Pemerintah Kabupaten Kampar
  • Home
  • BERITA
  • Bappeda Kampar Gelar Forum Perangkat Daerah RKPD Tahun 2021.
Bangkinang Kota BERITA Birokrasi KATEGORI KECAMATAN Pembangunan Pemda

Bappeda Kampar Gelar Forum Perangkat Daerah RKPD Tahun 2021.

BANGKINANG ; Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Perangkat Daerah (PD) Tahun 2020 guna penyusunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021, 17-19 Maret 2021. Forum PD ini merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat dan dunia usaha (pemangku kepentingan), untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan Renja (rencana kerja) Perangkat daerah.

Forum Perangkat Daerah ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, M.Si mewakili Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, SH di aula kantor Bappeda Kabupaten Kampar, Selasa (17/03/20). Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol, SAg, Anggota DPRD Sunardi, Kepala OPD, Camat, Sekretaris Bappeda Kabupaten Kampar M. Fadli Mukhtar, S.Pi, M.Sc dan pejabat dilingkup Bappeda Kabupaten Kampar serta undangan lainnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Forum PD ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam penyusunan dokumen perencanaan. Untuk itu, pada forum PD ini OPD diminta untuk bersama-sama meneliti usulan kegiatan baik itu yang berasal dari pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD, Renja OPD atupun hasil musrenbang kecamatan.

Disampaikan Azwan bahwa salah satu Tujuan Forum PD ini adalah, Penyelarasan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi PD berdasarkan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan. Kemudian penajaman indikator dan target kinerja program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi PD.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol, S.Ag menyampaikan bahwa dalam penyusunan dokumen perencanaan ini perlu disamakan persepsi antara pemerintah daerah dan DPRD. “Kita samakan persepsi sehingga ada tahapan-tahapan pembangunan yang menjadi skala prioritas,” ujar Repol.

Setelah dibuka, maka dilanjutkan pembahasan yang dibagi dalam tiga bidang yakni bidang Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia dengan koordinator Dinas Kesehatan, Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam dengan koordinator Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan dengan koordinator Dinas Pekerjaan Umum, Penataan ruang dan Pertanahan.

Masing-masing Kepala Bidang yang mewakili Bappeda disetiap bidang menyampaikan materi tentang penyusunan RKPD tahun 2021. Seperti di bidang Infrastruktur dan Kewilayahan materi disampaikan oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Safri S.Sos.

Disampaikan Safri bahwa Isu Strategis Kabupaten Kampar Tahun 2021, Pengembangan Sumberdaya Manusia, Tata Kelola Pemerintahan Daerah, Penguatan Struktur Perekonomian Daerah, Pengembangan Wilayah dan Pengelolaan Sumberdaya Alam. Adapun Tema RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2021 yakni “Memacu investasi dan sinergitas antara Sektor serta Dunia Usaha Dalam Memperkuat Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Ada empat Prioritas Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2021 yakni,

1. Pengembangan sumberdaya manusia yang beradat, berbudaya, beriman dan bertaqwa;
2. Tata kelola pemerintahan daerah yang profesional, maju dan berkualitas dalam menyelenggarakan pelayanan;
3. Struktur perekonomian daerah yang kuat dan mantap berbasis potensi lokal, berdaya saing dan berkelanjutan;
4. Pengembangan wilayah dan pengelolaan sumberdaya alam yang efisien, efektif, dan berwawasan lingkungan dengan didukung oleh sistem infrastruktur yang terintegrasi.

Prioritas pembangunan ini memiliki tujuan yang diikuti strategi dan arah kebijakan. Kemudian keterkaitan tema RKPD dengan prioritas pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2021 ini adalah untuk mencapai goals tahun 2021 yakni pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, dilakukan pembahasan terhadap usulan kegiatan. Hasil pembahasan per bidang ini dituangkan dalam bentuk berita acara yang ditanda tangani oleh perwakilan peserta forum.

Kemudian untuk pelaksanaan forum PD yang dijadwalkan tiga hari ini, sistem tatap muka hanya dilaksanakan satu hari pada Selasa (17/03/20), sedangkan pelaksanaan Forum PD dan pembahasan selanjutnya tanpa tatap muka (rapat-rapat).

Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Kampar pada saat rapat koordinasi pencegahan virus corona di lantai III Bupati Kampar. Dimana untuk antisipasi dan pencegahan menularnya Covid-19, maka hari Selasa ini adalah hari terakhir rapat-rapat yang menghadirkan tatap muka langsung dilingkup pemerintah Kabupaten Kampar. (Diskominfo kampar/Herman Jhoni)

Related posts

Muslimawati Catur : Robah Sampah Sebagai Sumber Ekonomi Keluarga.

Supardi

Bupati Kampar pimpin Apel Gabungan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Supardi

Kunjungan ke Rumah Kreatif Bonca Umbai, Ketua Dekranasda Kampar juga Serahkan Bantuan Sembako.

Supardi

Kembali PKK Kampar Sosialisasi Iva Test Untuk Hindari Bahaya Kanker Rahim di Desa Pangkalan Baru Siak Hulu.

Supardi

Pj Bupati Kampar Jabarkan Program Pembangunan Kepada Seluruh OPD dan Camat se Kabupaten Kampar.

Supardi

Alhamdulilah Kampar Masuk Level I PPKM, Kegiatan Kemasyarakatan Dibolehkan, Namun tetap Jaga Prokes dan Gunakan Aplikasi Peduli Lindungi.

Supardi