Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Pj Bupati Kampar Bersama Pj KDH se Indonesia Ikuti Rakor Bersama  Mendagri Melaui Zoom Meeting.
Bangkinang Bangkinang Kota BERITA NASIONAL Pemda Peristiwa

Pj Bupati Kampar Bersama Pj KDH se Indonesia Ikuti Rakor Bersama  Mendagri Melaui Zoom Meeting.

Bangkinang Kota – Dalam rangka Konsolidasi Penyelenggaraan Pemerintah dan Pelayanan Publik, dalam Sinegritas Pemerintah Pusat dan Daerah.

Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian kembali menggelar Rapat Koordinasi bersama para Penjabat (Pj) Kepala Daerah se-Indonesia di Kantor Kemendagri Jakarta secara Virtual, selasa (1/11/2022).

Diikuti seluruh Pejabat Kepala Daerah (KDH) dan Penjabat mulai dari Gubernur, Bupati, Walikota se-Indonesia, termasuk diikuti langsung oleh Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol,MM secara Zoom atau Virtual di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar.

Turut mendampingi Rakor tersebut, Asisten III Ir Azwan, Kadis PU PR Afdal,ST, Kepala DPMPTSP Hambali, Kadis Perkebunan Syahrizal, Kaban Bappeda Ardi Mardiansyah, Kadis Kesbangpol Hamadi, Kadis Kominfo Yuricho Efril diwakili Kabid Persandian Rahmad Junaidi, serta Kabag Tapem Tengku Said Hidayat.

Dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian menjelaskan bahwa pada dasar hukum penunjukan Penjabat Kepala Daerah untuk mengisi kekosongan Gubernur, Bupati, Walikota dan Sekda diangkat sebagai Penjabat menjelang pemilihan serentak nasional 2022, dan Bapak bapak ini merupakan orang – orang pilihan.

Untuk itu, tugas dan wewenang Penjabat (Pj) Kepala Daerah dalam memimpin urusan pemerintah yang berdasarkan kebijakan yang ditetapkan DPRD, Menyusun dan mengajukan RPJPD dan rancangan perda  RPJMD, serta menyusun dan mengajukan Ranperda APBD dan Perubahan APBD serta pertanggung jawaban APBD.

Selanjutnya Pj juga memiliki wewenang seperti menagajukan rancangan perda, penetapkan Perkada, dan mengambil tindakan tertentu dalam keadaan mendesak yang dibutuhkan daerah dan masyarakat.

Menindak lanjut tugas dan wewenang diatas, Tito menegaskan bahwa dalam membangun sumber daya manusia harus melalui dua aspek yakni, peningkatan kualitas pendidian dan pelayanan kesehatan.

Dalam SDM sendiri harus fokus pada mutu pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal mulai TK, SD sampai perguruan tinggi. Tinjau langsung dimana kurangnya, apa disuatu sekolah tersebut kurang guru atau prasarana lainnya, segera dibantu sesuai  dengan potensi sumber daya yang ada diwilayah.

Selanjutnya di bibidang Kesehatan, Tito menegaskan untuk cek mulai dari posyandu dengan membuat inivasi program yang bermuara pada penanganan Stunting. Pahami betul stunting atau dalam perbaikan kekurangan gizi.

Untuk diketahui, kekurangan gizi kronis pada saat 1.000 hari pertama kehidupan daoat menyebabkan stunting. Dimana masa ini 270 hari masa kehamilan, 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan anak dan ini adalah periode emas bagi anak.”terang Tito”.

Sementara itu Pj Bupati Kampar Dr Kamsol, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa menyambut baik apa yang menjadi arahan Mendagri. Semua yang disampaikan Menteri adalah tugas kita bersama, dengan DPRD serta setiap OPD agar semua program kemasyarakatan terus berjalan.

Program yang utama adalah peningkatn pelayanan peningjatan mutu pendidikan, Kesehtan serta ketahan pangan atau sektor pertanian. Dengan demikian, perlu kerjasama setuap stek holder serta Forkopimda Kampar” terang Kamsol”.(diskominfo/Mzk).

Related posts

Sukses Bina Industri Pengolahan Madu “Wilbi” Kuok Bupati Terima Anugerah Paramakarya Tahun 2019.

Supardi

Kepala Bappeda Ekspos Arah dan Kebijakan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting.

Supardi

Pj. Bupati Kampar Saksikan 250 orang Lepas Bai’at Simpatisan Jama’ah Islamiyah (JI) dan Deklarasi Sumpah Setia Kepada NKRI.

Supardi

120 Kades Ikuti Bimtek Peningkatan Aparatur Pemdes Se-Kabupaten Kampar.

Supardi

Ketua LPTQ Kampar ; Tingkatkan Kemampuan dan Prestasi Kampar diajang MTQ.

Supardi

Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis, Satgas Yonif 132/Bima Sakti Semakin Dekat Dengan Masyarakat.

Supardi