Pokja I TP-PKK Kampar Gelar Pelatihan Peyelenggaraan Jenazah

XIII Koto Kampar – Setiap manusia pasti akan menghadapi yang namanya kematian, dimana setiap hari bisa saja ribuan manusia akan meninggal dunia.

Dengan demikian penyelenggaran jenazah dalam mengantarkan keperistirahatan terakhir sudah pasti akan sering ditemui, makanya  sangat diperlukan pemahaman atau ilmu dalam penyelenggaraan jenazah.

Melihat kondisi tersebut Pokja I Tim Penggerak – Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten  Kampar menggelar Pelatihan Penyelenggarahan Jenazah bagi Ibu-ibu di Aula Kantor Camat XIII Koto Kampar, rabu (1/8/18).

Muslimah Wati Catur selaku Wakil Ketua TP-PKK Kampar mewakili Ketua TP-PKK Kampar saat membuka Pelatihan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa harus kita sadari saat ini dari 1000 orang di Desa bisa saja yang hanya mampu menyelenggarakan jenazah sebanyak empat orang.

Dalam empat orang tersebut bahkan kebanyaknan ibu-ibu yang sudah lanjut usia, apabila dari beberapa orang tersebut berhalangan saat ada kematian. Apa yang harus kita lakukan.? “ungkap Muslimah”.

Makanya mulai tahun 2018 ini khsusus Pokja I menggelar pelatihan penyelengaran jenazah dilima Kecamatan, pertama di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kecamatan Kampa, Kecamatan Kampar Utara, Gunung Sahilan dan Kecamatan Kampar Kiri Tengah.

Dimana maksud pelatihan ini selain untuk diperlombakan ditingkat Kabupaten, minimal berguna untuk menyelenggarakan jenazah keluarga kita sendiri dan orang disekeliling kita nantinya.

Sementara itu Hj Umi selaku narasumber atau pemateri pelatihan menyampaikan, bahwa dalam pelatihan penyelenggaran jenazah tersebut dimulai dari melepas kepergian atau hembusan nafas terakhir.

Dilanjutkan cara memandikan, mengafani, menyolatkan serta mengantarkan kepemakaman atau peristirahatan terakhir.

Alhamdulillah pada kesempatan tersebut terlihat peserta dari Desa dan Kelurahan sangat mengikuti pelatihan dengan baik, dimana beberapa pertanyaan selalu dilontarkan kepada pemateri karena merasa masih banyaknya kekurangan ilmu terkait penyelenggaran jenazah. (Diskominfo).

Related posts

Seleksi Calon Direktur Utama PT Bank Perkreditan Rakyat Sarimadu (Perseroda)

Perpanjangan Seleksi Calon Komisaris Utama PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Berkah Dana Fadhlillah (Perseroda)

DIBUKA PENDAFTARAN PENERIMAAN TARUNA BARU STPN YOGYAKARTA
SELEKSI PEMERINTAH KABUPATEN KAMPAR TAHUN AKADEMIK 2024/2025