Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Bupati Kampar Launching “SIPADAT” sebagai Sistem Data dan Informasi Potensi Pertambangan
Bangkinang Kota BERITA Birokrasi KATEGORI KECAMATAN Pembangunan Pemda

Bupati Kampar Launching “SIPADAT” sebagai Sistem Data dan Informasi Potensi Pertambangan

Bangkinang, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH secara resmi melakukan launching Sistem Data dan Informasi Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Pertambangan Terintegrasi (SIPADAT).Kehadiran SIPADAT diharapkan menjadi salah satu sumber informasi yang transparan dan akurat tentang potensi SDA Pertambangan Kampar.

Launching dilakukan secara virtual oleh Bupati di hadapan para peserta Focus Group Discussion (FGD) pemanfaatan SDA Pertambangan dan sosialisasi SIPADAT, Kamis (30/9) di ruang rapat Lantai III Kantor Bupati Kampar.  Di lokasi FGD tampak hadir Asisten Administrasi Umum Setda Kampar Drs H Syamsul Bahri MSi, Ketua Panitia H Safaruddin SPi, MSi yang juga Kabag SDA Setda Kampar, Kasubbag Pertambangan dan Lingkungan Hidup Adri Duwison SPi, MSi, para camat se Kabupaten Kampar serta perwakilan Dinas/Instansi terkait di lingkungan Pemkab Kampar.

Bupati Kampar mengharapkan agar SIPADAT yang kini resmi menjadi bagian dari menu atau konten bagian SDA yang terhubung dengan Website resmi Pemkab Kampar tersebut dapat memberikan manfaat dalam pemanfaatan SDA di Kabupaten Kampar. “Dengan mengharapkan ridho Allah Subhanahu Wata’ala, saya meresmikan dimulainya pengoperasian SIPADAT. Semoga hadirnya SIPADAT dapat memberikan manfaat pelayanan terbaik bagi masyarakat,’’ ungkap Bupati dalam video launching SIPADAT.

Selanjutnya, dalam ruangan FGD dan Sosialisasi, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH MH melalui Asisten Administrasi Umum Setda Kampar Drs H Syamsul Bahri MSi  mengungkapkan bahwa Kabupaten Kampar merupakan daerah yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah dan sangat luar biasa, baik sumber daya alam hayati maupun sumber daya alam non hayati.

Potensi sumber daya alam yang begitu besar dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan negara dan juga untuk kesejahteraan masyarakat apabila dikelola  dengan baik.  Di wilayah Kabupaten Kampar terdapat beberapa wilayah pertambangan dan migas. Potensi pertambangan terdiri dari pasir, batubara, kerikil, dan pasir kuarsa, batu gamping/batu kapur, timah putih, timah hitam (galena), mangan dan bitumen.

Pemerintah sesuai dengan kewenangannya, terus melakukan pengawasan dalam pemanfaatan sumber daya alam. Dengan tujuan agar selaras dengan pertimbangan ekonomi, sosial dan lingkungan hidup yang telah tertuang dalam peraturan. Melalui instrumen izin, pemerintah dapat memastikan tingkat ketaatan pelaku usaha terhadap peraturan yang ada. Bagi pelaku usaha, izin dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan usaha.

Sedangkan bagi masyarakat yang potensial terkena dampak, izin juga bisa sebagai  instrument pengawasan. “Semoga melalui FGD ini Pemerintah bisa berkolaborasi dengan masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk merumuskan strategi dalam pemanfaatan SDA pertambangan yang berkelanjutan,’’ pungkasnya.

Fungsional Dinas Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) Azwir yang hadir selaku narasumber memaparkan tentang potensi SDA pertambangan serta regulasi-regulasi yang harus menjadi perhatian dalam pemberian rekomendasi perizinan usaha pertambangan. Direktur Bumi Kampar Sarana Energi (BKSE) Rinto Pramono S.Pi turut memaparkan pengalamannya sebagai salah satu pengusaha di bidang pertambangan di Provinsi Riau.

Usai acara, Kabag SDA Setda Kampar H Safaruddin SPi, MSi selaku penggagas pembentukan SIPADAT mengatakan bahwa SIPADAT tidak hanya menyajikan informasi dan data potensi pertambangan saja, tetapi juga menampung informasi dan aspirasi masyarakat tentang usaha pertambangan di Kabupaten Kampar. “SIPADAT ini merupakan inovasi dari aksi perubahan pada pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) Angkatan III PPSDM Regional Bukittinggi Kementerian Dalam Negeri,’’ terangnya.(Diskominfo Kampar)

Related posts

Kunjungi Salimah, Bukti GOW Rangkul Semua Organisasi Wanita Kampar

Supardi

Semarak Hari Jadi Kampar 72, Dispersip Kampar Adakan Lomba Mewarnai dan Lagu Daerah Se Kabupaten Kampar.

Supardi

DPPKBP3A Kampar Sosialisasi Cegah, Putus Pakai Kontrasepsi Dimasa Pandemi Covid-19.

Supardi

Sekda Kampar ; Insyaallah Tidak Ada Penghapusan Honorer tahun 2023 di Kampar.

Supardi

JCH Kampar Kloter 6, Telah Diberangkatkan Ke Pekanbaru

Supardi

PC IPEMI Kampar Periode 2021 – 2026 di 5 (lima) Kecamatan Resmi di Kukuhkan.

Supardi