Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Serahkan Keris, Kampar Tampilkan Kebesaran Kesultanan Raja Kampa
BERITA KATEGORI PEKANBARU Pemda

Serahkan Keris, Kampar Tampilkan Kebesaran Kesultanan Raja Kampa

Pekanbaru: Sebanyak 300 orang tampil pada Pawai Ta’aruf pada ajang MTQ 37 tahun 2018 Pekanbaru. Kafilah Kampar menampilkan keagungan dan kebesaran Kerjaan Kampa.

Kerjaan Kampa yang merupakan salah satu kerjaan besar pada saat itu, Pemkab Kampar akan meningkatkan kebesaran Kampa yang saat ini tengah di restorasi oleh Pemerintah Kabupaten Kampar.

Melalui Pawai Ta’aruf Pemkab Kampar menampilkan kebesaran Kerjaan Kampa yang juga dengan para tokoh yang membahas puisi dan sastra yang di buka oleh Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim pada hari Rabu, 12/12.
Sementara itu Bupati Kampar H. Azis Zaenal, SH, MM yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kampar Ahmad Yuzar usai pel ganti Pawai Ta’aruf Caesar Bagus sekali sesuai dengan tema, saya ucapkan terima kasih pelaksnan Pawai dan Kabag Kesra dan semoga kita raih juara “Kata Ahmad Yuzar.

Kami Menyatakan terima kasih kepada Panitia pawai yang telah menampilkan sejarah dan budaya Kampar “Kata Ahmad Yuzar lagi

Seperti yang terlihat di wilayah Nusantara, Kampar sezaman dengan kerajaan Melaka, berdiri pula Raya Kampa, Raja yang beristana di Koto pertambahan dengan bermitra dengan kerjaan pagaruyung bersama ninik mamak Koto lindung Bulan yang pernah menobatkan Raja Buyung.

Berikutnya perkembangan terus terjadi, Ninik mamak limo Koto menobatkan Raja Malaka Mahmud Syah sebagai Sultan yang bertempat diistana Koto permabhan dengan gelar Sultan Mahmud Syah Akhirul Zaman, Provinsi untuk menyalurkan kejayaan itu, agar tidak melayu hilang di bumi, Maka bagi masyarakat adat dan masyarakat Kampar menobatkan Azis Zaenal sebagai pewaris Sultan Kampa yang ke 14 dengan gelar Sultan Mahmud Syah Akhirul Zaman.

Gubernur yang membuka secara langsung Pawai Ta’aruf tersebut diikuti Oleh 12 Kabupaten /Kota se Provinsi Riau dan Bupati Kampar yang diwakili oleh Asisten I bidang pemerintahan dan Kesra Setda Kampar, hadir juga pada kesempatan tersebut, Kamenag Kampar, Drs. Alfian, M. Ag, Kejari Kampar Dwi Antoro, Kabag Kesra Setda Kampar, Ketua LPTQ Kabupaten Kampar H. Yurmailis Saruji, SE.

Menyertai rombongan Pawai Ta’aruf Mobil Hias, pasukan panglima Kampa dan 20 dubalang, silat, kafilah MTQ, jambau dulang Kaki tigo, pengantin khas Kampar, ninik mamak,
Dilanjutkan dengan rombongan dikiu gubano, sunat rasul, balimau kasai, Kompang, santri / santri wati, asmaul husna, Camat dan OPD dilingkungan Pemkab Kampar.
Pada kesempatan itu Kafilah Kampar menyerahkan cendramata menjadi Keris sebagai Simbol atas perjuangan dan kegigihan Masyarakat Kampar dalam memperjuangkan Kampar dari penjajahan (Diskominfo Kampar)

Related posts

Tilawah Qira’at Mujawwad Jadi Cabang Lomba Terakhir Yang Dipertandingkan di MTQ Kampar ke – 51

Dino Aritaba

TNI YANG HUMANIS TAMPAK PADA TMMD KE 105 KODIM 0313/KPR

Supardi

17 Milyar Dana Pembangunan digelontorkan di Kecamatan Kampar Kiri Tengah

Supardi

Peringati HAN Bupati Berpesan Tingkatkan Kepedulian Kita Kepada Anak.

Supardi

Peduli Kepada Petani, Haswinda Berikan Bantuan Pupuk dan Bibit Padi Ke Masyarakat Kampar Utara

Supardi

Bupati Kampar Catur Sugeng buka Musrenbang Perdana di Kecamatan Tapung

Supardi