Sekda Kampar Hadiri Rakortek Penyusunan APBD TA.2020

Pekanbaru, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si bersama Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faizal ST Rapat Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Pekanbaru. 5/11/19

Rakortek ini dibuka oleh Gubernur Riau yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Riau Indrawati Nasution dan dihadiri oleh Ketua DPRD, Sekda, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), inspektur dan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

Sekda Kampar usai mengikuti Rakortek mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dengan mengikuti rapat ini kita lebih memahami akan aturan-aturan dan regulasi dalam penyusunan APBD Tahun 2020.

Dengan demikian berbagai langkah nantinya dapat kita susun bersama DPRD Kabupaten Kampar, sehingga APBD kita tahun 2020 tepat waktu, tepat guna dan sesuai dengan aturan perundang-undangan serta kegiatan-kegiatan pembangunan yang kita lakukan bermanfaat bagi masyarakat.

Sebelumnya Indrawati Nasution saat membaca sambutan Gubernur Riau mengatakan APBD adalah rencana keuangan tahunan daerah yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Daerah dan DPRD, yang kemudian ditetapkan dengan peraturan daerah. Dengan demikian APBD merupakan wadah untuk menampung berbagai kepentingan publik yang diwujudkan melalui program dan kegiatan, dimana pada saat tertentu manfaatnya benar-benar dirasakan untuk meningkatkan pelayanan umum dan kesejahteraan di daerah.

Oleh karena itu DPRD dan Pemerintah Daerah harus selalu berupaya secara nyata dan terstruktur untuk menghasilkan suatu APBD yang dapat mencerminkan kebutuhan rill masyarakat atas dasar potensi masing-masing daerah serta dapat memenuhi tuntutan suatu daerah yang berorientasikan kepentingan dan akuntabilitas publik.

Keberhasilan pencapaian prioritas pembangunan daerah juga tergantung pada kegiatan sinkronisasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/Kota.

Meningkat APBD merupakan intrumen penting dalam menggerakkan ekonomi daerah dan nasional maka disamping pentingnya penanganan APBD dalam konteks pembangunan di daerah maka perlu bekerjasama dengan kegiatan pembangunan nasional dan daerah.

Dengan demikian kebijakan dan program daerah harus sejalan sehingga menjadi sinergisitas antara perekonomian di daerah dan nasional.

“Kami mengharapkan dengan diselesaikannya kegiatan koordinasi teknis penyusunan APBD ini, dapat memberikan pemahaman pada kita bersama tentang regulasi terkait hal-hal dimaksud.”ucap Indrawati

Dalam Rakortek ini juga dilakukan dialog dengan menghadirkan Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI selaku nara sumber tentang segala macam penyusunan anggaran APBD setiap kabupaten / Kota.

Turut mendampingi Sekda Kampar dan Ketua DPRD Kabupaten Kampar, kepala DPKAD Edward, Kepala Bappeda Afrizal, Kepala Inspektur Muhammad, Sekretaris Dewan Kabupaten Kampar Hj.Ramlah. (Diskominfo Kampar / Humas)

Related posts

Ketua GOW Kab Kampar Pinta Tingkatkan Kegiatan Yang Bersentuhan Langsung Ke Masyarakat.

BKMT Kab. Kampar Laksanakan Safari Dakwah Di Desa Tanah Merah Dalam Upaya Membangun Akhlak Dan Meningkatkan Keimanan

BKMT Kab. Kampar Gelar Halal Bihalal, Hj Muslimawati Ajak Pererat Silaturrahmi dan Kembangkan Program Kerja.