Berperan Dalam Pencegahan dan Penanganan Stunting, KPM Perlu Pengembangan PSDM

Tapung Hulu – Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang telah ditetapkan oleh para kepala desa, memiliki tanggung jawab dan membantu pencegahan dan penanganan stunting ditingkat desa.

Oleh sebab itu selain para Sekretatis Desa, dalam hal ini para KPM agar bisa bekerja sebaik mungkin dipamdang perlu peningkatan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM).

Hal tersebut disampaian oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridarmawan, S.STP M.Si selaku Ketua Tim Inovasi Desa yang diwakili oleh Elly Yudia Kabid PMD Kabupaten Kampar saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) se-Kecamatan Tapung Hulu tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Bukit Kemuning Kecamatan Tapung, rabu (11/9).

Lebih lanjut Elly menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari tersebut diikuti sebanyak dua orang setiap Desa se-Kecamatan Tapung Hulu tersebut terdiri unsur pemerintah desa dan satu orang dari kader Desa.

Dimana dalam kegiatan ini menggunakan Dana Operasional kegiatan (DOK), Pengolahan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID) serta dari Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (T2KTD) bantuan pemerintah program inovasi desa sebesar 17,5% Yang difokuskan pada bidang sumber daya manusia.

Selaku KPM di desa juga mmemiliki peran memastikan ketersediaan kegiatan pelayanan sosial bidang kesehatan dan pendidikan. Dalam hal ini tugas para KPM yang utama memastikan agar seluruh masyarakat terutama ibu hamil dan bayi dibawah dua tahun memperoleh pelayanan tersebut secara Konvergensi.” terang Elly”.

Dihadiri oleh Wendi Moretha sebagai Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar dan Sherly Arianty Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna, maka sebagai pemateri pada kesempatan tersebut terdiri dari Afifudin, ST Tenaga Ahli Madya P3MD Provinsi mewakili Dinas PMD Provinsi Riau, Elly Yudia Dari Dinas PMD Kampar serta Ejon Asmanto, SKM Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.(diskominfo mzk).