Tinjau UP2K Paiso Patin, Muslimawati Catur ; Bukan Saja Harumkan Kampar Tapi Juga Riau.

Koto Masjid : Di Desa Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar terdapat sentral ikan patin yang dikelola oleh Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Paiso Patin, kesuksesan ini tak terlepas dari binaan Peningkatan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan dan Kabupaten Bahkan Provinsi Riau. Kelompok PKK yang berada di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Graha Mina Mandiri ini menghasilkan berbagai olahan ikan patin sebagai produk unggulan, seperti bakso, abon, nugget dan ikan salai. Ikan Patin dapat diolah menjadi berbagai produk. Nilai tambah tinggi yang diterima oleh pengusaha agroindustri memicu meningkatnya persaingan, baik dalam memperoleh bahan baku dan pemasaran produk-produk pengolahan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah.

Atas upaya UP2K Paiso Patin bukan saja telah mengharumkan Kabupaten Kampar tapi juga mengharumkan nama Provinsi Riau, karena UP2K ini sering mewakili Riau untuk tingkat Nasional bahkan telah diundang ke Istana Negara.

Demikian dikatakan oleh Ketua Tim Penggerak Peningkatan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kampar Hj Muslimawati Catur saat melakukan kunjungan kerja sekaligus pembinaan terhadap UP2K Paiso Patin Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar pada hari, Rabu 17/06/20 kemarin.

Ikut mendampingi kunjungan kerja Ketua TP PKK Kabupaten Kampar ini Wakil Ketua PKK Kampar Hj. Juli Mastuti Yusri, segenap pengurus PKK Kabupaten Kampar, Camat XIII koto Kampar Rahmat Fajri dan Ny. Tia Khairurrizah serta Kepala Desa Koto Masjid Arjunalis dan Ketua PKK Desa Koto Masjid Asmawati, S. Pd dan Anggota PKK Desa Koto Masjid.

Kegiatan ini dilakukan  guna menambah penghasilan keluarga yang ada di Desa Koto Mesjid.

Ketua PKK Kabupaten Kampar Hj. Muslimawati menyatakan bahwa sentral ikan patin ini didirikan untuk menunjang perekonomian keluarga yang ada di desa dengan memberdayakan ibu-ibu yang tidak memiliki penghasilan.

“Daripada Ibu-ibu hanya menggosip di rumah, lebih baik ikut bergabung di sentral ikan patin agar dapat menghasilkan uang tambahan, ini sudah dibuktikan oleh UP2K ini” sebutnya.

TP PKK Kabupaten Kampar akan terus melakukan pembinaan terhadap UP2K yang ada di Kabupaten Kampar ini” Tambah Muslimawati Catur.

Sementara itu Ketua UP2K Paiso Patin Iyet Suhaimi menyatakan Untuk produk yang dihasilkan berupa Abon, Ikan salai, bakso ikan, ikan giling segar, nugget dan lainnya, semua ada 12 produk, ke 12 produk itu terbuat dari ikan patin yang diolah sedemikian rupa tanpa bahan pengawet” Kata Iyet.

Dan ini sudah kita pasarkan dan bekerjasama dengan mall yang ada di Pekanbaru, Namun untuk kendala saat ini adalah permodalan” Katanya lagi.

Selain melakukan pembinaan di UP2K ini, Muslimawati Catur juga menyerahkan bantuan sembako bagi kelompok UP2K yang tergolong susah atas dampak Covid-19, yang dilanjutkan dengan peninjauan produk yang dihasilkan oleh UP2K Paiso Patin Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar tersebut. (Diskominfo Kampar)

Related posts

Ketua GOW Kab Kampar Pinta Tingkatkan Kegiatan Yang Bersentuhan Langsung Ke Masyarakat.

BKMT Kab. Kampar Laksanakan Safari Dakwah Di Desa Tanah Merah Dalam Upaya Membangun Akhlak Dan Meningkatkan Keimanan

BKMT Kab. Kampar Gelar Halal Bihalal, Hj Muslimawati Ajak Pererat Silaturrahmi dan Kembangkan Program Kerja.