Sekda Buka Workshop Persiapan Dokumen BLUD Puskesmas Kabupaten Kampar Tahun 2019

Pekanbaru. Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M.Si membuka Workshop Persiapan Dokumen BLUD ( Badan Layanan Umum Daerah )Puskesmas Kabupaten Kampar Tahun 2019.

Dalam arahannya Yusri mengungkapkan Puskesmas adalah salah satu Layanan yang bersentuhan langsung kepada masyarakat, kegiatan ini merupakan salah satu upaya menjadikan Puskesmas memiliki pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Untuk memiliki Puskesmas dengan pelayanan Terbaik Bagi masyarakat, diperlukan tata kelola keuangan yang baik, Workshop BULD dapat meningkatkan manajemen keuangan Puskesmas” ucap Yusri.

Hal itu dikatakan Sekdakab Kampar ketika membuka secara resmi acara Workshop Persiapan Dokumen BLUD Puskesmas Kabupaten Kampar Tahun 2019 di Hotel Asnof Pekanbaru yang diikuti Kepala Puskesmas, Bendahara JKN, Ketua Pokja UKM di 21 Puskesmas se Kabupaten Kampar, pada Jum’at (15/11)

Sekda Kampar yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Dedi Sambudi juga menyampaikan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2014 yang mengatur pengelolaan dan pemanfaatan dana Kapasitasi Jaminan kesehatan Nasional pada fasilitas Tingkat pertama milik pemerintah Daerah, bahwa puskesmas sebagai unit pelaksana teknis (UPT) tidak bisa menggunakan dana Kapasitas secara langsung, karena dana tersebut harus dikirimkan ke kas daerah.

Diharapkan Yusri dengan mengikuti workshop ini, peserta dapat menyediakan pola administrasi dan manajemen yang baku, dan BULD tidak mengutamakan keuntungan tetapi peningkatan kualitas layanan.

Sebelum arahan Sekdakab Kampar, Kepala Dinas Kesehatan Dedi Sambudi dalam laporannya mengatakan untuk menuju Puskesmas dengan BULD perlu kesiapan Sumber Daya Manusia dan sistem manajemen yang baik di Puskesmas, salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan persiapan Dokumen BLUD Puskesmas sebagai salah satu terpenuhinya syarat administrasi dalam menjadikan Puskesmas Menjadi BULD.

Ditambahkan Dedi Sambudi World ini dilaksanakan tiga hari dimulai pada tanggal 15-17 November 2019, Workshop ini juga menghadiri Nara Sumber dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan dari Universitas Indonesia. (Diskominfo Kampar/Humas)