Pemerintah Kabupaten Kampar
Bangkinang Kota BERITA KATEGORI KECAMATAN Pembangunan Pemda Pendidikan

Insan Pers Kampar ikuti Penyuluhan Bahasa Indonesia

Bangkinang Kota – Balai Bahasa Riau menggelar penyuluhan Bahasa Indonesia bagi insan Media Massa di Kabupaten Kampar yang dilaksanakan di aula hotel altha dan dihadiri Kepala Balai Bahasa Riau Drs. Songgo Siruah, M.Pd, Penerjemah Bahasa Riau selaku ketua panitia Yalta Jalinus, Ketua PWI Akhir Yani, Ketua GWI Robinson Tambunan, Ketua IWO Kampar Dirman, FWK, Sabtu(21/9)

Diikuti 50 peserta, kegiatan seperti ini telah dilaksanakan di berbagai daerah, guna meningkatkan kompetensi insan pers dalam penggunaan kebahasaan, UU pasal 36 dan turunannya pasal 24 dan UU 29 tentang pembinaan bahasa baik dalam penulisan bahasa, naska daerah dan surat-surat penting lainnya.

“Untuk memartabatkan bahasa Indonesia dan sebagai bahasa nasional, lambang negara. Wajib menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia sangat penting karena kita sebagai warga negara dan merupakan nasionalisme, cinta bangsa.” Ungkap Songgo

Ditambahkan Songgo, bahasa Indonesia tertuang dalam sumpah pemuda namun tidak hanya mengucapkan namun juga memahami sebuah literasi, dan media massa adalah pilarnya demokrasi untuk itu komunikasi dalam penggunaan kebahasaan sangatlah penting.

Ketua PWI Kampar Akhir Yani yang diberikan kesempatan mewakili insan pers secara resmi membuka acara dan menyambut baik kegiatan ini, dimana beberapa media massa maupun elektronik disaat membutuhkan wartawan liputan tanpa dibekali pelatihan jurnalistik maupun tata guna bahasa yang terkadang penggunaan bahasa digunakan untuk menarik minat pembaca namun banyak juga salah penggunaan bahasa yang berujung pidana.

“Peran media massa dibidang pendidikan, alat kontrol, sumber informasi, transformasi informasi sangatlah penting, dengan penyuluhan ini maka akan semakin banyak insan pers yang dapat menyempurnakan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menghadirkan berita dan informasi” ungkap Akhir Yani (Diskominfokampar/DAT)

Related posts

Alhamdulilah, objek Wisata Batu Tilam Kampar Kiri Hulu Raih Juara Pertama Anugerah Pesona Indonesia 2021.

Supardi

Bupati Kampar Sampaikan Pidato Nota Keuangan RAPBD 2020.

Supardi

Selain Launching Zakat dan Sedekah Non Tunai Dengan QRIS BRI, Bupati Kampar juga Serahkan Bantuan Sembako

Supardi

Untuk Membangun Daerah Juga Diperlukan Kerjasama CSR Perusahaan

kominfo

Pemerintah Kabupaten Kampar Bina 5 Desa di lima Kecamatan Program P2WKSS.

Supardi

Lepas 30 Jama’ah Umrah. Bupati Kampar : Do’akan Kampar lebih maju dan sejahtera

Supardi