Plh Bupati Kampar Silaturahmi dengan Bumdes  Se-Kabupaten Kampar

Bangkinang Kota. Plh. Bupati Kampar Drs. Yusri, M.Si secara resmi membuka Silahturrahmi Badan Usaha Mlik Desa (Bumdes) se Kabupaten Kampar. Acara tersebut murni dari hasil kemandirian Bumdes dan dilaksanakan secara serentak dan diikuti oleh Pimpinan Bumdes se-kabupaten Kampar.

Plh. Bupati Kampar Drs. Yusri, M.Si yang membuka acara tersebut menyampaikan bahwa keberadaan Bumdes ditengah-tengah Desa harus mampu meningkatkan perekonomian Desa, Plh. Bupati Kapar itu juga memberikan Apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus Bumdes se-kabupaten Kampar karena telah mengadakan acara ini secara mandiri.

Demikian disampaikan Plh. Bupati Kampar yang didampingi Plh. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Roni Tri Saputra, S.IP dan Kabid Usaha Ekonomi Desa, Sumberdaya alam dan Teknologi Tepat Guna Ambar Rustantini, SH, MH dan Sebagai Nara Sumber Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi desa Irman serta diikuti seluruh pengurus Bumdes se-kabupaten Kampar.

Ditambahkan Yusri, bahwa Pemda Kampar baik dari tingkat bawah hingga tingkat Kabupaten tidak pernah lengah dalam memikirkan program apa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, Bumdes merupakan salah satu dari sekian ribu usaha Pemerintah Daerah untuk mendongkrak ekonomi masyarakat.

Dikatakan Yusri, bahwa Bumdes merupakan salah satu usaha Desa yang paling dekat dengan masyarakat Desa, keberadaan Bumdes terletak di Desa, tetapi keberadaannya telah diakui secara Undang-undang oleh Negara dan telah ada Legalitasnya dan diakui seluruh Indonesia.

Plh. Bupati Kampar dalam kesempatan itu juga memberikan masukan agar Bumdes di Kabupaten Kampar dapat menopang perekonomian masyarakat, dan bagaimana Bumdes dapat berperan dalam memajukan perekonomian masyarakat.

“Pengurus Bumdes Harus memiliki Jiwa Wirausaha, ciptakan peluang-peluang usaha yang tidak bersifat membahayakan keberadaan Bumdes, lebih kepada usaha yang bersifat memenuhi kebutuhan masyarakat Desa” ucap Yusri.

Yusri juga mengingatkan agar Bumdes bekerjasama antar sesama Bumdes, Bumdes harus bisa membaca peluang emas sekecil apapun untuk usaha yang didirikan didesa masing-masing, dan sesama Bumdes dalam Kecamatan harsu bersatu membentuk suatu badan usaha yang bisa memenuhi kebutuhan dalam satu Kecamatan.

Kabid Usaha Ekonomi Desa, Sumberdaya alam dan Teknologi Tepat Guna Ambar Rustantini, SH, MH dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi dan kebanggan kepada seluruh pengurus Bumdes atas kemandirin menyelenggarakan acara ini, dirinya juga berharap kedepannya Bumds di Kabupaten Kampar dapat tetap bersemangat dan meningkatkan kinerja untuk memajukan Bumdes di Kabupaten Kampar.

Dalam kesempatan itu juga, Bumdes Kabupaten Kampar juga telah membentuk forum Bumdes, dimana forum tersebut juga memilih Ketua dan seluruh dewan pengurus, diantaranya Ketua Ruspandi Direktur Bumdes Desa Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar, Wakil Sumarjoko Direktur Bumdes Desa Sei Lembu Makmur Kecamatan Tapung, Seketaris Direktur Bumdes Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar, Mustakim dan Bendahara Direktur Bumdes Desa Gunung Sahilan Ramadhan Kecamatan Gunung sahilan. (Diskominfo Kampar/Humas)