Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Percepatan Produksi Beras Kampar, Kamsol Tinjau Irigasi dan Coba Gunakan Traktor Mesin.
Bangkinang BERITA Ekonomi KECAMATAN Lingkungan Pemda Peristiwa Pertanian

Percepatan Produksi Beras Kampar, Kamsol Tinjau Irigasi dan Coba Gunakan Traktor Mesin.

Bangkinang : percepatan realisasi produksi beras Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM melakukan peninjauan Irigasi Di Binuang Kecamatan Bangkinang sekaligus mencoba menggunakan traktor Mesin di lahan sawah, Sabtu 20/08.

Pada kesempatan tersebut dengan berjalan kaki melakukan pengecekan terhadap irigasi maupun pintu – pintu irigasi,  pada kesempatan tersebut Kamsol yang didampingi oleh kelompok Tani Binuang Usman dan anggota mengecek sarana dan prasarana irigasi yang belum lengkap seperti alat penurun dan penaik bar penahan air.

Kamsol meminta agar ini dapat di lengkapi. Begitu juga terhadap kondisi irigasi yang telah dilakukan perbaikan dan pembangunan.

Pembangunan dan perbaikan Ini kita lakukan untuk percepatan mewujudkan produksi pertanian khususnya beras.

Untuk tahap awal ini kita olah lahan yang ada di beberapa lokasi,  alhamdulilah telah mulai kita lakukan pengolahan tanah dan Penanamam” Kata Kamsol.

Desa Binuang Kecamatan Bangkinang ini dapat kita jadikan pilot projek untuk mendukung produksi beras Kampar yang nantinya akan kita Lonching dengan nama Beras Kampar Cap Ulu Kasok, begitu juga dengan rice milling.

Untuk luasan lahan diawal ini seluas 100 hektare dan terus kita tingkatkan.

Dikatakan Kamsol Kampar memiliki potensi lahan seluas 26 Ribu Ha namun yang saat ini dapat di oleh masyarakat seluas 4000 Haktare saja,  artinya jika potensi ini kita intensifikasi dan ekstensifikasi bukan tidak mungkin Kampar akan mampu menjadi swasembada beras.

Namun untuk saat ini bagaimana kita merubah pola fikir kita untuk kembali ke sawah,  dan pemerintah telah membuat koperasi pemasok beras masyarakat sehingga produksi beras dapat bernilai ekonomi dan ini akan meningkatkan kesejahteraan petani Kampar ” Kata Kamsol

untuk mewujudkan program tersebut dukungan dari petani,  Pengusaha dan instansi terkait karena Pemkab Kampar telah membuat Koperasi Aperatur Sipil Negara (ASN) yang juga melibatkan para Petani, kemudian membentuk Anak Perusahaan, Koperasi ini khusus untuk Sawah Padi saja, dengan menggandeng swasta yakni Anak Perusahaan yang didirikan adalah PT. Tani Agro Sejahtera” Tutup Kamsol .(Diskominfo Kampar)

Related posts

Damkar dan Penyelamatan Kampar Dapat Kunjungan Dari Pemkot Dumai.

Supardi

Ketua LAK Kampar ; Mari Dukung dan Sukseskan Pilkades Serentak 2021

Supardi

Usai ‘Gerilya’ ke KSDAE, Bupati Catur Sugeng Lega Karena Desa Terisolir di Kampar akan Nikmati Jaringan Listrik

Supardi

Senin depan Aditya akan diperkenalkan pada Apel Gabungan

kominfo

Bupati Kampar ; Pemkab Kampar telah usulkan Program Prioritas ke Pusat.

Supardi

Menjelang Penobatan Payung Panji Adat, Panitia lakukan Potong Kerbau

Supardi