Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • TPP PKK Kampar Sosialisasi Iva Tes di lima Kecamatan, Cegah dan ketahui Gejalanya.
BERITA KATEGORI KECAMATAN Kesehatan Kuok Pembangunan Pemda

TPP PKK Kampar Sosialisasi Iva Tes di lima Kecamatan, Cegah dan ketahui Gejalanya.

Kuok : Untuk mewaspadai serta untuk menghindari kanker Rahim TP PKK Kabupaten Kampar melakukan Iva Test di lima kecamatan di Kabupaten Kampar, untuk perdana diadakan di Desa Kuok Kecamatan Kuok, Kamis, 01/07. Kegiatan ini untuk melakukan pencegahan dan mengetahui gejalanya sehingga dapat dilakukan pencegahannya.

Hal tersebut diketahui ketika Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj Muslimawati Catur yang diwakili Oleh Ketua Pokja IV TP PKK Kabupaten Kampar Dr. Elvi Yanti bersama anggota PKK Kampar menyampaikan bahaya kanker Serviks terhadap perempuan.

Dikatakan Elvi Yanti bahwa Kanker serviks adalah salah satu gangguan yang kerap terjadi pada wanita. Penyakit ini dapat memengaruhi sel-sel di leher rahim yang dapat membahayakan jika tidak segera ditangani. Meski begitu, gejalanya dapat muncul setelah sel kanker sudah menyebar sehingga penanganan dini sulit dilakukan, Tambah Elvi.

Maka dari itu, pemeriksaan rutin pada bagian rahim setiap wanita disarankan dilakukan setiap tahun.
Salah satu pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks adalah IVA test.

Metode ini umum dilakukan untuk mendeteksi gangguan pada leher rahim tersebut setelah pap smear. Dengan melakukan pemeriksaan ini, diharapkan setiap wanita yang memiliki risiko terhadap kanker serviks dapat menghindarinya.

Penyebab langsung kanker rahim pada wanita belum d ketahui, lebih dari 95 % penderita kanker leher rahim terdapat infeksi HPV (Human Papiloma Virus) tipe 16 dan 18 yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Dikatakan Elvi Yanti kegiatan ini untuk memotifikasi kader PKK dengan baik dan saya minta ada peningkatan setiap tahunnya dan banyaklah berbuat untuk kemajuan kita.sehinga ada perubahan di kecamatan dan desa.

Angka kematian kanker kematian mulut rahim no 2 di dunia, PKK hadir dalam kegiatan ini bagaimana agar perempuan bisa untuk mendeteksi secara dini saya juga akan mengajak semua dari Kabupaten kecamatan desa untuk memeriksakan diri secara dini, kanker mulut rahim bisa di atasi” Kata Elvi lagi.

Sementara itu Camat Kuok Darusmar menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim penilai IVA Test dari Kabupaten. Kami anggota dari TP PKK kecamatan dan kader kader pkk desa siap menerima Pembinaan dan penilaian yang di berikan oleh narasumber dari Kabupaten. kami bangga dari sekian banyak desa dan kecamatan yang ada daerah kami inilah yang termasuk pilihan dari Kabupaten yang terbaik. Semoga menjadi amanah buat kami kedepannya” Kata Darusmar. (Diskominfo Kampar)

Related posts

Bupati Kampar Lantik pengurus IPRY-KK Yogyakarta.

Supardi

Muslimawati : Hudupkan Dasa Wisma PKK Desa

Supardi

Kabupaten Kampar jadi Salah Satu pilot project TP2DD di Provinsi Riau.

harkur admin

Kepala Desa Baru Salurkan Bantuan Sembako TP PKK Kepada Masyarakat Miskin.

Supardi

Bupati Kampar lepas dan Ikut Jalan Sehat Car Free Day Hut TNI Ke-74

Supardi

Bupati Kampar Minta Berikan Kiprah terhadap Daerah

Supardi