan Pemerintah Kabupaten Kampar sangat mengapresiasi kegiatan pelaksanaan program pelaksanaan KKN-PPM UGM di Kabupaten Kampar

Kamsol juga menjelaskan tanggal 25 Juni lalu Mahasiswa  KKN-PPM Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan aktivitasnya ke Kabupaten Kampa, tepatnya di Desa Kumantan dan Desa Ridan Permai. Ia juga mengatakan tugas KKN PPM yang dilakukan mahasiswa UGM diantaranya pemetaan data kependudukan, pemetaan infrastruktur, pendataan kondisi stunting, pementaan kondisi sosial ekonomi, pertanian, perencanaan desain ruang terbuka hijau, program sosialisasi digital marketing UMKM, partisipasi kegiatan kurban, mahasiswa KKN ini sangat baik berdekatan atau sosialisasi dengan masyarakat.

Pj. Bupati Kampar yang pada saat itu juga sebagai nara sumber juga mengungkapkan kegiatan KKN PPM  ini wajib hukumnya untuk diikuti oleh mahasiswa jika ingin lulus kuliah, kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai pengertian program KKN PPM serta apa saja tujuan dari program tersebut.

“KKN PPM merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh universitas dan wajib untuk diikuti oleh mahasiswa dari semua jurusan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa agar bisa mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat ke kehidupan masyarakat secara langsung”ucap Kamsol.

Dalam pelaksanaan KKN, mahasiswa berperan sebagai pemberi solusi, jika ada masalah yang terjadi di masyarakat, maka mahasiswa datang untuk memberikan solusi dari masalah tersebut. Lewat program-program kerja yang dijalankan, diharapkan masalah masyarakat bisa terselesaikan dengan baik.

Selanjutnya Pj.Bupati Kampar menjelaskan tentang strategi Pemerintah Kampar dalam menghapus kemiskinan ekstrim di Desa sangat tertinggal sekitar Desa Rimbang Baling, komoditi pertanian berkelanjutan untuk petani sejatera dalam program petani mandiri Kabupaten Kampar, selain itu juga ada perikanan, minyak bumi, minyak kelapa sawit, objek wisata dan usaha kecil menengah.

Kamsol juga mengatakan Kegiatan KKN-PPM UGM didasarkan kepada 3 pemangku kepentingan, yaitu  mahasiswa, masyarakat (Mitra dan Pemerintah) dan Perguruan Tinggi. Nilai-nilai unggul KKN-PPM bagi mahasiswa UGM antara lain dalam bentuk proses pembelajaran menjadi leader, manajer, dan enterpreuner, proses membentuk moral kepribadian yang berkarakter mulia dan bermartabat.

Kamsol juga memaparkan KKN-PPM UGM membangun sinergi berbagai elemen masyarakat, antara lain organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, SKPD tingkat I dan II, pelaku usaha, keagamaan, pemerintah daerah tingkat Kecamatan sampai dusun yang berpartisipasi sebagai narasumber dan mitra KKN-PPM UGM di lokasi.

Ia juga berharap KKN-PPM UGM dapat terus mendukung penyelesaian masalah bangsa, yaitu kemiskinan dan pengangguran, pembangunan daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar), daerah rawan bencana dan konflik, serta meminimalisir kesenjangan kemajuan wilayah.

Sementara itu Rektor Universitas Gaja Mada (UGM) Prof .dr .Ir .Ova Emilia. M. Med.Ed.Sp.OG(K).P.Hd dalam sambutannya KKN-PPM UGM  adalah salah satu bentuk  nyata komitmen kerakyatan  dan kebangsaan Universitas Gajah Mada. KKN-PPM UGM ini merupakan mata kuliah  wajib yang mempunyai  sejarah  panjang rintisannya  telah dimulai sejak tahun  1951, sepanjang sejarah pelaksanaannya  KKN-PPM UGM telah menunjukkan manfaat luar biasa besar dalam memberdayakan masyarakat dalam kerangka  pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Diakhir sambutannya Prof .dr .Ir .Ova Emilia. M. Med.Ed.Sp.OG(K).P.Hd mengatakan bahwa KKN PPM adalah jenis program yang tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa saja, lebih dari itu program ini juga berupaya untuk mendatangkan manfaat bagi masyarakat, lewat program KKN PPM diharapkan kehidupan masyarakat di wilayah pedesaan jadi lebih berkembang, program ini dilaksanakan agar masyarakat bisa lebih terbuka wawasannya lewat bantuan dari para mahasiswa.(Diskominfo Kampar /Prot-dokpim)

Related posts

Menteri Dalam Negeri Malaysia Pulang Kampung Jenguk Tanah Leluhur.

Supardi

Bupati Kampar ; Jangan Sampai ada Riak dalam Pilkades Nantinya

Supardi

Final Tahfidz 1, 5 dan 20 juz, Kafilah Putra dan Putri Kampar Tampil Memukau

Supardi

Bupati Kampar Tandatangani Komitmen Bersama Percepatan Pencegahan Anak Kerdil (Stunting)

Supardi

Pj Bupati Kampar Surati Kemenkeu RI , Insyaallah September Dana Transfer Triwulan III Masuk Kas Daerah.

Supardi

Bupati Kampar Serahkan SK Kenaikan Pangkat Kepada ASN

Supardi