Pj Bupati Kampar Resmi Lantik Seniman Batobo Kampar.

Bangkinang Kota – Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol, MM, secara resmi melantik langsung Seniman Batobo Kampar di Lapangan Pelajar Bangkinang Kota, Rabu malam (19/10/2022). Pada kesempatan tersebut Pj Bupati Kampar melakukan pemotongan tumpeng menandai satu tahun Batobo Kampar.

Dalam pelantikan sekaligus Ulang Tahun pertama Seniman Batobo Kampar tersebut, hadir juga Staf Ahli Gubernur Riau Yurnalis Basri,.S.Sos,M.Si, Asisten III Setda Kampar Ir Azwan,M.Si, Kadis Pariwisata Zulia Dharma, Ketua Dewan Kesenian Kampar David Hendra serta Kepsek SMAN 1 Bangkinang Kota Hendra Yunal.

Dalam arahannyan, sebelum menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba menyanyi lagu daerah. Dr Kamsol menyampaikan apresasi dan terimakasih telah membentuk sebuah organisasi seniman. Kita tau, bahwa kampar sendiri banyak memiliki kesenian daerah terutama Calempong Oguong.

Untuk itu, dengan adanya pengurus ini semoga kesenian kampar terus terjaga dan berkembang. Dalam hal ini juga terkhusus dalam kesenian lagu daerah, semoga berkembamg ditingkat nasional.”ucap Kamsol”

Kemudian, Kamsol juga menyampaikan terkait rencana pemda kampar akan membiluat Perda terkait berbahasa Ocu sehari. akan tetapi sekarang kita belum menetapkan hari apa ini akan dilaksanakan.

Andai saja ini ditetapkan hari senin, maka di kantor dan disekolahpun dalam upacara seninpun akan dilaksanakan dengan berbahasa ocu. Dengan demikian, Kamsol juga minta kepada oengurus untuk selalu kompak agar kesenian yang ada dapat terjaga.”terang Kamsol”.

Sementara itu Ketua Seniman Batobo Kampar Alistiono dalam laporannya menyampaikan, bahwa dalam HUT pertama Kesenian Batobo ini telah menggelar lomba menyanyi lagu daerah dan nasional se- kabupaten kampar.

Kemudian untuk sementara, Seniman Batobo senidiri bergerak dibidang Seni Tarik Suara, Dunia Teater, Dunia Sosial. Dengan memiliki kesenian terkhusus seni tarik suara, Alistiono memgharapkan kedepan akan lahir generasi penyanyi yang mencintai lagu seni dan budaya daerahnya untuk dibawa ketingkat nasional.(diskominfo/Mzk).

Related posts

Seleksi Calon Komisaris Utama PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Berkah Dana Fadhlillah (Perseroda)

Perpanjangan Seleksi Calon Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kampar

Bersama Pj. Bupati Kampar Dan Imam Dari Mesir, Danyon 132/BS Ikuti Shalat Taraweh Berjamaah