Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Panen Perdana 30 Ton Umbi Porang di Desa Kijang Rejo,  Pj Bupati Kampar  : Miliki Peluang sangat Bagus Tingkatkan Ekonomi Petani.
BERITA Ekonomi Lingkungan Pemda Pertanian Tapung

Panen Perdana 30 Ton Umbi Porang di Desa Kijang Rejo,  Pj Bupati Kampar  : Miliki Peluang sangat Bagus Tingkatkan Ekonomi Petani.

Tapung – Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol  MM bersama Ketua KTNA Provinsi Riau Drs. H. Yusri, M.Si melakukan Perdana Perdana sebanyak 30 Ton Umbi Porang sekaligus pelepasan perdana umbi porang komoditas pangan riau unggul ke PT. Mitra Porang Nusantara (MPN) di Desa Kijang Rejo Kecamatan Tapung, Senin (22/08/2022).

Dalam kegiatan ini di juga di hadiri oleh Kepala Dinas Pertanin, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kampar, Nur Ilahi Ali, Kepala Dinas Perhubungan Kampar, M.Amin Filda Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kampar, Yuricho Efril, S.STP. CEO PT. MPN Deni Welianto, Ketua DPC P3N Kampar Erman, serta Ketua KTNA Kecamatan yang ada di Kampar serta para petani Porang.

Pj Bupati Kampar saat itu menyampaikan bahwa, hari ini kita telah melakukan panen perdana seluas 3 Hektar, dengan hasil yang kita panen saat ini sebanyak 30 ton umbi porang dengan luas tanam 1 Hektar, selanjutnya akan kita panen lagi sekitar 2 ton lagi.

Disampaikan Kamsol, Porang merupakan tanaman yang berjenis umbi-umbian dapat dikonsumsi dan aman untuk manusia, tanaman porang memiliki keunggulan yang pada sifatnya yang toleran terhadap naungan sehingga memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan industri dan lahan perkebunan, manfaat porang untuk bahan baku industri, bahan dasar obat-obatan, cemilan sehat, pembersih air, lem alami, bahan baku pengental es cream dan membantu mengurangi kadar kolesterol.

Kamsol juga menambahkan, Penanaman umbi porang Ini merupakan peluang baru dalam sektor pertanian, hal ini sangat memungkinkan untuk kita kembangkan untuk meningkatkan hasil pangan kita kedepannya.

Disampaikan Kamsol, sesuai dengan laporan yang di terima dari Pihak PT. MPN bahwa Saat ini baru sekitar 15 % di Riau untuk memenuhi Suplay kebutuhan pabrik yang ada, hal ini menunjukkan bahwa Masih banyak peluang bagi masyarakat kita untuk menanam umbi porang ini.

Kemudian Kamsol katakan, bahwa umbi porang ini merupakan potensi ekonomi yang cukup baik, oleh karena itu Pemerintah dan masyarakat bisa untuk memanfaatkan lahan-lahan yang ada, seperti lahan hutan adat, hutan sosial dan walaupun hutan lindung yang akan kita coba untuk mengurus izinnya. Karena Kita ada di 23 Desa wilayah hutan lindung suaka margasatwa.

Jika kita lihat dari penanaman umbi porang ini, tidak merusak lingkungan sekitarnya, hal ini sangat berdampak untuk bagaimana memutar roda ekonomi masyarakat daerah itu sendiri.” Ungkap Kamsol.

Terkakhir Dr. Kamsol berharap agar  kemitraan kita dengan PT. MPN bisa berjalan dengan baik, saling bersinergi kepada kita semua sehingga ini bisa bertahan dan bisa untuk dalam jangka waktu yang panjang.

Sementara itu, Ketua KTNA Provinsi Riau Drs. H. Yusri M.Si menyampaikan bahwa, kami sangat mendukung dan kami siap untuk bermitra dengan PT. MPN dan juga sudah meninjau PT. MPN, ini merupakan suatu penghasil ekonomi yang baik yang nantinya akan dapat mengembangkan usaha para petani kita nantinya.

Selanjutnya Yusri juga sampaikan, dalam kunjungannya di Perawang Kabupaten Pelalawan dalam peninjauan dan sosialisasi pabrik mitra porang bersama Wakil Gubernur Riau bahwa kita tidak boleh sepakat dengan Gubernur Riau agar  ini menerima umbi porang dari Luar Provinsi Riau, Mari kita manfaat produk dari dalam daerah kita sendiri.

Kemudian CEO PT. MPN, Deni Welianto menyampaikan bahwa, Saat ini kita sudah mengekspor umbi porang sekitar 18 Ton Pertahun, untuk Kabupaten Kampar sendiri kita sudah tanami umbi porang sekitar  130 Hektar dan hari ini kita sudah panen perdana sebnayak 30 ton denhan luas tanam 1 Hektar.

Kami sangat butuh dukungan dan support dari pemerintah daerah dalam mengembangkan pangan ini dalam bentuk penanaman umbi porang di Kampar,, mudah mudahan apa yang kita cita citakan dapat kita wujudkan sesuai dengan kesepakatan yang telah kita perbuat.” Harap Deni Welianto.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan sertifikat registrasi Kebun Porang kepada Khairuddin, Tony Sinuhaji dan Isrohmad kemudian dilakukan Mou anatar Ketua KTNA Provinsi Riau dengan PT. MPN. (Diskominfo Kampar).

Related posts

Pemerintah Kabupaten Kampar Terima Akun Resmi Geoportal Kebijakan Satu Peta dari BIG.

Supardi

Bupati Kampar Terima Perwakilan Datuk Tujuh Koto Diulak Kenegerian Mentulik.

Supardi

Resmi Menjabat Kepala Desa, Masyarakat Gelar Syukuran yang dihadiri Langsung Bupati Kampar.

Supardi

Muslimawati Catur Bagikan 8.400 Masker kepada Seluruh TP-PKK Kecamatan.

Supardi

Sekda Kampar Sampaikan Langsung Jawaban Pemerintah Pandangan Fraksi-fraksi Ranperda APBD-P 2020.

Supardi

lepas Peziarah Kubur Aghi Ayo Onam. Sekda Kampar : Mari kita Jaga dan Lestarikan Tradisi Turun Temurun ini.

Supardi