Pemerintah Kabupaten Kampar
Agama Bangkinang Kota BERITA GALERI KATEGORI KECAMATAN

Sekdakab Kampar : MUI Memiliki Peran Penting Dalam Kehidupan Ummat

Bangkinang. Bupati Kampar H Azis Zaenal,SH MM membuka secara resmi Ijtima’ Ulama ke-5 Majelis Ulama Kabupaten Kampar 2018 yang dilaksanakan selama dua hari mulai 8 hingga 9 Desember.

Bupati Kampar Azis Zaenal yang diwakili Sekdakab Kampar Drs. Yusri, M.Si mengatakan ada beberapa kegiatan MUI yang luar biasa, ada tujuh kegiatan MUI yang sangat mulia. Jika ini dijalan oleh seluruh umat manusia, diantaranya adalah menegakan jati diri, MUI adalah orang-orang pilihan yang memiliki pengetahuan agama Islam diatas rata-rata.

Hal ini dikatakan Yusri ketika Ijtima’ Ulama ke-5 Majelis Ulama Kabupaten Kampar 2018 di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar, (8/12)

Ditambahkan Yusri, MUI memiliki kaderisasi yang luar biasa, dari golongan muda, tua serta seluruh komponen masyarakat, MUI juga berperan penting dalam menyelesaikan konflik agama dimanapun mereka berada. MUI mampu menyelesaikan konflik agama.

Selain itu Yusri mengatakan MUI juga memiliki peran penting dalam seluruh aspek kehidupan, banyak yang telah diselesaikan oleh MUI, serta faktor kerjasama MUI bersama seluruh elemen baik itu pemerintah, Kepolisian dan lainnya menciptakan kondisi sejuk dan damai diseluruh Indonesia.

Yusri juga mengajak seluruh ulama dan MUI untuk mengawal serta memberikan masukan kepada seluruh elemen masyarakat khususnya Pemerintah Kabupaten Kampar dalam menjalani kepemerintahan dikabupaten Kampar.

“MUI mampu mengawal dan memberikan solusi diseluruh lini kehidupan dikabupaten Kampar” ucap Yusri.

Ketua MUI Pusat H. Anwar Abbas, MM, M, AG ketika memberikan sambutan menyampaikan umat islam saat ini harus memahami seluruh lini kehidupan, diantaranya Faktor Ekonomi, politik kemasyarakatan serta bagaimana Islam menghadapi seluruh perubahan yang ada di dunia ini.

Ditambahkan bahwa agama islam harus berkecimpung dalam dunia politik, karena dasar dibangunnya negara ini adalah politik Islam, Islam wajib terjun dalam dunia politik dinegara ini, karena politik Islam membawa negara menuju kesejahteran dan kemakmuran.

Selain itu dirinya mengatakan bahwa ulama harus mengerti politik, bisnis serta ekonomi dinegara ini, karena ulama yang berkecimpung disemua bidang tentu saja berdasarkan Tuntunan Al Qur’an dan Hadist. Anwar Abbas juga mengajak seluruh ulama untuk menyamakan pandangan, persepsi serta tujuan agar tercipta Lompatan prestasi demi kemajuan umat Islam.

Ketua MUI Kabupaten Kampar DR. H. Mawardi Saleh, MA dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Islam adalah agama yang intinya tertib, semua yang diatur dalam hukum Islam selalu diakhiri dengan tertib. MUI Kabupaten Kampar selalu berupaya tertib dalam segala hal.

Selain itu Mawardi Saleh juga menambahkan kegiatan ini semata hanya menginginkan Ridho dari Allah SWT, dalam hal ini Dirinya juga mengatakan bahwa MUI dalam politik Islam dalam hal ini berawal dari Agama Islam yang memiliki peraturan sendiri dalam urusan politik.

Islam mengatur seluruh lini kehidupan manusia dari mulai peraturan diri sendiri hingga mengatur tata pemerintahan dalam Islam, Islam juga mengatur bagaimana berpolitik yang benar, apa hak dan kewajiban masyarakat, Pemimpin daerah dan juga mengatur bagaimana politik melahirkan kesejahteran masyarakat banyak.

Dalam berpolitik menurut Islam banyak diatur dalam Al Qur’an, banyak ayat-ayat yang mengatur berpolitik menurut Islam. Salah satu yang diatur dalam Al Qur’an adalah bagaimana menjadi pemimpin yang amanah, Pemimpin yang sanggup bersumpah demi jabatan dengan berazaskan Keadilan dan kesejahteran.

Ketua panitia Jon Kennedy dalam Laporannya menyampaikan Latar belakang kegiatan ini adalah pelaksanaan program kerja yang telah disusun oleh MUI Kabupaten Kampar, selain itu tujuannya adalah mengumpulkan seluruh ulama guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang politik Islam.

Dalam penyampaian Laporannya jon Kenedy juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga ingin menyatukan pandangan ulama tentang politik Islam di kehidupan sehari-hari dikabupaten Kampar.(kominfo/Humas)

Related posts

Bupati Kampar Dampingi Menteri PUPR Tinjau Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Supardi

Silaturrahmi dengan ASN Yang Masuki usia pensiun. Bupati Kampar: Terima kasih dan Tetap Berikan Ide dan masukan Bagi Kemajuan Kampar.

Supardi

Verifikasi Lapangan Hybrid, Pemda Kampar Komitmen sebagai Kabupaten Layak Anak.

Supardi

Bupati Kampar Jadi Saksi Nikah Puteri Emil Budiono

Supardi

Libur Akhir Tahun, Pemkab Kampar Dirikan 4 Pos Pemantau.

Supardi

Pertahankan Juara Umum Kejurprov Riau III di Bengkalis, 5 Atlet Panahan Kampar berangkat pra-PON

Supardi