Sekda Kampar ; Jangan Hanya Setiap Tahun Hanya Pembangunan Jalan Semenisasi

Bangkinang Kota – Lebih kurang hampir Rp300 milyar dana desa yang terus dikucurkan oleh pemerintah pusat kepada setiap Desa, maka diharapkan kepada setiap Desa untuk melakukan pembangunan yang bukan hanya untuk pembuatan jalan semenisasi.

Hal tersebut diampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri,M.Si saat memimpin rapat Koordinasi Tim Teknis Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa di ruang rapat lnatai III Kantor Bupati, rabu (9/10).

Didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kampar Febrinaldi Tri Darmawan, S.STP,M.Si, lebih lanjut Sekda Kampar menambahkan agar kedepan Dinas terkait memberikaan pembinaan, baik melalui tim teknis seperti penyusunan RPJMD, adminitrasi seperti pembuatan RKA serta pembuatan RAB, agar setiap dibuat deda bisa tahan lama dan dipertanggungjawabkan.

Untuk itu kepada seriap satker terkait agar melakukan pengawalan dan pembinaan kepada setiap desa yang dibawah binaanya. Hal ini contoh pembuatan embung desa yang harus mendapat rekomendasi dari Dinas PU PR dan Dinas Pertanian.

Selain itu banyak sekali program yang bisa dilakukan didesa, hal ini baik dalam sosial maupun bidang kesehatan seperti posyandu, stunting maupun sosialisasi bahaya narkoba. Setiap OPD pasti punya program untuk desa. “Terang Yusri”.

Terakhir Yusri menyampaikan bahwa Intinya seriap satker melakuka pengawalan, pembinaan serta perencanaan pembagunan desa yang dibangun dengan inovasi-inovasi yang baru.

Pada kesempatan tersebut beberapa OPD menyampaikan Program yang bisa sharing dengan baik, hal ini seperti Dinas Kominfo Arizon terkait Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), PPID dan SPBE, Dinas Katahanan Pangan Cokroaminoto dalam Pasar Tani, Dinas Kesehatan Dedi Sambudi terkait Posyandu (pembinaan kader), dari Badan PPKBP3A Edi Afrizal dengan Kampung KBnya serta Dishub melalui Sekretaris Cholis sendiri dengan perahu pariwisata Gina menunjang pariwisata Kampar. (diskominfo mzk).