Setelah Panen, Bupati Kampar Langsung Bakar Jagung di Kebun KWT Birandang Lestari

Kampa – Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH, MH melakukan kegiatan panen Jagung hasil Kelompok Tani Wanita (KWT) Lestari Desa Birandang Kecamatan Kampar, saat panen Bupati Kampar langsung merebys dan membakar jagung tersebut bersama masyarakat.

Dimana panen jagung sekaligus bakar jagung tersebut dilaksanakan Bupati Kampar didampingi Kepala Dinas Ketahanan pangan Kabupaten Kampar Ir. Cokroaminoto, Kadis Kominfo Yuricho Efril, Camat Kampa Dedi Herman, Dt Mongguong Samsiwir, serta Forkopimcam tersebut dilakukan setelah Bupati Kampar meresmikan Kelompok Wanita Tani Lestari di Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa, Kamis (30/9/21).

Dalam arahannya, Bupati Kampar menyampaikan dalam bidang pertanian dari dahulu diidentik bukan untuk kau pria saja, melainkan juga dilakukan kaum perempuan. Untuk itu tetap sekali dalam mengisi waktu, PKK Desa Pulau Birandang telah membentuk Kelompok Tani Wanita yang sangat bermanfaat sebagai wahana kelompok sekaligus dapat membantu ekonomi keluarga.

Dalam menunjang program ini, khusus Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pagan agar segera segera merespon apa yang menjadi kebutuhan masyarakat melalui program Ocu Mapan dan program lainnya. Intinya “Jajaran OPD agar peka terhadap seluruh hak yang dibutuhkan masyarakat, kita sebagai pelayan masyarakat harus melayani kebutuhan Masyarakat”terang Catur Sugeng”.

Selanjutnyanya, Bupati Kampar jug menyampaikan bahwa kebun jagung selain dapat menambah pendapatan ibu-ibu desa Birandang, juga sebagai wadah untuk mendapatkan ilmu bercocok tanam dan sebagai wadah tempat bersilahturahmi berbagi ilmu dan pengalaman dalam bertani.

Semnetara itu Kepala Desa Pulau Birandang Dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kampar yang selalu hadir dan membantu masyarakat Pulau Birandang. Untuk diketahui, semenjak menjabat sebagai kepala Desa, dana APBD kmapar untuk pembangunan pulau birandang yang diperjuangkan oleh Bupati Kampar lebih kurang Rp 3 milyar.

Dari anggaran tersebut dimanfaatkan untuk pembangunan Turap lebih kurang Rp 1,5 milyar, untuk pengaspalan jalan lebih kurang sepanjang 300 meter, Pembukaan jalan Tani sepanjang 1,5 Km, pembuatan sampan penambangan serta pembangunan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, selain kegiatan panen Jagung milik KWT Birandang Lestari lebih kurang 5000 batang tersebut, juga dilakukan kegiatan Vaksinasi Masal, pengobatan masal, sunat masal serta pengobatan gratis kerjasama Puskesmas Kampa.(Diskominfo Kampar)

Related posts

BKMT Kab. Kampar Gelar Halal Bihalal, Hj Muslimawati Ajak Pererat Silaturrahmi dan Kembangkan Program Kerja.

Seleksi Calon Direktur Utama PT Bank Perkreditan Rakyat Sarimadu (Perseroda)

Perpanjangan Seleksi Calon Komisaris Utama PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Berkah Dana Fadhlillah (Perseroda)