Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Musrenbangcam Di Serantau Kampar Kiri, Catur : Miliki Peran Yang strategis, Camat dan Kepala Desa harus memahami apa itu Musrenbang”
BERITA Birokrasi Kampar Kiri KATEGORI KECAMATAN Pembangunan Pemda

Musrenbangcam Di Serantau Kampar Kiri, Catur : Miliki Peran Yang strategis, Camat dan Kepala Desa harus memahami apa itu Musrenbang”

Kampar Kiri, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH MH hadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) RKPD wilayah V Dapil VI, Kecamatan Kampar Kiri, Kampar Kiri Hulu, Kecamatan Gunung Sahilan, Kampar Kiri Tengah, dan Kecamatan Kampar Kiri Hilir di Aula Serba Guna Kecamatan Kampar Kiri. Kamis,24/2/22

Bupati Kampar dalam arahannya menyampaikan Acara ini merupakan rangkaian proses pencaringan aspirasi masyarakat dalam penyelenggaraan tugas-tugas Pemerintahan.

“Jadi Bapak/Ibu Camat dan Kepala Desa harus tahu dan memahami apa itu Musrenbang dan kenapa kita melakukan Musrenbang.”ucap Catur

Bupati Kampar memaparkan bahwa ini merupakan proses penyempurnaan rencana pembangunan daerah tahun 2023 dilaksanakan secara terkoordinasi antara perangkat daerah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan sesuai dengan dokumen perencanaan pembangunan daerah melalui mekanisme pelaksanan Musrenbang mulai dari tingkat desa/kelurahan, Kecamatan sampai dengan tingkat Kabupaten dan Mekanisme ini harus kita pahami.

“Penjaringan aspirasi yang diharapkan nantinya bisa menjadi usulan rencana program dan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam rencana kerja Pemerintah daerah atau RKPD dan menjadi dasar penyusunan kebijakan umum APBD prioritas dan plafon anggaran sementara serta rancangan APBD tahun anggaran 2023.”ujar Catur

Bupati Kampar juga menjelaskan apa yang harus didiskusikan hari ini akan menjadi acuan dan finalnya akan menjadi APBD tahun 2023. Salah satu proses pengambilan keputusan dengan pendekatan partisipatif dalam kebijakan daerah adalah melaksanakan Musrenbang di Kecamatan yang merupakan arena strategis untuk para pemangku kepentingan dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan seluruh pelaku pembangunan yakni pemerintah Kabupaten, DPRD, masyarakat dan pihak swasta.

Selanjutnya kata Bupati Kampar lagi, melakukan klasifikasi atas prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah Kabupaten Kampar agar tercapainya singkronisasi perencanaan pembangunan yang di mulai dari tingkat bawah atau bottom up planning atau perencanaan yang berdasarkan dari tingkat atas diharapkan kepala seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar mencermati setiap usulan yang disampaikan.

Bupati Kampar juga mengatakan bahwa pada bulan Mei Tahun ini masa kepemimpinanbya berakhir, oleh sebab itu Menteri Dalam Negeri mengeluarkan instruksi no 70 tahun 2021 tentang penyusunan rencana pembangunan daerah bagi daerah yang masa kepemimpinannya berakhir pada tahun 2022.

“Jadi semua sudah di atur, walaupun jabatan Bupati berakhir pada bulan Mei namun sudah ada aturan nya dari tahun 2023 sampai 2026.”kata Catur

Berkenaan dengan hal tersebut, lanjut Bupati Kampar, Pemerintah Kabupaten Kampar sedang melakukan penyusunan rencana pembangunan daerah RPJD tahun 2023-2026 dan diikuti dengan penyusunan rencana strategis perangkat daerah atau Renstra perangkat daerah 2023-2026 yang akan ditetapkan pada bulan Maret tahun 2022 melalui Peraturan Kepala Daerah yang akan menjadi pedoman yang menjadi pedoman penyusunan RKPD Kabupaten Kampar tahun 2023.

