Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Hadiri Workshop Robotika dan Artificial Intelligensi, Sekda Kampar :  Wajib Tingkatan SDM, Mau Tak Mau Kita Harus Ikuti Perkembangan Dan Kemajuan Tekhnologi
BERITA NASIONAL Pemda Peristiwa

Hadiri Workshop Robotika dan Artificial Intelligensi, Sekda Kampar :  Wajib Tingkatan SDM, Mau Tak Mau Kita Harus Ikuti Perkembangan Dan Kemajuan Tekhnologi

Cibinong, Bogor : Kita tidak dapat menolak kemajuan Tekhnologi namun dengan beriringan kita juga melakukan pengembangan SDM manusia, terus di upgrade sehingga tidak tertinggal, kemajuan ini akan memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia.

Untuk kampar sendiri banyak terobosan yang harus kita buat, tidak lagi kita monoton, Tekhnologi memang jadi kebutuhan dan tuntutan dalam perkembangan Tekhnologi, dan memudahkan dalam mendukung kehidupan, Kampar didukung oleh infrastruktur, Lembaga pendidikan yang banyak, lokasi yang sangat strategis tinggal Bagaiman kita pengelola dan pengambil peluang ini.

Demikian dikatakan Pj.Bupati Kampar Dr.H.Kamsol.MM yang Diwakili Sekda Kabupaten Kampar Drs.H.Yusri .M.Si Menghari Acara Workshop Robotika dan Artificial Intelligensi Untuk Pendidikan Di Cibinong Bogor, Sabtu 29 Oktober 2022.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala OR.IPSH BRIN Prof. Dr. Ahmad Najib Burhani, Kepala Pusat Riset Pendidikan BRIN Dr.Trisna Fizzanty, Direktur Artificial Intelligence Center Indonesia Dr. Baiq Hana Susanti, dari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Kabupaten Kampar hadir DR Ramadhan Witarsa M. Pd, DR Nurmalina M.PD, DR masrul M.Pd.

Sekda Kampar mnyampaikan dengan berbasis Tekhnologi banyak hal-hal Yang dapat kita temui hal tidak lazim dikerjakan manusia dan kita jumpai hari ini sudah lazim karena perkembangan Tekhnologi.

Wajib Tingkatan bagi kita untuk meningkatkan SDM, Mau Tak Mau Kita Harus Ikuti Perkembangan Dan Kemajuan Tekhnologi, jika tidak maka kita siap – siap tergilas zaman” Kata Yusri.

Banyak hal-hal kecerdasan yang di kembangkan dan di temukan, untuk ini kegiatan inovasi dan kreativitas oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terhadap inovasi – inovasi Daerah oleh sebeb itu kerjasama dengan Pemerintah Daerah sangat penting terhadap peningkatan – peningkatan Inovasi dari segala sisi termasuk pendidikan pertanian, banyak hal yang mesti kita kerjasamakan” Kata Yusri.

Dikatakan Yusri Kita juga sudah punya Badan Riset dan Inovasi Daerah, jika ini telah kita lakukan kerjasama tentu memudahkan kita melaksanakan aktifitas, Kalaborasi, Payung hukumnya untuk kita melakukan inovasi bersama, kaloborasi bersama BRIN” Tambahnya lagi.

Dan untuk BRIN Sendiri pada Seksi BRIDA bertugas khusus dalam menjalin dan bekerjasama dengan ilmuwan seperti Lembaga Pengembangan Atom Nasional (LAPAN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Penelaitan dan Pengembangan Tekhnologi (BPPT), Lembaga Penelitian dan pengembangan (LITBANG) dan pusat penelitian dan pengembangan lainnya.

Dengan kerja sama dengan BRIN ini memudahkan terhadap inovasi – inovasi yang kita lakukan dapat kita formulasikan bentuknya.

Terkait dengan pendidikan Yusri menyatakan ini sangat dapat membantu dalam bentuk materi ajar, kurikulum, membentuk karakter anak, dan masih banyak yang harus di kembangkan pada dunia pendidikan ” Harap Yusri.

Apalagi Kampar juga memiliki beberapa kampus dan universitas, kita dulu melihat Malang bukan apa-apanya, tapi ketika kampus banyak berdiri Malang saat dikenal dengan kota pendidikan, begitu juga jati Nangor dulu tidak dikenal namun saat ini perguruan tinggi yang bagus berada disana.” Terang Yusri

Hal yang tidak kita sadari bahwa pendidikan yang duku tidak mengenal Zoom Meeting, sekarang malah kita mengikuti kemajuan Tekhnologi dan perkembangan zaman ” Tambahnya lagi.

