Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Perdana Diskominfo Kampar Terapkan Absen Berbasis Aplikasi dan Tanda Tangan Elektronik
Bangkinang Kota BERITA Birokrasi KATEGORI KECAMATAN Pembangunan Pemda

Perdana Diskominfo Kampar Terapkan Absen Berbasis Aplikasi dan Tanda Tangan Elektronik

Bangkinang Kota : Sesuai dengan tuntutan dan perkembangan teknologi serta dalam mewujudkan efisiensi dan efektif Pemerintah Kabupaten Kampar terus melakukan berbagai inovasi dan perubahan. Untuk itu mulai hari ini Diskominfo Kampar telah menerapkan Absensi dan manajemen surat keluar Berbasis Aplikasi yang termasuk bagian dari Tanda Tangan Elektronik (TTE) dan telah ada aplikasi yang telah kita terapkan yakni e-wartawan serta beberapa aplikasi di OPD Pemkab Kampar.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril S.STP saat di jumpai di Ruang Kerja di Kantor Diskominfo Kampar, Selasa, 14/12. Dengan hanya melakukan Swafoto atau foto narsisis (bahasa Inggris: selfie)  dan mengisi beberapa fitur kita telah dapat melakukan absensi pada radius yang telah di tetapkan.

Ini sesuai dengan amanah dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), untuk implementasi  mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik diperlukan tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik” Kata Yuricho.

Manajemen ini sangat penting dalam menjalankan amanah Perpres terkait SPBE, oleh sebab itu kita terus berbenah dan mengembangkan inovasi-inovasi untuk mewujudkan efisiensi pengelolaan pemerintahan.

Dengan penerapan Aplikasi ini banyak hal yang dapat kita penghematan baik dari segi materil maupun mempersingkat birokrasi ” Kata Yuricho Efril yang didampingi oleh Sekretaris Diskominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Ade Syaputra, SE, M Si dan para Kepala Bidang dan Kasi lingkup Diskominfo Kampar.

Ini telah kami kembangkan sejak April 2021 yang lalu, dan akan terus kita kembangkan baik terhadap aplikasi yang sudah ada maupun terhadap inovasi baru yang masuk dalam lingkup Tanda Tangan Elektronik (TTE) ” Kata Yuricho Efril lagi.

Berdasarkan Pasal 1 Ayat (12) UU 11/2008, Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi”

Semoga ini dapat kita terapkan di seluruh wilayah Kabupaten Kampar khususnya Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Kampar, dalam mewujudkan Efisiensi dan efektivitas sesuai amanah Perpres 95 tahun 2018 Tutup Yuricho Efril. (Diskominfo Kampar)

Related posts

Kampar Raih Juara Umum MTQ XXXVIII Provinsi Riau Tahun 2019.

Supardi

Bupati Kampar Buka Konferensi VI PWI Kabupaten Kampar.

Supardi

Bupati Perjuangkan Pembangunan Jembatan Ke Kementerian PUPR RI

Supardi

DPRD Dari Dua Kabupaten di Sumbar Lakukan Studi Banding Penanganan Covid-19 Ke Dinkes Kampar

Dino Aritaba

APSI Kampar di Kukuhkan, Pemkab Kampar Minta Dapat Berkontribusi Meningkatkan Dunia Pendidikan dan SDM Di Kabupaten Kampar

Supardi

Selamat Kembali Ke Tanah Air, Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto bersama 448 Jemaah Kampar.

Supardi