Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Bupati dan Sekda Kampar Apresiasi Pembuatan dan Pembagian Bubur Assyura oleh Insan Pers. 
Adat dan Budaya Agama Bangkinang Kota BERITA KATEGORI KECAMATAN Pemda Tapung

Bupati dan Sekda Kampar Apresiasi Pembuatan dan Pembagian Bubur Assyura oleh Insan Pers. 

Bangkinang Kota : Kabupaten Kampar serambi mekkahnya Riau seolah menjadi original trademark turun temurun. Bukti masih adanya peringatan menyambut datangnya 10 Muharram, atas inisiatif dari insan pers bekrjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan persandian Kabupaten Kampar melakukan Kacau Bubu Kelamai Asyuro (mengaduk bubur kelamai asyuro) yang akan di bagikan kepada masyarakat sekitar.

Bupati Kampar manyatakan sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan ini, semoga ini makin membangkitkan Kampar sebagai Negeri Serambi Mekkah Riau.

Demikian dikatakan Catur Sugeng Susanto, SH, MH saat di jumpai di Kediaman sesaat sebelum berbuka sembari mencicipi Bubur Assyura yang dibuat para insan pers, Kamis (19/8).

Ini hendaknya dapat kita pertahankan dan di kembangkan kembali, ini sejalan dengan Kampar Negeri serambi Mekkah dan negeri yang menjunjung tinggi Nilai-nilai adat dan agama ” Kata Catur Sugeng sambil menikmati bubur Assyura bersama Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj. Muslimawati Catur.

Tradisi ini merupakan penghormatan kita dalam menyambut 10 Muharram setiap tahunnya, di Kampar kita kenal dengan 10 Assyura, maka sesuai tradisi masyarkat membuat bubur atau bubur Asyyura ” Kata Catur lagi.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. H. Yusri M.Si menyatakan ucapan tak terhingga atas penyerahan bubur Assyura ini, Alhamdulilah saya hadiah istimewa dari teman-teman media yang sudah membuat bubur Assyura ini, yang di buat secara bersma-sama ” Kata Yusri.

Saya selaku pribadi maupun selaku Sekretaris Daerah merasa bangga dengan hal ini, dan hasilnya telah dibagikan kepada isolasi mandiri si Stanum, serta pembagian sembako kepada masyarakat yang tinggal di jalan Merdeka Salo.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kampar Yuricho Efril, S.STP., Beberapa makanan utama yang digunakan untuk membuat Bubu Kelamai diantaranya ada Kacang Hijau, Labu, Kacang Tanah, Dabu, Ubi Jalar, Pisang, Jagung, Beras Ketan, Tepung Beras, dan Tepung Pulut. Kesepuluh makanan inilah yang dimaksud mewakili hari Asyuro 10 Muharram” Kata Yuricho Efril. (Diskominfo Kampar)

Related posts

Pemda Kampar Himbau Warga Jangan Malu Laporkan Keluarga yang Baru Pulang dari Luar Daerah

Supardi

Asean Para Games 2022, Atlet NPC Kampar Sumbang 14 Medali

Supardi

Ajak Masyakat Ciptakan Kampung Bersih, Satgas Pamtas Yonif 132/BS Bersihkan Jalan Perbatasan

Supardi

Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM ; Para Camat Harus Ciptakan Inovasi untuk Maksimalkan Pelayanan Publik

Supardi

Peringati HPSN, Kampar Gelar Pencanangan Kampar Bersih

Supardi

Tetap Maju di Kampar, Haswinda Terus Penuhi Undangan dan Permintaan Masyarakat

Supardi