Pemkab Kampar dan Bank Riau Kepri Rancang RS Type C

BATAM, (kamparkab.go.id) – Di tengah kesibukan dalam kegiatan pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kampar, Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM memanfaatkan waktu untuk membicarakan program pembangunan di Kampar khususnya pembangunan bidang kesehatan.

Rapat dipimpin langsung oleh Bupati dan dihadiri oleh Dirut Bank Riau Kepri (BRK) beserta jajarannya, Ahad malam (22/7) di Batam. Hadir juga dalam pertemuan tersebut Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH, Sekda Kampar Drs Yusri M.Si, Asisten II Setda Kampar Ir Azwan M.Si, Kadis Kesehatan Nurbit, Tokoh masyarakat Kampar Syawir Hamid dan Tokoh Muda Kampar Yuyun Hidayat yang juga ketua Kadin kota Pekanbaru.

Sebelumnya diketahui bahwa keberadaan RS Ibnu Sina semula akan dibangun lebih representatif oleh pihak swasta bersama yayasan, namun sampai saat ini belum bisa diwujudkan sehingga keberadaan bangunan menggangu keindahan Kota Bangkinang yang sedang berbenah.

Pada rapat tersebut terungkap bahwa untuk mengantisipasi space kosong Rumah Sakit tipe C pada tahun mendatang disebabkan karena adanya perubahan tipe RSUD Bangkinang dari tipe C ke tipe B pada akhir tahun 2019 mendatang, perlu dibangun RS untuk menggantikan tipe C. Dalam diskusi disepakati beberapa hal antara lain, Pemkab dan BRK secara bersama-sama akan membangun RS tipe C dalam bentuk penyertaan modal kepada perusahaan yang nantinya akan dibentuk, Untuk mengkaji lebih lanjut tentang urgensi pembangunan RS tersebut akan dibentuk tim kecil terdiri dari  Empat (4) orang dari BRK dan Lima (5) orang dari Pemkab Kampar.

Selanjutnya Tim kecil yang terbentuk akan bekerja pada minggu terakhir Juli sampai awal Agustus 2017 dan akan melaporkan kepada Bupati dan Dirut BRK opsi opsi yang menjadi alternatif pola pembangunan apakah dalam bentuk swasta murni, kemudian Pemkab menyertakan modal saham mayoritas atau dalam bentuk BUMD, pada kesempatan tersebut disepakati juga pada tgl 31 desember 2018 RS sudah mulai beroperasi dengan merevitalisasi dan memanfaatkan gedung yg ada utk IGD dan Poliklinik, Untuk lebih jelasnya prospek dari aspek bisnis, disepakati juga utk mereview perencanaan yang sudah ada dan hasil review ini akan dijadikan langkah awal untuk percepatan pembangunan RS tipe C dimaksud.

“Semoga rencana kita ini dapat terlaksana dengan baik untuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,”ungkap Bupati.(Kominfo/hms)