Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Aksi Tanam Pohon Serentak, Yusri : Banyak Manfaat dari Menanam Pohon
Bangkinang Kota BERITA KATEGORI KECAMATAN Lingkungan Pembangunan Pemda

Aksi Tanam Pohon Serentak, Yusri : Banyak Manfaat dari Menanam Pohon

Bangkinang- untuk penghijauan lingkungan aksi penanaman pohon dilakukan serentak  guna untuk menjaga stabilisasi terhadap lingkungan, selain untuk menjaga kesehatan udara juga untuk menjaga kandungan air didalam tanah, penanaman pohon ini di Taja oleh Polres Kampar serta menggandeng Forkofimda Kampar untuk menunjang aksi ini.

Pada tahun 2020 ini pemerintah kabupaten mengikuti beberapa program yang sangat luar biasa salah satunya seperti penanaman pohon yang di gesah oleh Kapolri dan Jajaran sampai ke pusat, daerah dan kecamatan.

Demikian disampaikan Bupati Kampar H. catur Sugeng Susanto. SH yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri M.SI Dalam Acara Penanaman Pohon Serentak di Jajaran Polda Riau serta Mewujudkan Sinegitas Polri dengan TNI dan Pemkab Kampar yang di gelar di halaman SMP Negeri 2 Bangkinang, jumat  pagi (10/01/2020).

Setiap hari bnyak kita menanam pohon termasuk di pekarangan rumah sendiri namun semua tanaman yang sudah tua kita tebang befutu saja padahal masih bisa kita remajakan dengan cara di pangkas maka tanaman tersebut masih bisa menyerap air dan tumvuh kembali.

Pohon yang ada kita tebang dampaknya luar biasa sehingga teejadi banjir dimana – mana karena hutan sudah mulai gundul termasuk di perkarangan kita sendiri.

Pemerintah kabupaten kampar juga telah merencanakan untuk penghijauan lingkungan karena bibit pada saat ini sudah bnyak di lakukan melalui bapak dan ibu di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kampar.

Yusri juga menyampaikan saat ini jumlah ASN menncapai 9400 orang, kedepannya kita akan memberikan dua pohon kepada ASN untuk di tanam di perkarangan rumah masing masing yang mana bibit tanaman tersebut sudah ada di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar, baik tanaman berbentuk buah dan juga tanaman pelindung.

Pada saat ini pohon sawit luar biasa bnyak di mana mana sehingga kita harus mengimbangi dengan cara menanam tanaman di perkarangan rumah.

Yusri juga berharap agar sekolah sekolah yang ada di kabupaten Kampar ini semua tampak  hijau dengan tanaman yang di tanam tersebut.

Yusri juga berterima lasih kepada pihak sekolah agar tanaman ini di rawat dengan baik ,di siram dan juga di pupuk dengan baik kita berharap tanaman ini tumbuh besar sehingga berbuah dan kita bisa ambil manfaatnya.

Yusri juga berharap kepada masyarakat agar gemar menanam bukan menebang pohon yang ada agar kedepannya kita jauh dari yang namanya banjir.

Yusri juga tegaskan kepada   dinas Lingkunagan hidup agar  perda perda seperti yang  diterapakan oleh jawa barat  yang mana ada perda larangan untuk tidak membangun gedung di seluruh wilayah ladang, agar kedepannya dapat kita wujudkan

Yusri juga mengungkapkan, penanaman ini diharapkan nantinya dapat membuat suasana lingkungan sekitar menjadi sejuk, terjaganya ekosistem dan masih banyak manfaat yang kita peroleh dari menanam pohon.

Hal senada juga disampaikan Waka polres Kampar Ricky Rikardo S.I.K bahwa progam ini di gagas oleh Kapolri dengan nama polri peduli penghijauan dengan menggandeng Pemda, TNi dan unsur – unsur lainnya

Program ini  dilakukan secara besar besaran di seluruh indonesia  dengan sasaran tempat penanaman yaitu Mako Mako polri, asrama, sekolah sekolah dan juga tempat tempat yang perlu kita beri penghijauan.

Bibit yang di tanam saat ini memiliki 4 manfaat pertama Pohon ini dapat di manfaat kan olen anak dan cucu kita kedepannya, kedua Mempunyai tinggi oksigen, ketiga memiliki batang yang kuat dan terahir Tanaman ini memiliki buah sehingga bisa manfaatkan hasilnya.

Ricky juga berharap agar tanaman yang kita tanam ini dipelihara dengan baik jangan di biarkan begitu saja sehingga kedepannya tanaman ini dapat kita manfaatkan dan kita petik buahnya.

Acara ini dihadiri oleh Forkopimda Kampar, Kepala  Dinas Lingkungan Hidup Aliman Makmur, Kepala Dinas Dikpora M. Yasir, Kepala Dinas Pertanian Henry Dunan, kabag,kasat dan jajaran kapolres kampar kepala sekolah SMPN 2 Bangkinang syaripudinS.Pd dan bapak ibu guru sekolah, bayangkari kampar serta undangan lainnya.(Diskominfo Kampar)

Related posts

Pemkab Kampar Ikuti Zoom Meeting dengan BRIN Untuk  Menindak Lanjuti Kesepakatan

Supardi

Persiapan Menuju Porprov, PBVSI Kampar Gelar Uji Coba Dengan Tim Voly Kabupaten Siak.

Supardi

Catur Sugeng Susanto Resmi Jabat Bupati Kampar

Supardi

Ketua GOW Kab Kampar Pinta Tingkatkan Kegiatan Yang Bersentuhan Langsung Ke Masyarakat.

Supardi

Miliki SDM, Putra-Puteri Kampar Siap Berikan terbaik Bagi Kampar.

Supardi

Ketua LPTQ Kampar : Pelatihan e-MTQ Untuk Peningkatan Kualitas Dan Akuntabilitas Penyelenggaraan Musabaqah

Supardi