Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Antisipasi Banjir di Kota Bangkinang, Pemkab Kampar Normalisasikan Sungai Tarap
Bangkinang Bangkinang Kota BERITA KECAMATAN Lingkungan Pemda Peristiwa

Antisipasi Banjir di Kota Bangkinang, Pemkab Kampar Normalisasikan Sungai Tarap

Bangkinang Kota – Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas PUPR Kampar telah menurunkan alat berat untuk melakukan pembersihan sekaligus menormalisasikan sungai tarap yang berada di Desa Kumantan Kecamatan Bangkinang kota.

Demikian dikatakan Pj Bupati Kampar yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kampar Drs. H. Yusri,M.Si di dampingi oleh Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kampar Yuricho Efril, S.STP, Sekretaris PUPR Kampar Rusdi Hanif, ST.MT, Kabid Cipta Karya PUPR Ir. ERIZAL, Kepala Desa Kumantan Masri Dali, S.Sos, Kadus III Abbas, dan masyarakat Kumantan Hasbi saat meninjau pembersihan sungai tarap yang berada di Desa Kumantan Kecamatan Bangkinang Kota, Selasa (27/09/2022).

Di katakan Yusri, hal ini sesuai dengan janji Bapak Penjabat Bupati Kampar, di harapkan tidak ada lagi banjir di Kota Bangkinang, untuk itu hari ini kita melakukan pelebaran, perbaikan dan melakukan normalisasi kembali sungai tarap yang mana saluran airnya bersumber dari Kota Bangkinang sehingga apabila terjadi hujan, air di dalam kota akan cepat surut atau hilang.

Yusri juga sampaikan, lebih kurang 1 km panjang sungai tarap yang akan di normalisasikan kembali dan tahun depan mungkin akan kita turap semua, supaya nantinya tidak ada lagi tanah yang tergerus ke permukaan sungai karena dorongan air.

Hal ini kita lakukan untuk antisipasi tiga bulan ke depan yaitu bulan Oktober, November dan Desember, kita harapkan dengan saluran airnya lancar dan pembuangan air yang sudah kita perbaiki ini tidak terjadi lagi banjir di Kota Bangkinang, Insya allah tahun depan akan ada satu sedotan air yang akan kita perbuat.”Ungkap Yusri.

Selanjutnya berkaitan dengan pembuangan air di daerah SMP 1 Bangkinang ke atas sampai ke Polres yang mana pencabangan airnya tidak pas, maka kami telah berkomunikasi dengan PUPR Kampar supaya pencabangan airnya dibagi dengan baik sehingga tidak teejadi lagi endapan air di tengah Kota.

Kemudia Sekda Kampar menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, karena kebanyakan sampah yang di buang saat ini sampah rumah tangga seperti pempes dan sejeninsnya yang tidak bisa terurai, sehingga selokan yang ada bisa tertutup oleh sampah tersebut.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat agar membuang sampai di TPA yang telah di sediakan di tengah Kota, mari kita jaga dan peduli terhadap selokan dan sungai yang sudah kita perbaiki. Mudah-mudahan Kota bangkinang senantiasa jauh dari banjir dan selalu kering. ” Harap Yusri (Diskominfo Kampar).

Related posts

Bupati Kampar Sambut Silaturahmi Ughang Sumondo Danrem 031 Wira Bima.

Supardi

Kembali Bupati Kampar Serahkan Beras PPKM Untuk Kecamatan Tapung.

Supardi

Vaksinasi Telah  Mencapai 54 persen, Bupati Kampar Berikan Apresiasi Tim Satgas Covid-19 dan Masyarakat.

Supardi

Ikuti Rakernas XIV Apkasi, PJ. Bupati Kampar Brharap Pemerintah Pusat Agar Dorong Kemajuan Produk Lokal

Supardi

Ciptakan Konten Kreatif Dirjen IKP gelar Pelatihan di Jambi

Supardi

Gesa Kesiapan Pelaksanaan MTQ, Bupati Kampar Tinjau Lokasi

Supardi