Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Peserta Jurnalis Muda Kampar Belajar Teknik Menulis dan Wawancara.
Bangkinang Kota BERITA KATEGORI KECAMATAN Pendidikan

Peserta Jurnalis Muda Kampar Belajar Teknik Menulis dan Wawancara.

Bangkinang Kota – Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan atas kerjasama insan pers dan Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Kampar melaksanakan pertemuan ke-8 di kantor PWI, Sabtu (30/10).

Kali ini, materi mengenai dasar-dasar jurnalistik 2 disampaikan oleh Ketua PWI Kampar, Akhir Yani kepada Forum Jurnalis Remaja Kampar (FJRK).

Akhir Yani menjelaskan bahwa wartawan dituntut untuk menguasai komunikasi dan harus mampu beradaptasi sehingga dapat menyerap informasi yang dibutuhkan.

Stamina yang kuat dan juga rasa ingin tahu yang tinggi sangat dibutuhkan demi berlangsungnya kinerja wartawan yang produktif. Di samping itu wartawan harus mengusai teknik fotografi ataupun videografi sebagai dasar kewartawanan.

Peserta mengajukan pertanyaan mengenai cara melakukan wawancara yang masih mebingungkan bagi mereka dikarenakan masih kurangnya praktek lapangan bagi para jurnalis muda ini.

Akhir menjelaskan bahwa dalam wawancara diperlukan kemampuan komunikasi yang baik, memperkenalkan diri, menjaga etika dan mengetahui waktu yang tepat untuk wawancara.

Sementara itu, Koordinator tim Netty Mindrayani didampingi sekretaris tim, Fauzi Lalea, menambahkan bahwa dalam wawancara perlu memanfaatkan kesempatan dan mengtahui nomor telepon narasumber yang akan diwawancarai sehingga dapat dikonfirmasi ulang ketika masih ada yang ingin dipertanyakan.

Akhir Yani juga mengulas mengenai kemampuan menulis sebagi modal dasar bagi seorang jurnalis. Setelah memberikan materi, dia juga mengoreksi tulisan berita hasil pemberian materi dasar-dasar jurnalistik pertama pada pertemuan perdana, Sabtu (4/9) di SMA Muhammadiyah Bangkinang Kota.

Dari hasil koreksi, salah seorang peserta yang menuliskan berita tersebut mendapatkan doorprize dari Ketua PWI yakni Salsabila siswa SMA Negeri 1 Bangkinang Kota.

Masih tersisa satu materi lagi yaitu pemberitaan ramah anak selanjutnya dilakukan di SMANSA Bangkinang Kota.

Setelah itu, akan dilakukan praktek lapangan bagi para jurnalis muda dengan mewawancarai Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto atau Kepala Dinas Pendidikan sebagai akhir dari pelatihan ini. (Diskominfo Kampar /Zora Anjani)

Related posts

Terima 9 Desa Terisolir Di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Dr. Kamsol : inspratruktur menjadi Persoalan Utama.

Supardi

Bupati Kampar Sidak ke Desa Sumber Sari Tapung Hulu

Supardi

Pemkab Kampar Ikuti Zoom Meeting dengan BRIN Untuk  Menindak Lanjuti Kesepakatan

Supardi

Bupati Kampar Sampaikan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018.

Supardi

DPPKBP3A Kampar Gelar Pelatihan PATBM Menuju KLA

Supardi

Serahkan Secara Simbolis BLT-DD, Bupati Kampar Ajak Sosialisasikan Perilaku Hidup Baru (New Normal)

Supardi