Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Bupati Kampar : Santri Merupakan Tulang Punggung Negara
Agama BERITA Birokrasi KATEGORI KECAMATAN Pemda Pendidikan Tapung

Bupati Kampar : Santri Merupakan Tulang Punggung Negara

Tapung – Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto, SH, MH menyebut santri sebagai tulang punggung negara dalam menata kehidupan keberagamaan.

Ucapan tersebut diutarakan Catur Sugeng Susanto saat menghadiri Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 di Yayasan Roudlotusolihin VII Pondok Pesantren Seruling Desa Muktisari Kecamatan Tapung, kamis malam (21/10/21).

Lebih lanjut, Catur Sugeng dalam arahan menyampaikan agar kita selalu bersyukur  kepada Allah Swt atas rahmatnya. Dimana
pada tahun 2015, Presiden Jokowido mengeluarkan Peraturan Persiden nomor 22 tentang penetapan peringatan hari Santri Nasional setiap tanggal 22 Oktober.

Selain Perpres, saat ini juga telah lahir Undang-undang bahwa Pesantren itu setara dengan pendidikan formal lainnya. Bahkan mereka punya nilai plus karena pendidikan agamanya kuat. Maknya Ini (santri) akan menjadi tulang punggung negara untuk menata kehidupan keberagaman dengan nyaman.

Selain itu, untuk diketahui bersama, pada saat ini perhatian pemerintah akan lebih serius kepada Pondok Pesantren agar kedepan setiap Pompes atau para santrinya memiliki daya saing ditengah masyarakat dan melahirkan para pemimpin yang memiliki pemahaman bernegara yang baik.

Sesuai dengan tema hari santri 2021 “Siaga Jiwa Raga”, maka tema ini memiliki makna bahwa para santri dituntut untuk selalu memiliki jiwa dan raga untuk membela keagamaan dan negara. Untuk memiliki memiliki jiwa raga diatas, Santri harus bisa tumbuh, berdaya dan Berkarya.”ungkap Catur”

Sementara itu Pengasuh Ponnpes Kh H Muhammad Abdul Gopur menyampaikan bahwa Peringatan Hari Santri dilaksanakan agar menimbulkan kembali semangat para santri seperti semangat pahlawan yang telah gugur memperjuangkan negara ini.

Santri harus bisa memahami ilmu agama yang kuat untuk melawan penjajahan, dimana penjajahan saat ini adalah kebodohan. Untuk itu santri harus terus berjuang dan tampil disegala bidang yang memafaat bagi agama dan bangsa.

Hadir juga mendampingi Bupati Kampar pada malam tersebut Kepala Dinas Perhubungan Aman Filda, Kadis DPMPTSP Hambali, Kadis Pariwisata Zulia Dharma, Kadis Kominfo Yuricho Efril, Kasat Pol PP Nurbit, Plt Kadis Kes Rahmad, Kadis Perindustrian Ali Sabri, Kadis DLH Aliman Makmur, Sekre P dan K Aidil serta Camat Tapung Amri Yudo.(Diskominfo Kampar)

Related posts

Bupati Ikuti Rakor Penyamaan Persepsi Pelaksana APBD Dan Koordinasi PEN Tahun 2021

Supardi

Hentikan penyebaran Covid-19, Pos Siaga PPKM Tambang Sidak Pasar kaget dan Serahkan Sembako

Supardi

Besok, Mendagri Malaysia Kunjungi Kampar  Provinsi Riau.

Supardi

Sekda Kampar Pimpin Rapat Penertiban IMB Dalam Rangka Percepatan Peningkatan PAD.

Supardi

Program pembangunan infrastruktur, Pendidikan, kesehatan dan UMKM masih menjadi usulan prioritas di Gunung Sahilan.

Supardi

Pemerintah Kampar Akan Menyelesaikan Sengketa Pilkades 6 Desa Dengan Seadil-adilnya.

Supardi