Cegah Stunting, TPID Kampar Gelar Pelatihan Peningkatan SDM KPM

Tapung – Tim Program Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Kampar, menggelar pelatihan Inovasi Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kepada Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan perangkat Desa Se-Kecamaatn Tapung di aula Kantor Camat Tapung, kamis (12/9).

Dimana pelatihan yang dibuka oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridarmawan, S.STP M.Si selaku Ketua Tim Inovasi Desa yang diwakili oleh Kabid PMD Kabupaten Kampar Elly Yudia.

Adapun pelatihan yang dilaksanakam selama satu hari tersebut diikuti oleh 25 Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Tapung, dimana setiap desa tediri dari dua orang setiap desa yabg terdiri dari Sekretaris Desa dan Kader Pembangunan Manusia (KPM).

Elly Yudia dalam sambutannya menyapaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk peningkatan kapasitas KPM sebagai pemegang program pencegahan stunting di desa.

KPM harus mermahami pentingnya pemahaman mengenai upaya pencegahan stunting dan sekaligus memberi pemahaman tentang gejala-gejala, ciri-ciri dan cara-cara pencehan dan penanganan stunting.

Sementara itu Sekretaris Camat Tapung Suprapto,SE dalam sambutannya menuturkan, bahwa, didalam pola kerja KPM terkait penanganan stunting tidak bisa bekerja sendiri, namun juga harus bekerja sama dengan kader posyandu, PAUD serta masyarakat.

Suprapto menegaskan agar KPM dalam penanganan stunting setiap tahunnya harus memberikan laporan kepada desa, Puskesmas, kecamatan hingga Pemkab Melawi instansi terkait, sehingga mengetahui pekembangan penanganan stunting, kemudian upaya pencegahan.

Dengan demikian melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan peran dan kapasitas perangkat desa, KPM dan TPID sebagai pelaku Program Inovasi Desa.

Seperti biasa pada pelatihan tersebut hadir Afifudin, ST Tenaga Ahli Madya P3MD Provinsi mewakili Dinas PMD Provinsi Riau, Tenaga Ahli Pelayanan Sosial dan Sherly Arianty Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna.(diskominfo mzk).

Related posts

Perpanjangan Seleksi Calon Komisaris Utama PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Berkah Dana Fadhlillah (Perseroda)

DIBUKA PENDAFTARAN PENERIMAAN TARUNA BARU STPN YOGYAKARTA
SELEKSI PEMERINTAH KABUPATEN KAMPAR TAHUN AKADEMIK 2024/2025

Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kampar