Pemerintah Kabupaten Kampar
Bangkinang BERITA KATEGORI KECAMATAN Kesehatan

Lomba PKK-KKBPK-Kes, Desa Pulau Lawas Wakili Kampar Tingkat Provinsi

BANGKINANG ; Desa Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang berhasil keluar sebagai juara I Lomba penilaian PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat Kabupaten Kampar. Dengan demikian Desa Pulau Lawas berhak mewakili Kabupaten Kampar untuk mengikuti lomba tersebut di tingkat Provinsi Riau.

Demikian disampaikan Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Hj. Nuraini Azis Zaenal melalui Ketua Pokja (Kelompok Kerja) IV TP-PKK Drg. Awal Haeniwati kepada Wartawan Sabtu (8/12/18). “Hasil Lomba, Desa Pulau Lawas keluar sebagai juara I tingkat Kabupaten Kampar dan akan mewakili Kampar ditingkat Provinsi Riau,” ujar Awal Haeniwati.

Dijelaskan Awal bahwa penilaian Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ) –Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK ) –Kesehatan tahun 2018 dilaksanakan secara terpadu oleh Tim Penggerak PKK, BKKBN dan Kementerian Kesehatan.

Penilaian Kesatuan Gerak PKK –KKBPK- Kesehatan ini sebagai sarana pembinaan untuk memotivasi para kader dan keluarga serta Tim Penggerak PKK dalam pencapaian
target PKK- KKBPK dan Kesehatan. “Lomba ini bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Kemudian dijelaskannya bahwa penilaian lomba meliputi Kegiatan pemberdayaan yang mendukung Program Kependudukan , Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Kesehatan yang terkait dengan 10 Program Pokok PKK, khususnya program ke-7 , 9 dan 10 (Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat).

Dijelaskan Awal Haeniwati bahwa pada tahun ini, pencanangan Kesatuan Gerak PKK – KKBPK – Kesehatan tingkat Provinsi Riau telah dilaksanakan di Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara, tepatnya di lapangan Kantor Camat Kampar Utara pada tanggal 1 November 2018 yang lalu. Kegiatan tersebut bersamaan dengan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Kabupaten Kampar serta Pencanangan Kampung KB tahun 2018.

Setelah Pencanangan tingkat Provinsi, TP PKK Kabupaten Kampar bersama–sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) dan Dinas Kesehatan Kabupaten melaksanakan penilaian tingkat Kabupaten Kampar ke Kecamatan – kecamatan pada bulan November 2018. “Hasilnya lomba sudah didapat, dimana Desa Pulau Lawas keluar sebagai juara,” ujarnya.

Selanjutnya tim Provinsi Riau akan melakukan penilaian terhadap Desa Pulau Lawas pada Bulan Desember ini. Sesuai juknis (petunjuk teknis) dari Pusat, salah satu syarat desa yang dinilai dalam lomba itu adalah Desa yang ditetapkan sebagai Kampung KB. “Desa Pulau Lawas sebelumnya sudah ditetapkan sebagai salah satu Kampung KB di Kabupaten Kampar, ” ujarnya.

Ditambahkan Awal bahwa pihaknya sudah melakukan pembinaan kepada desa Pulau Lawas dalam upaya menghadapi lomba tingkat Provinsi ini. “Target kita Desa Pulau Lawas bisa keluar sebagai juara I Tingkat Provinsi Riau sehingga berhak mewakili Provinsi Riau ditingkat Nasional,” harap Awal. (jhoni)

Related posts

100.000 Lembar Masker Bantuan Dari Pemerintah Provinsi Riau diserahkan Kepada Sekda Kabupaten Kampar. 

Supardi

Didampingi Bupati Kampar, Gubernur Riau Lepas Ziarah Kubur

Supardi

Bupati Kampar: Semoga Bencana Kabut Asap Segera Berakhir.

Supardi

Dua Unit Rumah di Lalap si Jago Merah di Desa Rimbo Panjang Tambang

Supardi

Pemberlakuan PSBM, diharapkan Bisa Rubah Pola Fikir Masyarakat Kita Sedang Pendemi Covid-19.

Supardi

Bupati Kampar Terus Dukung Bangkitnya UMKM Ditengah Pandemi.

Supardi