Jadi dengan pendidikan ini selain menciptakan SDM yang mantab juga meningkatkan Tarap hidup yang bagus bagi penduduk , karena Kampar juga saat telah memiliki infrastruktur yang cukup baik, apalagi dengan telah dibangunnya jalan tol Pekanbaru – Bangkinang yang dapat di tempuh dalam waktu singkat” Kata Yusri lagi.

Ini sangat mendukung percepatan perkembangan pendidikan di Kabupaten Kampar begitu juga pertanian perikanan dan perkebunan ” Tambahnya lagi.

Tinggal bagaimana kita dapat meningkatkan nilai tambah (value added), karena itu perlu kita kerjasama dengan BRIN dalam menjadikan produk kita yang lebih memiliki nilai tambah pada berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Kampar” Pinta Yusri.

Dengan kerja sama ini ada peningkatan produksi pertanian yang signifikan, begitu juga terkait pendidikan berupa materi ajar, kurikulum, dengan kerjasama dengan BRIN ini semua dapat kita lebih sempurnakan melalui BRIN dan BRIDA.

Kerjasama ini memberikan manfaat bagi seluruh lini kehidupan dan akan kita kaji dan teliti dalam mendongkrak terhadap hasil apa yang akan kita lakukan, minimal kita sudah mengetahui langkah dan solusi terhadap Permaslahan yang dihadapi” Kata Yusri Lagi.

Pemkab Kampar sudah memiliki jaringan kerjasama dengan BRIN dan BRIDA, tinggal peningkatan efektifitas pelaksnaan kerjasama yang harus kita lakukan kedepan.

Pada kesempatan tersebut ditampilkan Robot yang dapat memberikan edukasi dan melakukan gerakan-gerakan seperti manusia bahkan beberapa pekerjaan saat ini telah dalkukan oleh robot, tentunya ini menjadi tantangan bagi kita semua dalam menyikapi era revolusi 4.O.” Tambah Yusri lagi.

Sementara itu Kepala Orgmsiasi Riset Ilmu Pengetahuan Humaniora (OR IPSH) BRIN Prof. Dr. Ahmad Najib Burhani menyatakan selaku pelaksana yang dilakukan dari dunia pendidikan pada acara expo dan penguasaan digital, telah merencanakan jauh jauh hari satu setengah bulan yang lalu.

Kita punya harapan yang besar dari BRIN dan Pemerintah Kabupaten Kampar kepada BRIDA terhadap penelitian dan pengembangan pada berbagai sisi, terhadap pendidikan tentunya kita berharap BRIDA tahun 2023 telah dapat melakukan Lounching program Sekolah dan Madrasah Bebasis Riset dan Tekhnologi (Sembari), target kita ada 6 Provinsi di Indonesia, dan Kampar merupakan yang pertama ” Kata Kepala OR.IPSH BRIN Prof. Dr. Ahmad Najib Burhani.

OR IPSH BRIN dengan memiliki peneliti dan periset yang cukup banyak siap untuk membantu dan bekerjasama dalam memajukan dunia pendidikan, karena ini merupakan hal yang sangat vital, kemajuan SDM ini kita yakin semua dapat lakukan perubahan begitu juga sebaliknya jika lemah maka ya akan seperti itu itu saja.

Ini adalah langkah yang tepat, kehadiran Pemkab Kampar yang diawali kehadiran Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM dan sekarang Sekda ini dapat memberikan perubahan dan kemajuan bagi pendidikan Kampar ” Kata Kepala OR.IPSH BRIN Prof. Dr. Ahmad Najib Burhani. (Diskominfo Kampar)

Related posts

Azis Zaenal ; Cari Pengelolah Yang Mengerti dan Mau Bekerja

Supardi

Sudah Dianggarkan Sampai Selesai, Bupati Catur Tinjau Pembangunan Gedung PWI Kampar.

Supardi

Anak-Anak Desa Binamang Belajar Bahasa Jepang

Supardi

Plh Bupati Kampar, Jadikan Sebagai Ajang Promosi Daerah.

Supardi

Empat Orang Pejabat Eselon III Ikut Uji Kompetensi Guna isi JTP Kadis Kesehatan.

Supardi

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning 2021, Bupati Kampar Himbau Ciptakan Kondisi Aman dan tidak Bepergian.

Supardi