Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah, Bapenda Kampar Gelar Rakor Dengan Para Kolektor
Bangkinang Kota BERITA Pemda

Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah, Bapenda Kampar Gelar Rakor Dengan Para Kolektor

Bangkinang Kota  : Dalam rangka optimalisasi pajak daerah khusus pajak PBB-P2 (Pajak Bumi dan Bangunan  Perdesaan dan Perkotaan), maka Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kampar menggelar  Rapat Koordinasi (Rakor)  Pengelolaan PBB-P2 bersama para kolektor se-Kabupaten Kampar. Rakor ini digelar di aula Bapenda Kabupaten Kampar, Kamis (2/6/22).

Rapat koordinasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bapenda Kabupaten Kampar Ir. Hj. Kholidah, MM. Rakor ini  diikuti oleh seluruh  Kolektor pajak PBB-P2 se-Kabupaten Kampar.

Turut hadir pada kesempatan tersebut,   Sekretaris Bapenda Jaka Putra, SE, MSi Kabid Pendataan dan Pendaftaran Zamzul Azmi, SE, MM, Kabid Pengelolaan, Pengembangan dan Pelaporan Edison, SE, Kabid Perhitungan dan Penetapan Kurniawita, SE, M.Si, Kabid Penagihan dan Keberatan Williandrie Amigo Rahmola, ST, M.Si, dan pejabat fungsional dilingkup Bapenda Kabupaten Kampar serta Kepala Cabang Bank Riau Kepri Bpk. Zamroni fathoni

Sebelum Kepala Bapenda Ir. Hj. Kholidah, MM, memberikan sambutan dan arahan, Kepala Bapenda  mengajak  seluruh peserta rakor bersama keluarga besar Bapenda untuk bershalawat kepada Baginda Rasulullah SAW.

Dengan diawalinya kegiatan ini dengan shalawat,  tentunya diharapkan kegiatan dan orang-orang yang  hadir tersebut mendapat Rahmat   Allah SWT. Sesuai janji Allah SWT, sekali bershalawat maka  sepuluh kali turun Rahmat Allah SWT.

Rapat ini merupakan rapat rutin yang digelar Bapenda setiap tiga bulan sekali dalam rangka percepatan realisasi PBB-P2. Diharapkan dengan adanya rapat koordinasi ini pengelolaan PBB-P2 kedepan lebih baik lagi sehingga menghasilkan penerimaan PBB yang optimal dan mencapai target.

Kepala Bapenda Kampar Ir. Hj. Kholidah, MM  pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa peran Kolektor sangat dibutuhkan dalam usaha pencapaian target PBB-P2. Dimana target PBB-P2 tahun 2022 ini sebesar  Rp. 18,6 milyar.

“Kami juga mengharapkan agar Bapak/Ibu dapat mensosialisasikan  penggunaan QRIS Bank Riau Kepri sebagai kanal pembayaran tanpa biaya admin, sebagai upaya Pemerintah Daerah dalan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Kholidah.

Kepala Bapenda Kampar Kholidah, mengingatkan kepada kolektor, pentingnya  membangun sinergitas  antara kolektor dan Pemerintah Daerah dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Dalam optimalisasi pajak daerah, kita (Pemda dan kolektor) harus bersinergi, sehingga apa yang kita rencanakan dalam peningkatan pendapatan tercapai, rapat yang kita gelar hari ini juga dalam rangka sinergitas tersebut,” ujar Kholidah.

Kepala Bapenda menyampaikan apresiasi atas kinerja dan kerja keras Kolektor  ditahun 2021.  “Kita akan berikan penghargaan kepada beberapa kolektor  atas indikator kinerja mereka,” ujar Kholidah.

Kemudian dalam rakor tersebut ada penyampaian materi oleh Sekretaris Bapenda Jaka Putra, SE, MSi terkait tugas dan kewajiban kolektor. Kepada Kolektor disampaikan bagaimana optimalisasi tugas-  tugas dilapangan,  seperti penyampaian SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang) dan sebagainya.

Selanjutnya ada materi dari  pihak Bank Riau Kepri tentang kemudahan wajib pajak  dalam membayar pajak melalui aplikasi Bank Riau Kepri Mobile yang dipopulerkan dengan nama  BRK QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Fitur ini mempermudah wajib pajak dalam melakukan pembayaran non tunai lewat satu QR Code.

Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar. Peserta aktif mengikuti materi rapat, terbukti seluruh kursi yang disediakan terisi penuh sejak awal hingga akhir acara.

Pada sesi diskusi banyak pertanyaan  dan saran  yang disampaikan  peserta yang semuanya bertujuan  untuk optimalisasi pajak daerah khusus PBB-P2.

Tindak lanjut dari rapat koordinasi ini, direncanakan mulai Minggu ke-3 Juni 2022, Bapenda Kabupaten Kampar akan melakukan sosialisasi ke seluruh kecamatan (21 kecamatan). Kegiatan verifikasi dan validasi terhadap NOP  PBB-P2 akan dilakukan secara bersama. (Diskominfo Kampar /HJ)

Related posts

Diguyur Hujan Tim Satgas PSBM Covid 19 Pandau jaya Tetap Lakukan Sosialisasi.

Supardi

Penyerahan Ijazah Ponpes Daarun Nahdha Thalwalib Bangkinang, Dr. H. Kamsol: Ponpes Ciptakan Generasi Yang Berilmu dan Berkarakter

Supardi

Hampir Roboh, Bupati Kampar Bersama Kapolda Riau Renovasi Berat Masjid Syech Abdurrahman Gading Permai.

Supardi

Rapat Formatur Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKAPSI) Tuntas. Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol MM Ditunjuk Jadi Sekretaris Umum

Supardi

Tinjau Hatinya PKK, Muslimawati Catur Berharap dapat Manfaatkan Lahan Pekarangan

Supardi

Tingkatkan Pelayanan Keamanan Mudik, Posko Keamanan terus berbenah.

Supardi