Pemerintah Kabupaten Kampar
Bangkinang Kota BERITA Birokrasi KATEGORI KECAMATAN Pembangunan Pemda

Dua Anggota DPD-RI Kunjungi Kampar.

BANGKINANG ; Dua orang anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), Edwin Pratama Putra, SH dan H. Darma Setiawan berkunjung ke Kabupaten Kampar, kunjungan diadakan di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar, Kamis (3/9/20). Pada kesempatan ini dua orang senator ini menyempatkan diri melakukan pertemuan dengan Kepala OPD (Dinas/Instansi) dilingkup Pemerintah Kabupaten Kampar, bertempat di aula Bappeda Kabupaten Kampar.

Dua orang anggota DPD RI ini hadir ke Bappeda atas undangan dari Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, M.Si, yang kebetulan mereka sedang melakukan kunjungan kerja di Riau. Disela-sela kunjungan kerja ini dimanfaatkan oleh Kepala Bappeda untuk mengundang mereka bertemu dengan OPD terkait. Moment ini dinilai sangat strategis karena pada waktu bersamaan, di Bappeda sendiri sedang dilaksanakan pembahasan program/kegiatan prioritas pembangunan Tahun Anggaran 2021.

Seperti di ketahui Edwin Pratama Putra merupakan anggota DPD-RI dari Provinsi Riau, sedangkan Darma Setiawan adalah Anggota DPD-RI asal Kepulauan Riau. Meskipun dari Kepri, Darma memiliki ikatan emosional dengan masyarakat Kampar karena orang tua Darma dan istrinya berasal dari Kabuaten Kampar (Tapung).

Kedua anggota DPD RI ini duduk di komite II DPD-RI yang bermitra dengan sebelas Kementerian dan dua Menko. Lingkup tugas Komite II meliputi urusan, Pertanian dan Perkebunan, Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, Energi dan Sumber daya mineral, Kehutanan dan Lingkungan hidup, Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Daerah Tertinggal, Perindustrian dan Perdagangan, Penanaman Modal, dan Pekerjaan Umum.

Pada pertemuan yang dipimpin oleh Kepala Bappeda Kampar Azwan tersebut, banyak usulan aspirasi yang disampaikan OPD kepada dua orang anggota DPD untuk diperjuangkan di Pusat. Mengingat kemampuan keuangan daerah yang terbatas, maka diharapkan kucuran dana dari pusat semakin besar sehingga mampu mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Kampar.

Diantara usulan yang disampaikan oleh masing-masing Kepala Dinas tersebut diantaranya adalah, pembangunan unit sekolah baru SMP Negeri di Bangkinang Kota. Dimana untuk lahan sekolah sedang dipersiapkan oleh pemerintah daerah. Pembangunan SMP ini penting mengingat kebutuhan masyarakat akan lembaga pendidikan setingkat SMP di Bangkinang Kota sangat tinggi. Disamping itu Bangkinang Kota merupakan satu-satunya Ibukota Kabupaten di Indonesia yang hanya memiliki dua unit sekolah SMP Negeri yakni SMPN 1 dan SMPN 2. Di daerah lain ada 3 sampai 7 unit SMP Negeri untuk satu kecamatan.

Kemudian ada usulan pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan, pembangunan bidang pertanian dan perkebunan serta pembangunan bidang lainnya. “Di Kabupaten Kampar ada ruas jalan kabupaten sepanjang 2.037 Km dan lebih dari 1000 unit jembatan, yang semua ini membutuhkan dana yang signifikan untuk pemeliharaan,” ujar Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Hanif.

Kepala Bappeda Kabuapten Kampar Azwan menambahkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan beberapa proposal pembangunan yang akan disampaikan ke kementerian melalui anggota DPD-RI dan DPR-RI, diantaranya proposal dari Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. “Kami mengharapkan dukungan anggota DPD dan DPR-RI untuk memperjuangkan usulan kami,” harap Azwan.

Sementara itu Edwin menyampaikan bahwa ia bersama rekan-rekannya di DPD dan DPR-RI siap untuk memperjuangkan aspirasi dari Kabupaten Kampar “Saya akan rekomendasikan usulan yang bapak-ibu sampaikan, termasuk juga untuk pembangunan SMP baru itu, saya akan buat surat resmi,” ujarnya.

Edwin juga akan mendukung progam jalan dan jembatan serta program-program lainnya. Ia mendorong agar semua pihak saling mendukung sehingga semakin banyak program kegiatan pembangunan yang masuk ke Riau dan Kampar ini. “Manfaatkan kami yang di Jakarta,” ajaknya.

Sementara itu anggota DPD RI Darma Setiawan menyampaikan bahwa Edwin adalah aset berharga yang dimiliki Kabupaten Kampar dan Riau. “Beliau adalah anggota DPD yang cerdas, manfaatkan beliau untuk membangun daerah ini,” ujarnya.

Bahkan jelas Darma, saat ini Edwin telah ditunjuk oleh anggota DPD sebagai Pimpinan alat kelengkapan DPD-RI Badan Akuntabilitas Publik. “Jabatan ini tidak ada lobi-lobi, tapi anggota melihat dan menilai kemampuan dan kecerdasannya sehingga memberikan kepercayaan sebagai pimpinan Badan Akuntabilitas Publik,” ujarnya.

Darma berjanji siap membantu Kabupaten Kampar bersama Edwin. “Kabupaten Kampar dan Kepri memiliki medan yang berbeda sehingga memudahkan saya untuk membantu Kabupaten Kampar,” ujarnya. (Diskominfo Kampar/Herman Jhoni)

Related posts

Bupati Kampar Buka Seleksi Kompetensi Manajerial Dilingkungan Pemerintah Kampar

Supardi

Salurkan Zakat, Muslimawati Catur : Zakat Entaskan Kemiskinan menuju Kesejahteraan Masyarakat.

Supardi

Pemkab Kampar ikuti Zoom Meeting Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga (TPK)

Supardi

Bupati Kampar sampaikan LKPJ sidang Paripurna di gedung DPRD Kampar.

Supardi

Bupati Kembali Serahkan Ambulance, Kali Ini Dipusatkan di Desa Kayu Aro

kominfo

Gunakan Barcode, Pengunjung Ke Kominfo Kampar Wajib Gunakan Aplikasi Peduli Lindungi.

Supardi