Dalam rancangan awal penyusunan RKPD Tahun 2023 tema pembangunan tahun 2022-2023 adalah mewujudkan pembangunan berkelanjutan untuk mempercepat kualitas kehidupan sosial masyarakat, penguatan struktur perekonomian dan daya saing daerah dalam kondisi kehidupan normal yang baru, hal ini karena kita masih dalam kondisi Pandemi Covid 19.lanjut Bupati Kampar

“Tentu ini akan meliputi beberapa prioritas, yang pertama meningkatkan kualitas pendidikan, dan kesehatan serta kesejahteraan sosial, kemudian meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bersih serta pelayanan publik berkualitas berbasis teknologi informasi, mengembangkan pertanian berbasis potensi daerah, meningkatkan perekonomian daerah, parawisata dan pengelolaan industri dan yang terakhir meningkatkan lingkungan hidup dan ketersedia infrastruktur.’ungkap Catur.

selain dari memastikan kelancaran Musrenbangcam di 5 (lima) Kecamatan Serantau Kampar Kiri kehadirannya juga merupakan hubungan silahturahim antara masyarakat, kepala desa dan Bupati Sehingga nanti ada interaksi yang baik dan kepala desa dengan senang hati menyampaikan aspirasinya.

Sebelumnya tokoh masyarakat yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Kampar dari fraksi PPP Habiburrahman, SAg, MPd dalam sambutannya mengatakan sudah 2 periode menjadikan anggota DPRD baru kali ini Musrenbangcam baru kali dihadiri oleh Bupati, tentu saja hal ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat di Serantau Kampar Kiri, semoga ini pertanda baik buat Kabupaten Kampar.

Selain itu juga Habiburrahman juga mengatakan bahwa Musrenbang ini adalah momen terbaik untuk merancang perencanaan pembangunan kedepan 2023. Hal ini karena saat ini harus masuk ke sistem SIPD jadi ini sangat penting.

“kalau sudah masuk di Musrenbang maka itu yang diprioritaskan dan akan diutamakan pembangunan di Kabupaten Kampar”.ucap Habiburrahman.

Habiburrahman juga mengingatkan kepada kepala OPD bahwa di tahun 2022 ini banyak hal yang telah dilakukan di Kabupaten Kampar. Terkait dengan hal tersebut ia juga menyebutkan tentang ambulan desa yang sudah di berikan oleh Pemerintah Kabupaten kepada Pemerintah Desa.

“Banyak sekali ambulan desa yang sudah diserahkan ke desa dan dijadikan bahan konsumsi atau bahan yang dimanfaatkan untuk Mencari keuntungan, saya perlu sampaikan kepada kepala desa bahwa ambulan bukan prestasi kepala desa karena sudah menjadi tanggungjawab pemerintah Kabupaten Kampar termasuk eksekutif dan legislatif.”tegasnya

Sebelumnya Anggota DPRD dari fraksi PAN H Januar Rambo SH mengatakan DPRD hanya mengawal dan memantau usulan  pembangunan yang disampaikan oleh kepala desa melalui pra Musrenbang yang hari ini diatur dalam sistem jaringan aplikasi SIPD atau sistem informasi pembangunan daerah.

“Walaupun demikian kepala desa harus berkoordinasi dengan anggota DPRD Dapilnya masing-masing, karena kami juga punya anggaran yaitu Dana Aspirasi sementara kepala desa tidak pernah mengajukan kepada kami sehingga kami tidak tahu daerah mana yang kami bangun, dapil mana atau kecamatan mana yang mesti kami bangun.”ujar Januar Rambo.

Pada acara ini setiap Camat juga menyampaikan seluruh usulan pembangunan di wilayahnya masing-masing yang merupakan usulan hasil dari Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) masing-masing wilayah satu persatu.

Hadir pada acara tersebut beberapa anggota DPRD Kabupaten Kampar Daerah Pemilihan (Dapil) VI, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, Camat masing-masing Kecamatan se Rantau Kampar Kiri, Upika kecamatan, kepala Desa, BPD serta tokoh masyarakat. Acara Musrenbangcam ini dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan. (Diskominfo Kampar)

Related posts

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi Hadiri Milad Muhammadiyah ke 106 di PP Mu’allimin Muhammadiyah.

Supardi

Pj Bupati Kampar Sambut Baik Silaturahmi Forum Anak Kemenakan Kenegerian Kasikan Terkait PTPN 5 Tidak memberikan HGU.

Supardi

Pemkab Kampar Terima Hasil pemeriksaan Kinerja atas efektifitas  Manajamem Asset tahun 2021 dari BPK Riau.

Supardi

Jum’at Berkah, Bupati Kampar Berikan Kasur Tidur Kepada Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Bangkinang Kota

Supardi

DPRD Kampar Bentuk tiga Panitia Khusus (Pansus)

Supardi

Pembukaan Bursa Inovasi Desa Cluster 3.1, Plh Bupati Kampar : Menuju Kampar tangguh.

Supardi