Pemerintah Kabupaten Kampar
Bangkinang Kota BERITA KATEGORI KECAMATAN Pemda

Maksimalkan Pelayanan Disdukcapil lakukan Jemput Bola

Bangkinang Kota : Guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kampar melakukan berbagai terobosan untuk melakukan berbagai pelayanan yang selama ini masih dipandang kurang optimal, apalagi sebagimana yang dipesankan dari Bupati Kampar yang tidak menginginkan adanya keterlambatan dalam kepengurusan data masyarakat seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga maupun Akte Kelahiran yang menjadi kebutuhan utama bagi Masyarakat.

Oleh sebab itu disdukcapil Kabupaten Kampar melakukan berbagai terobosan untuk  mengtasi hal tersebut.

Demikian disampikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar Muslim, S.Sos saat dijumpai diruang Kerjanya pada hari Rabu, 14/11 di Bangkinang.

Diakatakan Muslim berbagai terobosan yang dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan dengan system jemput bola, seperti melakukan perekaman di desa-desa, mendatangi perusahaan-perusahaan perkebunan, dan melakukan kunjungan kesekolah-sekolah bagi pemilih pemula serta kerja sama dengan masyarakat” Kata Muslim, S.Sos.

Selain itu tambahnya lagi Disdukcapil Kampar dalam rangka penerbitan Akte kelahiran bagi anak yang lahir di Rumah Sakit begitu pulang langsung dapat membawa Akte Kelahiran, begitu juga kerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten kampar dimana bagi setiap yang menikah akan diterbitkan KK dengan metode three in One dimana setiap yang menikah mendpat Kartu Keluaraga, KTP dengan status menikah.

“inilah beberapa hal terobosan yang kita lakukan dalam mengadakan perubahan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat dalam rangka memberikan pelayanan yang membahagiakan” Katanya lagi.

Selain melakukan pelayanan jemput bola secara administrasi juga kita benah termasuk memaksimalkan pelayanan di Kantor dengan membuka tiga (3)front Office berupa pendaftaran penduduk, pencatatan Sipil dan front office pelayanan KTP dan penerbitan pencatatan.

Ini kita lakukan untuk pelayanan yang nyaman, aman dan cepat bagi masyarakat, sehingga tidak ada lagi penumpukan permohonan terhadap data masyarakat.

Namun ditambahlhkan Muslim ada beberapa kendala yang kita hadapi saat ini berupa infrastruktur dimana lokasi kantor yang tidak representative, tidak layak dan tidak memadai, kita menghendaki kantor yang representative dan eksklusif seperti yang direncanakan oleh Pemkab Kampar di Gedung Komplek perkantoran 8 lantai, smoag ini terwujud” Harap Muslim lagi.

Sebagi informasi bahwa Pelayanan data kependudukan untuk Provinsi Riau saat ini diatas 94 Persen, sehingga menempatkan Kabupaten Kampar sebagi Kabupaten yang tertinggi di Riau terkait pendataan penduduk, masih ada 6 persen lagi penduduk yang belum didata, dan insya Allah ini akan terus kita kejar dan data bagi masyarakat yang belum terdata dan ini sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Bupati Kampar dimana jangan ada lagi masyarakat yang tak terlayanai dan urusuan yang menumpuk” Tutup Muslim lagi. (Diskominfo Kampar)

Related posts

Menjelang Penobatan Payung Panji Adat, Panitia lakukan Potong Kerbau

Supardi

Bupati Kampar ; Perlu Sinkronisasi Gugus Tugas Reforma Agraria dalam Percepatan TORA

Supardi

Jambore PKK Kabupaten Kampar 2019, 21 Kecamatan tampil semangat dan meriah.

Supardi

Pengumuman Lelang ICS KAK Kampar.

Supardi

Tingkatkan Sinergi, Bupati Kampar Lakukan Rakor Dengan Pelaku Usaha Perkebunan.

Dino Aritaba

Jaga dan didik Anak sebagai Amanah.

Supardi