Bupati Kampar Lepas 213 JCH Kampar Kloter 5

Batam – Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM dan Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri S.Ag, Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si beserta ibu Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Nur’aini Azis melepas 213 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kampar yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 5 di Embarkasi Batam. 23/7

Dalam sambutannya Bupati Kampar berpesan agar  fokus menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan menanggalkan sejenak seluruh atribut duniawi  agar nantinya bisa mendapatkan haji yang mabrur.

“tinggalkan atribut dunia, sehingga nantinya kita mendapatkan haji yang mabrur dan yang terpenting jaga nama daerah kita, serta saya mohon sampai disana doakan agar para pemimpin kita menjadi pemimpin yang amanah, pemimpin yang adil, pemimpin yang tidak korupsi sehingga dapat mewujudkan kampar yang sejahtera, sehingga menjadikan kampar yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur.”harap Bupati Kampar

Dikatakan Bupati bahwa sesungguhnya menunaikan ibadah haji merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan sekaligus membanggakan, sangat berbeda dengan perjalanannya lainnya, karena kita merupakan orang pilihan yang istimewa yang dipanggil oleh Allah untuk menghadapnya.

“ Manfaatkan kesempatan yang diberikan kepada kita untuk memperbaiki diri dengan menunaikan ibadah haji ini dengan sebaik-baiknya, jangan sampai ada waktu yang terbuang karena hal-hal yang tidak bermanfaat, fokus saja dengan niat yang sudah kita ikhlaskan yakni untuk beribadah kepada Allah, agar apa yang kita lakukan tidak sia-sia”. Ujar Azis.

Bupati Kampar juga berpesan agar jaga kesehatan, manfaatkan waktu untuk beristirahat agar semua rangkaian ibadah yang dilaksanakan dapat kita jalankan sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Sebelumnya Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPHI) Drs H Razali Jaya mengatakan pada tahun ini embarkasi Batam akan melayani 11.894 jamaah calon haji yang terdiri dari jamaah 11.759 orang, petugas Kloter 135 orang yang terbagi dalam 27 kloter.

Adapun rincian JCH dari masing-masing provinsi sebagai berikut, provinsi kepulauan Riau 1.268 orang, tergabung ke dalam kloter 1, 19, dan 27. Provinsi Riau 5.050 orang tergabung ke dalam kloter 2 s/d 10, 16 s/d 18, dan 26. Provinsi Kalimantan Barat 2.526 orang, tergabung ke dalam kloter 11 s/d 16 dan provinsi Jambi 2.915 orang, tergabung ke dalam kloter 20 s/d 26.

Sedangkan jadwal pemberangkatan dan pemulangan jamaah melalui embarkasi Batam ke Arab Saudi pada tahun ini menggunakan Saudi Arabian Airlines dengan jenis pesawat Boeing 747-400, berkapasitas 450 orang setiap kloter.

Jadwal keberangkatan tersebut terbagi 2 (dua) fase atau gelombang yaitu gelombang pertama BTH-Medina kloter 1 s/d 10 (17-28 Juli 2018), gelombang kedua BTH-Jeddah kloter 11 s/d 27 (29 Juli-14 Agustus 2018)

Adapun pelayanan yang diberikan oleh PPH embarkasi Batam kepada seluruh Jamaah Calon Haji yakni memberikan pelayanan penerimaan jamaah dengan sistim One Roof Service (pelayanan satu atap). Seluruh perbekalan jamaah baik itu pemeriksaan kesehatan, pendaftaran obat-obatan, penyerahan gelang identitas, living cost, penggantian uang paspor dilaksanakan di dalam satu aula.

“Dengan demikian diharapkan jamaah bisa mendapatkan istirahat yang cukup sebelum berangkat ke tanah suci pada esok harinya”.

Selanjutnya JCH Kloter 5 embarkasi Batam yang berasal dari Kabupaten Kampar yang di berangkatkan hari ini berjumlah 444 orang terdiri dari 439 orang JCH dan 5 orang petugas kloter. Namun terdapat 2 JCH yang batal berangkat ke tanah suci yaitu Ibu Nuriah Yahya, manifest 346 karena wafat di daerah, ibu Maryeni Kemis Muji, Manifest 359 karena sakit di daerah serta 1 orang ditunda keberangkatannya, Ibu Farida Wati Majidi, manifest 425 karena sakit di Embarkasi.

Menurut jadwal JCH kloter 5 (lima) Embarkasi Batam take off dari bandara Hang Nadim Batam pukul 9.00 wib dan Insha Allah akan tiba di bandara Amir Muhammad Bin Abdul Azis Medinah pukul 13.50 WAS dan tiba kembali ke tanah air pada tanggal 2 September 2018 pukul 00.20 Wib.

Turut hadir anggota DPRD Kampar, Asisten Pemerintahan Ahmad Yuzar, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kampar Ir Azwan M.Si, Asisten Administrasi Umum Ir Nurhasani M.Si, serta pimpinan OPD dan CJH Kampar yang akan diberangkatkan menujuh tanah Makkah. (Diskominfo/Humas)