Usai Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Pj. Bupati Kampar Tanam Jagung Bersama Emak – emak Pulau Birandang.

Kampa – Masih menggunakan Kemeja Biru Langit, Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM didampingi Camat Kampa Dedi Herman melakukan Penanaman Jagung di Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa, Kamis (10/11/2022).

Pj. Bupati Kampar usai memimpin Upacara Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Tahun 2022, sekaligus Pelepasan Kontingen Kampar dalam mengikuti Porprov Riau ke-X di Kuansing Tahun 2022.

Dimana, Dr. H. Kamsol didampingi Kadis Ketahanan Pangan Kampar Cokro Aminoto telah ditunggu Kepala Desa Tomas Renoldo dan Ibu – ibu Para Petani guna Menanam Perdana Jagung Manis. Dengan menggunakan kayu atau tugal dan memasukkan benih kedalam tanah.

Usai Penanaman, Dr. H. Kamsol menyampaikan apresiasi atas semangat Para Emak – emak dalam berkebun. Bertani tidak mesti menunggu dengan Lahan yang Puluhan Hekter,  dalam menangani pangan keluarga sendiri bisa dilaksanakan di Pekarangan Rumah.

Dalam hal ini Pemda Kampar telah membuat program Ocu Mapan (Optimalisasi  Mandiri Pangan dan Energi). Nah disinilah kita mulai Menanam Sayuran, Ternak Ikan maupun Ayam. Insyaallah Ekonomi Bangkit “Ucap Kamsol”.

Sementara itu Tomas Renaldo usai Penanaman juga mejelaskan bahwa lahan yang ditanami jagung ini merupakan lahan milik Dt. Maharajo Persukuan Kampar yang ada di Kenegerian Kampa.

Untuk diketahui, Lahan ini terdapat lebih kurang 25 Hektar dan nantinya akan dikelolah Ibu – ibu atau Anak Kemanakan. Dalam lahan nantinya, akan ditanam Tanaman Pangan, Sayuran, sementara lahan yang lebih luas akan di Tanam Kebun Sawit “Terang Thomas”. (Diskominfo/Mzk)

Related posts

Anjangsana Prajurit Bima Sakti Ke Kp.Wambes

Tim Asnis Pusterad Tinjau Binter Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS Di Perbatasan Papua

Diskominfo dan Persandian Kampar Sosialisasikan Perbup E-Wartawan Nomor 44 Tahun 2022.