Agama Bangkinang Kota BERITA KATEGORI KECAMATAN

Kakan Kemenag Kampar Buka Secara Resmi Pelatihan e-MTQ

Bangkinang Kota ; Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Drs H Alfian MAg, didampingi Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kab. Kampar H Yurmailis Saruji SE, dan Ketua Panitia Irwan Taufik SAg, membuka secara resmi acara pelatihan elektornik- Musabaqah Tilawatil Qur’an (e-MTQ), hari sabtu (28/09/2019) di Aula Lantai II Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar.

Dalam arahannya Alfian mengatakan, e-MTQ ini adalah aplikasi yang dibangun secara khusus untuk memenuhi kebutuhan, mengoptimalkan media IT, dan efektifitas penyelenggaraan dalam pelaksanaan MTQ, dengan adanya aplikasi ini diharapkan pelaksanaan MTQ dapat berjalan secara efektif dan transparan.

Lebih lanjut Alfian mengatakan, e-MTQ ini sudah tercantum di dalam Keputusan Direktorat Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam Nomor: 394 Tahun 2016 tentang Pedoman Aplikasi e-MTQ. Juga diperkuat dengan Keputusan Musyawarah Nasional LPTQ tahun 2016 di Jakarta. Bahwa pendaftaran peserta harus dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi e-MTQ.

Untuk itu, e-MTQ ini sangat penting dipelajari. Karena melalui aplikasi ini pelaksanaan MTQ akan semakin baik, lebih objektif serta dapat menghindari kecurangan-kecurangan selama perlombaan berlangsung. Oleh karena itu, mari kita timba ilmu-ilmu yang disampaikan oleh Narasumber nanti, bertanyalah sebanyak-banyaknya sampai kita paham atau mengerti. Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama, agar kegiatan ini bisa dirasakan manfaatnya dan bisa kita terapkan dengan sebaik-baiknya, tegas Alfian.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Ketua LPTQ Kab. Kampar mengatakan, bahwasanya tujuan diadakannya pelatihan e-MTQ ini adalah sebagai upaya untuk peningkatan kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan Musabaqah.

Oleh karena itu kita sengaja menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya, yakni Bapak Jeki yang merupakan Pengurus LPTQ Prov. Riau, dan juga Kasi MTQ Kanwil Kemenag Riau, sekaligus beliau juga merupakan pengelola e-MTQ Prov. Riau dan Admin e-MTQ Pusat (Nasional).

Dengan harapan ilmu yang disampaikan nanti bisa diserap dan dicerna dengan sebaik-baiknya. Sehingga aplikasi yang dibangun secara khusus ini dapat memenuhi kebutuhan, mengoptimalkan Media IT, dan efektifitas penyelenggaraan dalam pelaksanaan MTQ, serta bisa transfaran.

Kita juga berharap, dengan diadakannya pelatihan e-MTQ ini, MTQ tahun 2020 tingkat Kab. Kampar yang akan diadakan di Kecamatan Rumbio Jaya nanti, bisa diterapkan untuk pertama kalinya, dan e-MTQ ini dapat dijadikan panduan pelaksanaan MTQ setiap tahunnya, papar Yurmailis.

Ketua Panitia Irwan Taufik SAg pada kegiatan tersebut juga mengatakan bahwasanya dalam pelatihan e-MTQ ini kita menghadirkan peserta sebanyak 30 orang. 30 orang peserta ini terdiri dari 21 orang utusan dari seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) se- Kab. Kampar dan 9 orang dari pengurus LPTQ Kab. Kampar. Adapaun kegiatan ini kita laksanakan sehari penuh (full day), bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar, pungkasnya. (Diskominfo Kampar/ Humas Kamenag Kampar)

Related posts

Patroli Tim Gugus Covid-19 Sosialisasi PSBB Sasar Tempat keramaian dan Cafe.

supardi

Disela Penyerahan Ambulan Bupati Kampar Sempatkan Temui Warga.

supardi

Sekda Kampar Hadiri Rakornas Bersama Bawaslu RI Terkait Pemilu 2019.

supardi

Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH ikuti video conference Dengan Mendagri dan Beberapa Kementerian.

supardi

Aliman Makmur ; Perawat Ujung Tombak Kesehatan

supardi

Aidil Amin Pimpin PPM Kampar periode 2019 – 2023

supardi