Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Atas Penyebaran Covid-19, Dinas PMD Kampar Sosialisasi di Tiga Desa Tapung Hulu.
BERITA Birokrasi KATEGORI KECAMATAN Kesehatan Lingkungan Pembangunan Pemda Peristiwa Tapung Hulu

Atas Penyebaran Covid-19, Dinas PMD Kampar Sosialisasi di Tiga Desa Tapung Hulu.

Muara Intan, Taphul ; makin meluasnya Wabah Covid-19 di Kabupaten Kampar, menjadi kerisauan dan menjadi kerisauan seluruh masyarakat oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kampar melakukan monitoring terhadap pelaksanaan penanggulangan covid-19 di tiga desa kecamatan Tapung Hulu yakni Desa Muara Intan, Intan Jaya, Rimba Makmur yang termasuk dalam Lima Desa di Tapung Hulu.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridarmawan melalui Kabid Pemberdayaan dan Pembangunan Desa Elly Yudia saat monitoring dan sosialisasi di Desa Muara Intan Kecamatan Tapung Hulu pada hari Rabu, 22/04.

Dikatakan Elly Yudia agar seluruh Desa didesak untuk dibentuk relawan desa lawan Covid-19 dengan rencana kerja sesuai protokol yakni Gerak siaga pencegahan dan penanggulangan covid-19.

Kegiatan ini sudah sesuai dengan standar protokol relawan desa lawan covid 19 yang dikeluarkan oleh kemendes RI sesuai dengan amanah permendes no 6 tahun 2020 dan Surat edaran menteri desa dan pdtt RI no 8. Tahun 2020″ Kata Elly Yudia.

Selain itu sesuai dengan petunjuk tersebut agar Desa melakukan hal-hal a. Melakukan pengawasan untuk penduduk pendatang dengan mendata keperluan mereka masuk ke desa tersebut dan mengukur suhu tubuh mereka dengan thermal gun.

b. Sosialisasi hidup sehat ke masyarakat desa, di pasar maupun di mesjid terkait menjaga perilaku hidup sehat seperti mencuci tangan dengan sabun dan air, penggunaan jane sanitizer, social ditancing, pemakaian masker.

c. Koordinasi antar elemen masyarakat untuk tindakan pencegahan Covid-19 seperti TNI, Babinsa Kamtibmas, Bidan desa, pihak kecamatan, pemuka adat dan pemuka adat agama

d. Mendirikan posko lawan Covid-19 di gedung posyandu

e. Memproduksi hand sanitizer dan masker buatan ibu-ibu pkk setempat.

f. Melakukan penyemprotan desinfektan pada fasilitas umum seperti mesjid, posyandu, puskesmas dan rumah masyarakat

g. Melakukan tindakan tegas bagi pedagang pasar yang tak mau memakai masker saat berjualan.

Demikian panduan yang harus kita laksanakan ditingkat desa” Kata Elly Yudia.

Sementara itu Kepala Desa Intan Jaya Subarjo mengatakan ucapan terimakasih atas sosialisasi dan masukkan kepada desa ini, sesuai dengan Himbauan Pemerintah kami telah melakukan dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19, maklum kami yang berada di lima desa sangat Perlu mendapatkan informasi, dan Alhamdulillah kami mendapat informasi dan ilmu dari kunjungan ini” Kata Subarjo yang didampingi oleh staf desa Intan Jaya.

Sosialisasi dan monitoring dari intan jaya dilanjutkan ke desa Rimba Makmur dan Desa Rimba Jaya Kecamatan Tapung Hulu. (Diskominfo Kampar)

Related posts

Sutarno Resmi Gantikan Herry Suhasmin Sebagai Kalapas Kelas II A Bangkinang

Supardi

Buka Diklat Pim IV Dilingkungan Pemkab Kampar, Bupati Kampar Minta Berikan Ide Kreatif Bagi Kemajuan Kampar

Supardi

Usai dilantik beberapa waktu lalu, para Pejabat Tinggi Pratama, Pengawas dan Administrator Lakukan Sertijab.

Supardi

Sekda Kampar Hadiri Rakornas Rencana Kerja dan Anggaran Persiapan Pemilu serta Pilkada serentak 2024

Supardi

Terkait Sangketa Koperasi Iyo Basamo, Ketua LAK Melakukan Konferensi Pers.

Supardi

Pemda Kampar Segel Beberapa Dunia Usaha Yang Tidak Memiliki Izin

Supardi