Bersama Pj. Bupati Kampar, Deputi Kementerian Perekonomian Resmikan GNPIP Riau di Pulau Birandang.

Kampa –  Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM bersama Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Republik Indonesia Dr. Iskandar Simorangker, SE., MA, meresmikan Gerakan Nasional Pegendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Riau di Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa, Senin (12/09/2022).

Selain Deputi Iskandar, dilaksanakan juga Launching Gerakan BUMDes Se-Provinsi Riau Menanam Cabe yang juga di hadiri langsung Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewoni, Kepala BI Riau Muhammad Nuh, Anggota DPRD Komisi XI RI, Gubernur Riau Drs. Syamsuar, M.Si bersama Istri Hj. Misnarni.

Pj. Bupati Kampar pada kesempatan tersebut, menyampaikan apresiasi kepada Deputi dan Gubernur Riau yang telah menetapkan Kampar tepatnya Pulau Birandang sebagai lokasi peresmian Gerakan Nasional Pegendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Riau.

Dimana launching Gerakan BUMDes Se- Provinsi Riau Menanam Cabe tersebut, merupakan dalam rangka mewujudkan Kecukupan Ketahanan Pangan bagi Warga Desa dan Pencapaian Kemandirian Pangan di Desa.

Semoga dengan melalui GNPIP ini, nantinya Riau khususnya Kabupaten Kampar bisa mengendalikan Penurunan Inflasi Pangan. Untuk itu, perlu ketergantungan Kolaborasi Seluruh Daerah dalam program yang dilaksanakan setiap Daerah.

Sementara itu Deputi Perekonomian Iskandar Simorangker juga menyampaikan bahwa Pentingnya Kehadiran GNPIP ini, ini sangat penting dilakukan sebagai Gerakan Nasional menangani Inflasi di Indonesia “Ucap Iskandar”.

Untuk dikatahui, bahwa GNPIP sendiri merupakan strategi flagship dengan tujuan menggaungkan langkah – langkah pengendalian supply secara lebih Integratif, Masif, dan berdampak Nasional dalam Pengendalian Harga Komoditas Pangan.

Kami yakin dan optimistis Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), bakal menjadi lokomotif untuk mengerakkan roda Perekonomian Perdesaan. Bukan tidak mungkin, jika di masa depan Perekonomian Nasional bertumpu pada Prukades dan BUMDes.

Dimana Saat ini jumlah BUMDes di Seluruh Indoensia mencapai 18.446, dengan target dalam tujuh tahun kedepan akan terbentuk sebanyak 75.000 BUMDes di Seluruh Indonesia.

Sementara Gubernur Riau sendiri, menjelaskan bahwa terdapat empat aksi yang akan dilakukan GNPIP, di antaranya deklarasi komitmen bersama Pelaksanaan Operasi Pasar secara serentak untuk Stabilisasi Harga Komoditas Pangan.

Kemudian perluasan dan penguatan kesepakatan kerja sama Perdagangan antar Daerah, demi kelangsungan pasokan dan mengurangi Disparitas Harga antar Daerah, Gerakan Urban Farming Merdeka 77K berupa pemberian 77.000 Bibit Cabe, serta Program Sosial BI berupa Sarana dan Prasarana (Sapras) Pendukung Pertanian.(Diskominfo/Mzk)

Related posts

Seleksi Calon Komisaris Utama PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Berkah Dana Fadhlillah (Perseroda)

Perpanjangan Seleksi Calon Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kampar

Bersama Pj. Bupati Kampar Dan Imam Dari Mesir, Danyon 132/BS Ikuti Shalat Taraweh Berjamaah