Pemerintah Kabupaten Kampar
Adat dan Budaya BERITA Kampa KATEGORI KECAMATAN

Ahmad Suhaili Dinobatkan Sebagai Datuok Indo Komo

Kampar – Dengan telah berpulangnya keramutullah Abdul Khodir sebagai Niniok Mamak Datuok Indo Komo Persukuan Domo Kenegerian Air Tiris beberapa waktu yang lalu. “Bak  kato urang patah tumbuo hilang bagonti”, dengan demikian diangkatlah Ir Ahmad Suhaili,SH,MH sebagai pengantinya.

Dimana acara pemobatan Niniok Mamak Kenegerian Air Tiris tersebut dihadiri oleh Bupati Kampar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Kampar Drs Yusri,M.Si di Desa Batu Belah Kecamatan Kampar, minggu siang (25/11/18).

Selain Datuok Indo Komo Ahmad Suhaili, pada kesempatan tersebut juga dinobatkan para niniok mamak seperti Idrus sebagai datuok Jasindo, Kasmadi,SE,Ak, datuok Rangkayo Mudo, Dasril datuok Pendekau Sati datuok Bagindo Batua.

Kemduian Khairul Anwar,S.Ag sebagai datuok Bagindo Bosau, Suparman,S.Ag datuok Panglimo Bosau, Abdul Manaf datuok Bagindo Sati, Lutfi Irwan datuok Nan Tunggang serta Hayalis sebagai Si Ompu.

Sekda Kampar yang juga sebagai Datuok Bandaro Mudo menyampaikan ucapan terimakasih kepada para ninik mamak yang bertugas dalam menyempurnakan kelembagaan kenegerian masing-masingk hususnya kenegerian Air Tiris.

Dimana dalam han menggugurkan ninik mamak secara adat ada empat, dimana pertama Berzina, kedua mencuri, ketiga ladang indak bapamatang serta mahmud cupak mamping gantang malio alio adat.

Untuk itu kekompakan dan kebersamaan ninik mamak disatukan dengan sebaik mungkin, anak dipangku memanakan dibimbiong. Jangan lakukan kebiasaan mejual tanah Tanah Pesukuan maupun tanah Soko.

Selain itu, diharapkan juga kepada ninik mamak untuk tidak menikahkan anak kemanakan yang ingin kawin sesuku, kalu ingin nikah juga pergilah jauh dari kampong. “Bak kato jonjang balumuik ndak kan dijonguok”. Terang Yusri”.

Untuk dikatahui juga saat ini, bahwa pemda Kampar membangun Kampar dengan tiga I, Infrastryuktur, Investasi dan Industri. Khusus untuk infrastruktur yang biasa dianggarkan hanya berkisar 12%, akan tetapi saat ini untuk pembangunan jalan, jembatan dan bangunan lainnya naik menjadi lebih kurang 21 %.

Dengan demikian diminta kepada anak kemanakan khsusunya untuk kemajuan Kampar dan Kota Bangkinang yang bertetangga dengan Desa Batu Belah untuk nanti bekerelaan atau mufakat dengan ninik mamak apabila ada lahan yang terkena dampak kemajuan tersebut seperti pelebaran jalan.( Diskominfo Mzk).

 

Related posts

Pimpin RUPS, Bupati Kampar Minta Bank Sarimadu Lakukan Terobosan Secara Brilian

Dino Aritaba

Kemendagri Kembali Gelar Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Bersama para Bupati dan Walikota se Indonesia.

Supardi

Bupati Kampar Sambut Kedatangan Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan Riau ke Kampar

Supardi

Hadiri pelantikan Himpunan Mahasiswa Kampar Utara, Catur : Mahasiswa Bagian tak Terpisahkan dari Pemerintah dan Masyarakat Kampar

Supardi

Pimpin Rapat Dengan Baznas Kampar, Drs.H. Yusri, M.Si Minta Seleksi Bantuan Dana Pendidikan Di Kabupaten Kampar Tahun 2022.

Supardi

Sudah Menjadi Tradisi bagi Lemang, Kamsol Hadiri Peringatan Maulid Nabi Warga Rimbo Panjang.

Supardi