Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Ikatan Alumni ITB Riau Siap Mengawal Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Dimulai Dari Kampar Kiri Hulu.
Bangkinang Bangkinang Kota BERITA Ekonomi Lingkungan Peristiwa

Ikatan Alumni ITB Riau Siap Mengawal Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Dimulai Dari Kampar Kiri Hulu.

Bangkinang Kota : Dalam rangka penghapusan Kemiskinan ekstrem dikabupaten Kampar Pj Bupati Kampar terus melakukan terobosan dan kerjasama dengan berbagai pihak, Kali ini mendapat dukungan dari Ikatan Alumni Institut Tekhonolgy Bandung (IA ITB) Riau Dalam menghapus kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Kampar.

Dalam pertemuan IA ITB Riau dengan Pj Bupati Kampar Ahad malam, 23/10 menyatakan penduduk dengan kemiskinan ektrem  lebih kurang sebanyak 14 ribu  jiwa yang terdapat di Kampar Kiri Hulu dan Kecamatan Tapung.

Sementara 14 desa lainnya berada di daerah yang sulit dijangkau. Dalam pertemuan sebelumnya dengan Dinas PUPR Provinsi masih butuh Rp 500 M untuk menuntaskan jalan dari Batu Sasak ke Payakumbuh” Kata Kamsol.

Provinsi menganggarkan Rp 5 M, Rencanamya untuk menuntaskan jalan alternatif ke Batu Tilam pada Agustus 2023 ini.

Pembangunan infrastruktur terutama pendidikan dan kesehatan  di 9 desa terkendala karena kebijakan  nasional terkait kawasan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling” Kata Kamsol.

Dikatakan Kamsol program ini mendukung dan merujuk kepada Inpres no 4 tahun 2022 yang  menunjukkan komitmen presiden jokowi untuk menghapus kemiskinan ekstrem menjadi nol pada tahun 2024 serta Perpres No 120 th 2022 tentang percepatan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, gedung sekolah, turap, bendungan, irigasi, auditorium,  pariwisata, dan pondok pesantren

Kami menginstruksikan dan menugaskan kadis PUPR untuk melengkapi proposal batu tilam dengan usulan jalan jembatan ke desa-desa wisata lainnya seperti pangkalan kapas, Tanjung Permai , Lubuk Bigau , Muara Selaya, Dua Sepakat hingga ke Desa  Ludai , Balung, dan Desa yang berada di Kecamatan Tapung”  Ujar Kamsol.

Disini juga dibahas rencana untuk mengaktifkan Masterplan lama, jadikan gedung Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) menjadi sasana budaya lengkap dengan auditoriumnya.

Selain itu Pembangunan Islamic Center menjadi pusat Tahfizh Akademi internasional dan pusat Sumber Belajar Islami yang inklusif dan ramah anak. Sedangkan Perluasan istana  kampa dan pengembangan Danau Rusa masuk dalam prioritas yang akan dikerjasamakan dengan Ikatan Alumni ITB dalam MoU tersebut” Tambah Kamsol lagi.

Pj bupati kampar juga menyebutkan program bapak angkat anak stunting dan penanganan anak tidak sekolah menjadi prioritas bersama seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait” Tutup Kamsol.

Pertemuan tersebut dihadiri kabag Kerjasama Zaki Rahman, Kabid Pemasaran Pariwisata David Hendra , Tim Asistensi Pj Bupati Kampar Yanti Kerlip, dan ketua IA ITB Pengda Riau, Mimi Lutmila.

Mimi Lutmila menyatakan bahwa pertemuan ini sangat penting dalam mendukung Program pemerintah Kabupaten Kampar, salah satu tugas berat kita adalah menghapus kemiskinan Ekstrem yang diawali dengan membahas persiapan penandatangan MoU pj bupati dengan IA ITB yang di rencanakan pada tanggal 25 Oktober 2022 malam di balai Bupati Kampar ” Kata Mimi Lutmila.

Kita akan mengundang seluruh OPD di lingkup Pemkab Kampar, seluruh forkompinda Kampar, DPRD Kampar dan seluruh Alumni ITB Riau serta tokoh Masyarakat” Terang Mimi Lutmila.

Kita bagaimana membuka jalan  untuk mewujudkan impian PJ bupati Kampar membangun ekosistem pembangunan berkeadilan agar desa tanpa miskin, tanpa lapar, tanpa pekerja anak, tanpa stunting, tanpa pernikahan usia anak,tanpa kekerasa  bisa dicapai pada 2024 dan semua target SDG’s Desa lainnya tercapai 2030 ” Tutup Mimi Lutmila lagi. (Diskominfo Kampar)

Related posts

Kecamatan Bangkinang Kota Paparkan Musrenbangcam Prioritas Tahun 2021

Supardi

Sabaril Nopri resmi nahkodai Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau Yogyakarta Komisariat Kampar

harkur admin

Tinjau Pelaksanaan Vaksin, Sekda Kampar : Hari Ini Sudah di Mulai Vaksin Booster Kedua bagi Tenaga Kesehatan.

Supardi

Presiden: Waspadai Peningkatan Rivalitas Antarideologi

Supardi

PPRG Perencanaan Yang Disusun Dengan Mempertimbangkan Empat Aspek

Supardi

Waspada Omicron, Covid-19 Mulai Melonjak Posko-Posko Aktifkan Kembali.

Supardi