Demi Keselamatan masyarakatnya dari penyebaran covid-19, Kepala Desa Pulau Birandang lakukan gebrakan dengan produksi masker.

Pulau Birandang- Antisipasi penyebaran wabah covid-19 atau virus Corona terus diupayakan oleh semua kalangan mulai dari pemerintah maupun masyarakat, hal ini dikarenakan sangat cepatnya penyebaran dan berbahayanya akibat yang ditimbulkannya oleh virus tersebut.

Salah satu upaya mencegah penularan nya adalah dengan memakai masker, dari sinilah muncul ide pembuatan masker sendiri oleh Kepala Desa Pulau Birandang Thomas Renaldo, ide ini sendiri tercetus oleh Thomas dan langsung dilaksanakan setelah mendapat arahan dari Sekda Kampar H.Yusri, Msi. dan berkoordinasi dengan Camat kampa serta Kepala puskesmas kecamatan kampa Fitri Yeni, Skm, maka dilaksanakan pembuatan masker di Aula kantor Desa Pulau Birandang Sabtu (28/3/20).

Disampaikan Thomas pembuatan masker ini bertujuan untuk menghambat penyebaran virus Corona didesa yang dipimpinnya serta nantinya akan diberikan kepada masyarakat pulau Birandang secara cuma-cuma,

Thomas juga mengatakan ingin bersama semua elemen masyarakat bersatu mencegah penyebaran virus Corona ini.

Kita ingin masyarakat kita sehat jangan ada yang terpapar oleh virus ini, kita rangkul semua mulai dari Babinsa, Kapus, Tokoh masyarakat semua kerjasama mencegah virus ini.

Ide ini karena adanya masyarakat Pulau Birandang ada kelompok masyarakat yang pernah mendapat pelatihan oleh BLK Disnakertrans Provinsi Riau pada tahun 2019.

Atas kerjasama Pemdes Pulau Birandang yang pada saat itu sekretaris Disnakertrans Riau H. Zulkifli Syukur, M. A. Msi sendiri yang langsung membimbing proses pengiriman masyarakat kepelatihan tersebut” tutur nya.

Lebih lanjut Thomas juga menjelaskan dengan memberdayakan kelompok masyarakat yang sudah mendapatkan pelatihan ini nantinya kita bisa menghemat biaya serta kedepannya kita bisa jadikan peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan masyarakat kita” tutup nya.

Saat proses pembuatan masker ini, Kepala Puskesmas Kecamatan Kampa Fitri Yeni yang hadir pada saat itu Didampingi oleh Drg. Novira, dokter umum Cici Kepala Tu Reni Delvita serta seorang perawat Selfyanti guna untuk memastikan kelayakan masker yang dibuat oleh masyarakat ini dan menyampaikan terimakasih kasih kepada Kepala Desa Birandang atas inisiatif nya dalam pembuatan masker, yang mana pada saat ini dengan adanya wabah virus Corona masyarakat sangat membutuhkan pengamanan dari penyebarannya.

Kita sangat terbantu dengan inisiatif kepala desa ini mudah-mudahan dengan usaha kita ini bisa memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona” sambungnya.

Salah seorang warga yang ikut dalam pembuatan masker mengatakan sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan Kepala desa, hal ini terlihat pada saat proses pembuatan masker yang mana mesin jahit yang digunakan adalah mesin jahit milik masyarakat, yang dibawa sendiri dari rumah masing-masing.(Diskominfo Kampar/AG)