Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Kembali PKK Kampar Sosialisasi Iva Test Untuk Hindari Bahaya Kanker Rahim di Desa Pangkalan Baru Siak Hulu.
BERITA Birokrasi KATEGORI KECAMATAN Kesehatan Lingkungan Pembangunan Pemda Siak Hulu

Kembali PKK Kampar Sosialisasi Iva Test Untuk Hindari Bahaya Kanker Rahim di Desa Pangkalan Baru Siak Hulu.

Siak Hulu : Atas Bahaya kanker rahim yang menjadi penyebab tingginya kematian di dunia menempati posisi ke dua setelah jantung oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Kampar melalui PKK Kabupaten Kampar selaku mitra kembali melakukan sosialisasi terhadap pencegahan, penanggulangan melalui program Iva Test setelah beberapa Kecamatan di Kabupaten Kampar menerima sosialisasi Iva Test.

Demikian dikatakan Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj Muslimawati Catur yang wakili oleh Ketua Pokja IV TP PKK Kecamatan Kampar DR. Elvi Yanti saat membuka sosialisai didesa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu, Kamis, 08/07. Kegiatan ini dihadiri oleh TP PKK Desa Kecamatan Siak Hulu, PKK Desa Pangkalan Baru dan mewakili Camat Siak Hulu.

Kegiatan ini untuk melakukan pencegahan dan mengetahui gejalanya sehingga dapat dilakukan pencegahannya.

Hal tersebut diketahui ketika Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj Muslimawati Catur yang diwakili Oleh Ketua Pokja IV TP PKK Kabupaten Kampar Dr. Elvi Yanti bersama anggota PKK Kampar menyampaikan bahaya kanker Serviks terhadap perempuan.

Dikatakan Elvi Yanti bahwa Kanker serviks adalah salah satu gangguan yang kerap terjadi pada wanita. Penyakit ini dapat memengaruhi sel-sel di leher rahim yang dapat membahayakan jika tidak segera ditangani. Meski begitu, gejalanya dapat muncul setelah sel kanker sudah menyebar sehingga penanganan dini sulit dilakukan, Tambah Elvi.

Maka dari itu, pemeriksaan rutin pada bagian rahim setiap wanita disarankan dilakukan setiap tahun salah satu pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks adalah IVA test.

Metode ini umum dilakukan untuk mendeteksi gangguan pada leher rahim tersebut setelah pap smear. Dengan melakukan pemeriksaan ini, diharapkan setiap wanita yang memiliki risiko terhadap kanker serviks dapat menghindarinya.

TP KK Kabupaten akan menilai dan membina terhadap program pencegahan dan pengecekan melalui Iva Tes di Kecamatan, terus Jalin komunikasi dengan pihak Puskesmas dan tenaga kesehatan ” Pinta Elvi Yanti.

Peran PKK Desa sangat penting dalam mengajak dan mensosialisaaikan kembali kepada kaum ibu di Desa yang diawali oleh PKK Desa dan kecamatan ” Kata Elvi lagi.

TP PKK Kampar akan memberikan penilaian mana Kecamatan dan desa yang terbaik dalam menjalankan program ini, Kami mengucapakan terima kasih sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar” Tambahnya lagi.

Sementara itu Khairulliza Fajri menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim penilai dari Kabupaten kampar bersedia datang dan apresiasi seluruh rekan-rekan Kader PKK Kecamatan dan Desa begitu juga kepada puskesmas kecamatan Siak hulu yang telah melakukan pembinaan kepada kami.

Pemberdayaan kesehatan pada perempuan sangatlah penting dan ini adalah kesempatan kepada kita untuk mengenal IVA tes ini. Saya berharap kepada kader kader pkk kecamatan bisa mengambil hikmah dari kegiatan ini dan saya juga berharap kepada tim penilai bisa memberikan yang terbaik kepada ibu-ibu di desa khususnya desa Pangkalan Baru Siak Hulu ini ” Tutup Khairulliza Fajri. (Diskominfo Kampar)

Related posts

Pj. Bupati Kampar Apresiasi Masyarakat Dan Dunia Usaha Yang Patuh Wajib Pajak

Supardi

Sebanyak 90 mahasiswa mendapatkan beasiswa dari BPDP-KS

Supardi

Pj Bupati Kampar Hadiri Pelantikan IMM Kampar Periode 2022-2023.

Supardi

Bursa Inovasi Desa Cluster 1.1 Wilayah Tapung Raya Resmi di Buka

Supardi

Kembali Sebanyak 72 Pejabat Administrator dan Pengawas di Lantik.

Supardi

Kembali Pemkab Kampar Segel Kebun PT Bumi Sawit Perkasa yang Belum melengkapi Izin, Pihak Perusahaan Tolak Tandatangani Berita Acara.

Supardi