Tingkatkan Pelayanan Optimal, Kepala Bappeda Ajak OPD Terus BerInovasi.

Bangkinang : Bupati Kampar melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar Ir. Azwan, M.Si, mengajak seluruh  Perangkat Daerah  dilingkup Pemerintah Kabupaten Kampar  untuk terus melakukan  dan meningkatkan  inovasi. Inovasi ini sangat  diperlukan untuk  mendukung peningkatan kinerja Pemerintah dan Pelayanan  Publik secara optimal dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. Azwan, M.Si saat membuka rapat pembahasan draf kemajuan penyusunan inovasi  daerah di aula Bappeda Kabupaten Kampar, Rabu (17/11/20). “Dalam upaya meningkatkan pelayanan dan   kesejahteraan masyarakat, kita perlu terus memaju kreativitas  dengan melakukan inovasi,” ujarnya.

Rapat penyusunan inovasi daerah ini dihadiri seluruh OPD  dilingkup Pemerintah Kabupaten Kampar, Tim Ahli LPPM  Universitas Riau, kecamatan dan pihak terkait lainnya. Tim ahli LPPM Unri yang hadir  diantaranya, Hendro Ekwarso, Any W, Sukemi Indra dan Dodi Syofyan Arief.

Disampaikan Azwan bahwa  melakukan  inovasi ini  merupakan amanah dari peraturan dan  perundang-undangan  seperti yang  diatur  dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun  2017 tentang Inovasi Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 104 Tahun  2018 tentang penilaian dan pemberian  penghargaan dan/atau  insentif  inovasi  daerah, dan Peraturan Bupati Kampar  Nomor 33 tahun 2021  tentang Inovasi  Daerah.

Menurut Azwan, OPD bisa saja membuat inovasi  dalam bentuk  inovasi tata kelola pemerintahan daerah,  inovasi pelayana publik atau inovasi lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Dijelaskan Azwan bahwa  jika dilihat peringkat inovasi  daerah  Kabupaten Kampar  ditingkat Nasional, saat ini  berada di posisi 254 dari 525 Kabupaten/Kota  di seluruh Indonesi yang mengikuti penilaian Inovasi daerah. “Kita berada pada level menengah, kita harapkan kedepan peringkat kita meningkat,” harapnya.

Namun demikain menurut Azwan, melakukan inovasi ini   tidak hanya sekedar untuk meningkatkan peringkat Kabupaten Kampar secara nasional,  tapi  lebih kepada untuk   efisiensi,  efektifitas dan peningkatan  pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Bappeda selaku  perencana siap mendukung dan memberi ruang kepada  OPD untuk melakukan inovasi. “Mari kita ciptakan inovasi untuk  membangun daerah dan meningkatkan kesejahtaraan masyarakat,” ajaknya.

Sementara itu Tim ahli dari LPPM Unri  menyampaikan materi tentang Penyusunan Roadmap Inovasi  Daerah Kabupaten Kampar, dan Bentuk Inovasi Daerah Kabupaten Kampar. Penyusunan  Roadmap Inovasi Daerah Kabupaten Kampar ini tentunya juga  harus  selaras dengan isu-isu strategis  dan Visi Misi Kabupaten Kampar.

Dalam  pertemuan tersebut  masing-masing OPD juga menyampaikan masukan dan saran terkait   inovasi  yang mereka lakukan. Semua  masukan  yang disampaikan OPD menjadi masukan oleh tim ahli dalam penyusanan inovasi daerah Kabupaten Kampar. (Diskominfo Kampar /Bappeda)

Related posts

Seleksi Calon Komisaris Utama PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Berkah Dana Fadhlillah (Perseroda)

Perpanjangan Seleksi Calon Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kampar

Bersama Pj. Bupati Kampar Dan Imam Dari Mesir, Danyon 132/BS Ikuti Shalat Taraweh Berjamaah