Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Cegah Stunting, TPPS Kampar Gelar Konvergensi Stunting dan Bakti Sosial.
BERITA KECAMATAN Kesehatan Lingkungan Pemda Peristiwa XIII Koto Kampar

Cegah Stunting, TPPS Kampar Gelar Konvergensi Stunting dan Bakti Sosial.

XIII Koto Kampar – Pencegahan stunting menjadi prioritas nasional yang juga harus menjadi prioritas dari setiap tingkat pemerintahan, dalam penyusunan rencana dan anggaran pembangunan nasional maupun daerah.

Dengan demikian, bersempena Hari Kesehatan Nasional (HAN) tahun 2022. Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kampar melakukan Konvergensi Stunting dan Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan tahun 2020.

Dengan menyerahkan berbagai bantuan dari pemda kampar, Pj Bupati Dr. H. Kamsol, MM yang diwakili Sekda Kampar Drs Yusri,M.Si membuka secara resmi kegiatan tersebut yang dipusatkan di Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar, Kamis (27/10/2022).

Sebelum memberikan arahan, Drs Yusri terlebih dahulu menyerahkan berbagai bantuan dari pemerintah melalui dinas terkait PT. Pertamina Hulu Rokan berupa PMT ibu hamil dan balita, serah terima bedah rumah, bantuan sambungan air bersih kerumah, BLT Dana Desa tahap III, Bantuan telur, serta bantuan makanan berbahan ikan.

Dalam arahannya, Drs Yusri menyampaikan bahwa sejauh ini Pemkab Kampar melalui TPPS Kampar telah melakukan berbagai upaya yang efektif dengan intervensi gizi melalui Program/kegiatan Nasional, daerah, dan desa sebagai penyedia layanan intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif, dengan sasaran utama rumah tangga 1.000 Hari Pertama Kelahiran (HPK) yang dimulai dari ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia 0-23 bulan).

Terkait stunting, Pemkab Kampar akan terus berkomitmen dalam pencegahan yang menitik beratkan pada penanganan penyebab masalah gizi, yaitu faktor yang berhubungan dengan ketahanan pangan khususnya akses terhadap pangan bergizi (makanan).

Kami berharap, beberapa kegiatan tersebut nantinya dapat mempengaruhi asupan gizi, status kesehatan serta mampu mengurangi faktor resiko penyebab Stunting terhadap keluarga beresiko.

Dimana hal ini searah dengan tujuan pembangunan Desa dalam peningkatan kualitas hidup manusia, kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan. Untuk itu, diperlukan partisipasi masyarakat dalam ditingkatkan, memastikan konsumsi asupan gizi, serta keterjangkauan layanan.

Selaku ketua TPPS Kampar, Yusri juga berharap, beberapa kegiatan tersebut dapat mempengaruhi asupan gizi, status kesehatan serta mampu mengurangi factor resiko penyebab Stunting terhadap keluarga beresiko.

Terakhir,  Yusri menegaskan bahwa anak-anak bangsa adalah bagian dari masa kini dan masa depan. Untuk itu mari kita rawat, kawan dan jaga mereka, agar mereka kelak bisa merawat bangsa ini.

Sementara itu Kadis kesehatan kampar Zulhendra Das’at dalam laporannya menyampaikan, bahwa saat ini ada lima strategi nasional dalam pencegahan stunting yang dilakukan pemerintah.

Dimana hal ini meliputi, komitmen dari Kementerian sampai ke desa, peningkatan komunikasi perubahan prilaku, peningkatan konveregensi interverensi spesifik dan sensitif, serta penguatan dan pengbangan sistem.

Kemudian juga diikuti delapan koveregensi dengan melalukan identifikasi sebaran stunting, menyuarakan rencana kegiatan, menyelenggarakan rembuk stunting, memberikan kepastian hukum kepada Desa untuk menjankan program, memastikan ketersediaan kader yang membantu, meningkatkan sistem pengolahan data, melakukan pengukuran pertumbuhan balita, serta melakukan review pengolahan data.

Selain Sekda Kampar, hadir juga langaung pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Prov Riau Dra Mardalena Wati Yulia, M.Si, Kemenag Ahmad Fuadi, Kadis Sosial Drs Muhammad,M.Si, Kadis PMD Lukmansyah Badoe, Kepala PPKBP3A Drs. H. Edi Afrizal, Camat XIII Koto Kampar Zulfikar.

Usai kegiatan Sekda Kampar dan rombongan melakukan peninjauan kelokasi pelayanan kesehatan, sunatan massal. (Diskominfo/Mzk).

Related posts

Paparkan Program Pemkab Wabup Minta KBKK Batam Berikan Dukungan

Supardi

Pj Bupati Kampar Launching RTMP, Rumah KerLip Beriman Koto Tuo, Kamsol Himbau Seluruh Elemen harus Terlibat dan Berkontribusi Bangkitkan Potensi Desa.

Supardi

1.926 Pelaku Usaha di Kampar Belum Cairkan BPUM Propinsi Riau, Hendry Dunan Minta Camat dan Kepala Desa Proaktif Hubungi Penerima.

Supardi

Pengumuman Kerjasama Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kabupaten Kampar 2020.

Supardi

PC IM Muhammadiyah Kampar Periode 2021 – 2022 Resmi Dilantik.

Supardi

Satgas PSBM Covid-19 Desa Pandau Jaya Sosialisasi dan Memonitor Pelaksanaan Pesta Pernikahan Warga.

Supardi