Pj. Bupati Kampar Hadiri Hari Perpindahan Desa Pulau Gadang Ke-30 serta Festival Mangonang Kampuong Lamo

XII Kota Kampar – Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM menghadiri acara Peringatan Hari Pemindahan Desa Pulau Gadang yang Ke-30 dan  Festival Budaya Mangonang Kampuong Lamo serta Peresmian Perpustakaan Desa di Desa Pulau Gadang, yang diselenggarakan di XIII Koto Kampar, Desa Pulau Gadang, Senin (29/08/2022).

Peringatan Hari Pemindahan Desa Pulau Gadang ini disertakan dengan Festival tujan untuk Mengenang Budaya Kampung Lama (Mangonang Budaya Kampuong Lamo) dan diadakan setiap tahunnya serta Peresmian Perpustakaan Desa di Desa Pulau Gadang dengan Nama Perpustakaan Pahlawan Pulau Gadang.

Seperti diketahui, pemukiman warga Desa Pulau Gadang dipindahkan 30 Tahun yang lalu atau pada Tahun 1992 karena perkampungan Pulau Gadang ditenggelamkan untuk Proyek Nasional Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang.

Selain Desa Pulau Gadang, ada tujuh Desa lainnya di Kecamatan XIII Koto Kampar dan Dua Desa di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumbar yang ikut dipindahkan.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Seluruh Aparatur dan Masyarakat Desa Pulau Godang Kecamatan XIII Koto Kampar yang telah melaksanakan acara Peringatan Pemindahan Desa Pulau Gadang Ke-30 dan Festival.

Ia menambahkan, Pada Tanggal 31 Agustus 1992 sebanyak 333 KK, Masyarakat Desa Pulau Gadang dipindahkan karena adanya Pembangunan Dam PLTA Koto Panjang (Milik PLN), maka perpindahan yang dialami Masyarakat Desa Pulau Gadang, mengakibatkan Masyarakat harus memulai membentuk   berbagai macam bidang dalam menjalani kehidupan.

“Desa Pulau Gadang dikenal dengan Produksi Ikan Patinnya, karena selain mempunyai Kebun Karet, Masyarakat juga memiliki Kolam Ikan.
Walaupun Usaha Kolam Ikan sebagai kerja sampingan tetapi hasil yang diperoleh cukup memuaskan dan menguntungkan bagi warga Desa Pulau Gadang.”Ungkapnya”

Ia menambahkan, Saat ini Wilayah Desa Pulau Gadang menjadi bagian dari Pengembangan Wisata PLTA Koto Panjang. Desa Pulau Gadang akan menjadi Pusat Wisata di XIII Koto Kampar. Hal ini karena PLTA Koto Panjang berada di Wilayah Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar serta beberapa Objek Wisata lainya seperti Dermaga Tepian Mahligai, Pulau Puti dan Goa Lombuok Ome.

“Dari ragam budaya yang kita miliki diharapkan dapat meningkatkan sektor Parawisata di Kabupaten Kampar khususnya Desa Pulau Godang guna memperkenalkan dan menarik Wisatawan untuk datang ke berbagai Objek Wisata yang ada.”Ungkapnya”.

Ia juga menambahkan, Desa ini kaya akan kegiatan kemasyarakatan, mulai dari tingkat RT hingga tingkat Desa. Berbagai organisasi kemasyarakatan tumbuh subur dan menjadi perekat bagi kehidupan komunal Masyarakat Desa Pulau Gadang. Organisasi tersebut berkembang dalam berbagai bentuk, mulai dari organisasi formal maupun informal, inilah yang menjadi apresiasi kami dari Pemerintah Kabupaten Kampar, sebab Pembangungan Masyarakat bukan ditentukan oleh Pemerintah saja namun Partisipasi Masyarakat juga harus tetap dikedepankan.

“Pemerintah saat ini berupaya melengkapi berbagai kekurangan di berbagai sektor Pembangunan, termasuk dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus selalu kita tingkatkan serta Pemerintah juga menggali potensi – potensi yang ada dan kedepan Kabupaten Kampar akan mengembangkan Sektor Pertanian dengan Memproduksi Beras yang kita beri nama Beras Ulu Kasok.”Tutupnya”.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Pulau Gadang Syofian, S.H., MH mengatakan bahwa digelarnya festival ini adalah mengobati kerinduan akan Kampung Lama, agar seluruh Anak Kemenakan tahu dan mengenal Adat Istiadat dan Budaya Lokal yang berkembang sejak zaman dahulu kala di Kenegerian Pulau Godang dan tetap kokoh dalam bingkai ajaran agama.

Festival ini untuk menghidupkan kembali Budaya dan Adat Istiadat kepada Anak Kemenakan kita. Transmigrasi kita ini beda dengan transmigrasi lainnya, sebab transmigrasi kita ini ikut serta Adat Budaya beserta sisi agamanya ke Pemukiman Baru,”Ungkapnya”.

“Acara ini juga sebagai bentuk rasa syukur kami atas karunia Allah SWT selama menempati Pemukiman Baru.”Ungkapnya”.

“Terimakasih kepada Bapak Pj. Bupati Kampar, Ninik Mamak Alim Ulama sudah bersempat Hadir dalam HUT Desa Pulau Gadang serta Peresmian Perpustakaan Desa Pulau Gadang dan karena festival Mangonang Kampuong Lamo telah masuk dalam Kalender Pariwisata Kampar, kami Berharap Festival ini juga masuk kedalam Kalender Pariwisata Riau.”Tutupnya”.

Tampak hadir, Gubernur Riau yang diwakili oleh Staff ahli Gubri Yurnalis Basri, Camat XIII Koto Kampar Zulfikar, Camat Kuok Herman, Kades Pulau Gadang Syofian, Ninik Mamak, Alim Ulama,Tokoh Agama dan Seluruh Kepala OPD diruang Lingkup Pemkab Kampar serta Tamu Undangan Lainnya. (Diskominfo Kampar/ISN)

Related posts

Ketua GOW Kab Kampar Pinta Tingkatkan Kegiatan Yang Bersentuhan Langsung Ke Masyarakat.

BKMT Kab. Kampar Laksanakan Safari Dakwah Di Desa Tanah Merah Dalam Upaya Membangun Akhlak Dan Meningkatkan Keimanan

BKMT Kab. Kampar Gelar Halal Bihalal, Hj Muslimawati Ajak Pererat Silaturrahmi dan Kembangkan Program Kerja.