Musrenbang Kecamatan Salo, Zulia Darma Minta Usulan Prioritas untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat

Salo,- Pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan  (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)  Tahun 2020, guna menjaring usulan rencana program atau kegiatan prioritas tahun 2021, pada tahapan ini di minta untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Banyak kegiatan atau program yang prioritas yang harus diusulkan dalam Musrenbang untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat seperti memberikan sarana dan prasarana dan juga pelatihan khusus untuk penjahitan pakaian dan mengenalkan alat musik kompang yang biasanya di mainkan pada acara pesta kerakyatan dan adat.

Demikian disampaikan Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH yang pada kesempatan ini di wakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar Ir. Zulia Darma saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan ( Musrenbangcam) di Aula Kantor Camat Salo, kamis (20-02-2020), yang dihadiri Kepala Bappeda diwakili Kabid Perekonomian dan SDA Bappeda Azwir SE, Camat Salo diwakili Sekcam M. Syafi’i , Kapolsek Bangkinang Barat Supriadi,  Danpos Kec. salo M.Syafriyal, Sekretaris, Kabid dan Kasi pada OPD di lingkungan Pemerintah kabupaten Kampar, seluruh Sekdes di Kec. Salo dan masyarakat undangan.

Sesuai dengan peraturan daerah Kabupaten Kampar Nomor 1 Tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan daerah Kabupaten Kampar Nomor 5 Tahin 2017  rencana pembangunan jangka menengah Daerah ( RPJMD)  Kabupaten Kampar Tahun 2017- 2022, tertuang bahwa Visi Pembangunan  daerah Kabupaten Kampar ” Terwujudnya Kabupaten Kampar sebagai wilayah industri dan pertanian yang maju dengan masyarakat yang religius, beradat, berbudaya dan sejahtera.

Melalui Musrenbang Zulia Darma sampaikan semua pemangku kepentingan duduk dan musyawarah bersama untuk membicarakan tantangan dan peluang pembangunan  daerah kedepan dalam rangka mensejahterakan masyarakat, menciptakan kondisi usaha yang baik dan memperbaiki penyelenggaraan Pembangunan secara berkesenambungan.

Dalam tahap diskusi  Kabid Prasarana Perhubungan Kampar Zulkifli meminta kepada pihak kecamatan ataupun desa untuk memberikan usulan tentang bantuan bus sekolah untuk transportasi para siswa yang sekolahnya berada di jalan lintas kecamatan dan kabupaten demi terjaminnya keselamatan siswa sekolah.

Kapolsek Bangkinang Barat Supriadi pada kesempatan tersebut juga meminta kepada pihak Kecamatan atau desa untuk mengusulkan mengadakan alat pemadam kebakaran untuk daerah kecamatan yang akhir-akhir ini sering kali terjadi pembakaran lahan dan hutan.

Selanjutnya Camat Salo yang diwakili Sekcam M.Syafi’i menyampaikan rasa syukur dan juga minta maaf kepada seluruh undangan bahwa hari ini seluruh seluruh  Camat dan Kepala Desa menghadiri acara Rapat Kerja Percepatan penyaluran dan pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 di Provinsi Riau tepatnya di Grand Hotel Labersa Pekanbaru.

Syafi’i juga sampaikan bahwa Sebelumnya telah di adakan  musrenbang tingkat dusun, kemudian di usulkan pada musrenbang Tingkat desa, yang hasilnya akan di sampaikan memalui musrenbang tingkat kecamatan yang diselenggarakan hari ini, dan akhirnya pada murenbang Kabupaten.” tutup Syafi’i.

Diakhir musrenbang dilakukan Penandatangan Mou tentang Usulan Prioritas rencana pembangunan antara  Kepala Bappeda diwakili Kabid Perekonomian dan SDA Bappeda Azwir SE, Kapolsek Bangkinang Barat Supriadi,  Danpos Kec. salo M.Syafriyal dan Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PU PR Nazaruddin dan Sekcam M. Syafi’i.
( Diskominfo/AMI).