Satgas Yonif 132 /Bima Sakti pada Tugas Operasi Pamtas RI-PNG.

Skouw, Jaya Pura : Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Gerbang Paling Timur Indonesia, PLBN Skouw yang terletak di Distrik Muara Tami, Jayapura, Provinsi Papua merupakan salah satu wilayah tugas operasi bagi Satuan Tugas dari Batalyon Infanteri 132/Bima Sakti di Provinsi Papua sejak melaksanakan serahterima dengan Satuan Tugas sebelumnya pada tanggal 20 Oktober 2022. Satgas Yonif 132 /BS dalam melaksanakan tugas Pamtas RI – Papua New Guenea senantiasa melakukan tugas pengaman lintas batas yang cukup sibuk ini.

Dan pada hari ini, Senin (24/10/2022) Satgas Pamtas Yonif 132/BS telah melakukan pengamanan terhadap para pejabat negara PNG yang melakukan lintas batas dan berperan aktif dalam peresmian pembukaan PLBN Skouw Provinsi Papua pasca kurang lebih 2,5 tahun ditutup akibat pandemi Covid-19 yang menyerang bumi Indonesia.

Demikian dikatakan Komandan Satgas Pamtas RI – PNG Letkol Ahmad Fauzi yang diwakili oleh Mayor Inf Zulfikar Rakita Dewa, S.E., S.Hub.Int., M.I.Pol., M.H., M.M. selaku Wakil Komandan Satgas yang berperan serta sebagai PLBN “Head of Border Security” usai menerima dan melepas Pelintas Batas Wilayah RI ke PNG di Pos Lintas Batas Negara Kampung Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura pada hari Senin, 24/10.

Dikatakan oleh Wadansatgas secara terperinci bahwa Rombongan Deputy Governoor of Wewak Province of PNG menuju PLBN Skouw Netral Zone, bahwa setelah rombongan tiba di PLBN Skouw Netral Zone  dilanjutkan dengan kegiatan peresmian pembukaan pagar perbatasan Skouw RI-PNG secara simbolis.

“Pada hari ini Satgas Pamtas Yonif 132/BS melakukan tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan oleh negara dengan melaksanakan pengamanan dan monitoring perlintasan keluar dan masuk wilayah Indonesia yang terdiri dari Rombongan Deputy Governoor of Wewak Province Mr. Antony Wouwou serta 21 orang WNA asal PNG yang dipimpin oleh Mr. Roni Sitompul selaku Supervisor Imigrasi Wilker Skouw dan 2 orang WNI”, ungkap Mayor Inf Zulfikar.

Deputy Governoor of Wewak Province beserta rombongan melaksanakan kegiatan sesuai dengan prosedur lintas batas yaitu pemeriksaan kesehatan, barang bawaan serta dokumen oleh Tom Karantina Kesehatan, Bea Cukai serta Imigrasi Wilker Skouw.

“Kedatangan tamu negara pada momentum yang luar biasa ini bertepatan dengan berakhirnya acara Trade Expo Indonesia 2022 (TEI) di Jakarta”, tambahnya lagi.

Pada kesempatan tersebut hadir dari perwakilan Indonesia antara lain Alen Simarmata Konsulat RI di Vanimo, Susana Wanggai (Pjs. BPPKLN Provinsi Papua), Yan Z Numberi (Kepala Administrator PLBN Skouw), Amos Salossa (Asda III Walikota Jayapura), Matias Pawara (Kepala Perbatasan Kota Jayapura), Winter Borowalo (Supervisor Imigrasi Wilker Skouw), Woof Albert (Koordinator Perbatasan Bea dan Cukai Jayapura) dan Ashley Wayne (Kepala PLBN PNG).

“Alhamdulilah selama kegiatan perlintasan dan peresmian pembukaan pagar PLBN Skouw berjalan dengan aman dan lancar. Ke depannya, Satgas Pamtas Yonif 132/BS berkomitmen untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan oleh negara kesatuan republik Indonesia untuk mengamankan wilayah perbatasan serta akan berpartisipasi aktif membantu pemerintah daerah setempat dalam upaya mempererat hubungan diplomasi antara RI-PNG melalui program-program yang bermanfaat dan tepat sasaran dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan hidup dan perekonomian masyarakat di sekitar wilayah perbatasan” kata Zulfikar. (Diskominfo Kampar)

Related posts

Perpanjangan Seleksi Calon Komisaris Utama PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Berkah Dana Fadhlillah (Perseroda)

DIBUKA PENDAFTARAN PENERIMAAN TARUNA BARU STPN YOGYAKARTA
SELEKSI PEMERINTAH KABUPATEN KAMPAR TAHUN AKADEMIK 2024/2025

Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kampar