• Home
  • BERITA
  • Bupati Kampar Dampingi Kepala BRG RI Panen Ubi Kayu, Ekosistem Gambut Terpelihara Ekonomi Masyarakat Terangkat.
BERITA Birokrasi KATEGORI KECAMATAN Lingkungan Pembangunan Pemda Pertanian Tapung

Bupati Kampar Dampingi Kepala BRG RI Panen Ubi Kayu, Ekosistem Gambut Terpelihara Ekonomi Masyarakat Terangkat.

Karya Indah, Tapung ; tanaman ubi dilahan lebih kurang 10 ha, hari ini Senin, (27/07) Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH mendampingi Kepala Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia Nazier Fuad melakukan Panen Ubi Kayu di lahan gambut.

Pemanfaatan lahan gambut ini yang selama ini merupakan sumber asap akibat terjadinya kebakaran, namun dengan revitalisasi dan revegetasi lahan dapat dimanfaatkan dalam mengangkat Ekonomi masyarakat sekitar.

Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto sangat mengapresiasi kegiatan pemanfaatan lahan gambut ini, di Kabupaten Kampar ada Lebih kurang 91 Ribu Ha lahan gambut, baru sebagian kecil yang dapat diolah dengan komoditas ubi dan nenas, kami sangat berterima kasih kepada Kepala Badan Restorasi Gambut RI atas prakarsa dalam pemanfaatan lahan ini” Kata Catur Sugeng Susanto yang Hadiri oleh, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono, Dandim 0301/KPR Letkol Aidil Amin dan Forkopimda Kampar, Kadis Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau Makmun Murod, Kadis Pertanian Kampar Ir. Bustan, Kadis Ketahanan Pangan Cokroaminoto dan Camat Tapung Amri Yudo.

Semoga ini dapat dilanjutkan terhadap pemanfaatn lahan gambut yang cukup luas di Kabupaten Kampar ” Kata Catur Sugeng.

Bupati Kampar berharap ini dapat menghindari kerusakan ekosistem gambut dengan Menyelaraskan ekonomi masyarakat di disekitar lahan gambut” Tambahnya lagi.

Sementara itu Kepala Badan Restorasi Gambut RI Nazier Fuad kegiatan ini sekaligus lonching ketahanan pangan dan Panen Raya Ubi Kayu pada pokmas Tunas Karya serta penandatanganan Revitalisasi ekonomi ini sesuai dengan amanat presiden RI Joko Widodo” Kata Nazier Fuad.

Penandatanganan Komitmen dan pelestarian dengan pendekatan Ekonomi masyarakat, dengan pembinaan masyarakat, pengelolaan Gambut yang berkelanjutan” Kata Nazier Fuad.

Peran strategis dengan melibatkan masyarakat. Peran serta kunci keberhasilan penyelamatan lingkungan hidup. Kembalikan ekosistem Gambut” Tambahnya.

Gubernur Riau Syamsuar. M Si diwakili Makmun Murod Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau menyampaikan bahwa kegiatan dilahan gambut telah banyak dilaksanakan diantaranya revitalisasi dan revegetasi lahan gambut, adanya sumur bor, sekat lahan gambut dan pemanfaatan lahan gambut, ini tentunya untuk peningkatan ekonomi masyarakat maupun terhadap terpelihara Ekosistem gambut” Kata Murod.

Solihin Makmun Anggota DPRD Riau ucapan terimakasih atas perhatiannya BRG RI kepada Riau telah melaksanakan berbagai kegiatan, Anggaran yang tentunya menjadi harapan terhadap kegiatan dalam penanganan gambut dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat” Kata Solihin Makmun.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dengan kelompok masyarakat serta penyerahan bantuan yang di lanjutkan peninjauan sumur bor, sebagai Sumber air jika terjadi kebakaran hutan.(Diskominfo Kampar)

Related posts

Pengangkatan CPNS Honorer K2 Tak kunjung jelas, FHK2 Akan sampaikan Aspirasi ke Jakarta.

supardi

Cegah HIV dan AIDS, Sebanyak 107 Kades dan Lurah Ikuti Sosialisasi

supardi

Pasha Ungu : Kami Tak Lupakan atas Kepedulian Kampar kepada Palu

supardi

Wakil Ketua Gugus Covid-19 Kampar sampaikan perkembangan, 1 pasien Positif telah sembuh.

supardi

Bupati Kampar Sampaikan KUA PPAS APBD Perubahan 2018 ke DPRD Kampar

supardi

MTQ 38 Riau Makin Dekat, LPTQ dan Kamenag Terus Matangkan Persiapan

supardi